Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Dukung Kompetisi Sepak Bola Dihentikan

Senin, 3 Oktober 2022 | 03:07 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menyampaikan sambutan pada acara Pidato Kebudayaan di Auditorium Utama Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat, Sabtu, 29 Januari 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung kompetisi sepak bola dihentikan sementara imbas tragedi Kanjuruhan. Kerusuhan usai pertandingan Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022) tersebur menewaskan ratusan orang.

"Saya betul-betul meminta semua berhenti dulu, ditunda, evaluasi," kata Ridwan Kamil di area Djakarta Theater XXI, Jakarta, Minggu (2/10/2022).

Dia menilai, tidak elok jika pertandingan sepak bola digelar di saat banyak pihak tengah berduka akibat tragedi Kanjuruhan. Dia juga menekankan agar evaluasi harus segera dilakukan demi mencegah tragedi serupa kembali terulang.

"Gimana caranya harus berhenti yang sifatnya kalau menang mendukung, kalau kalah rusuh. Itu kan membuat citra kita sangat buruk di mata dunia," tutur Ridwan Kamil.

Mantan Wali Kota Bandung itu juga menyampaikan belasungkawa terhadap para korban tragedi Kanjuruhan. Dia menegaskan tragedi tersebut bukan merupakan catatan yang patut dibanggakan.

"Apalagi berapa sekarang terkonfirmasi 130-an (korban), itu menjadi kedua terbesar, saya kira bukan hal yang sangat kita banggakan," tutur Ridwan Kamil.

Diberitakan, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan jumlah korban meninggal dunia dalam tragedi Kanjuruhan sebanyak 130 orang.

Muhadjir meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk segera menginvestigasi kerusuhan yang terjadi usai laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya tersebut.

Menko Muhadjir mengatakan dari laporan yang diterimanya, kondisi di dalam stadion sangat berantakan.

"Temuannya tidak karu-karuan. Chaos," katanya.

Ia menegaskan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan pengusutan secara tuntas tragedi Kanjuruhan. Ditegaskan, harus ada pihak yang bertanggung jawab atas tragedi berdarah tersebut.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI