Logo BeritaSatu

Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

Senin, 3 Oktober 2022 | 01:38 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

London, Beritasatu.com- Peretas menjual data rahasia nomor perdana menteri Inggris dan para pejabat tinggi lainnya. Seperti dilaporkan Mail on Sunday, Minggu (2/10/2022), situs web Amerika Serikat (AS) mencantumkan rincian kontak terbaru dari hampir semua menteri Inggris.

Nomor ponsel pribadi Perdana Menteri Liz Truss dan 25 menteri Kabinet Inggris dapat dengan mudah diperoleh di situs internet AS. Mail on Sunday telah mengungkapkan, situs itu menawarkan langganan ke database yang dapat dicari hanya dengan 6,49 pound sterling (US$7,25 atau Rp 110.960) seminggu.

Situs tersebut, yang namanya tidak disebutkan oleh surat kabar tersebut, mengklaim telah mencantumkan lebih dari 14 miliar file dengan data curian. Beberapa serangan siber terjadi lebih dari satu dekade, menurut outlet tersebut. Selain nomor telepon dari hampir seluruh Kabinet Inggris, situs internet tersebut dilaporkan menawarkan alamat email, kata sandi, dan informasi pribadi lainnya.

Sebelum menerbitkan artikel tersebut, Mail on Sunday memberi tahu pemerintah tentang pelanggaran keamanan tersebut. Pada hari Sabtu, para menteri membahas ancaman tersebut dengan penasihat keamanan nasional, menurut surat kabar itu.

“Pemerintah menyadari bahwa ada situs web yang mengumpulkan rincian dari pelanggaran data historis, oleh karena itu banyak data di situs web ini sudah tua dan tidak benar,” kata juru bicara Kantor Kabinet, seperti dikutip oleh outlet.

Mail on Sunday, bagaimanapun, mengklaim bahwa mereka telah memeriksa informasi di situs web dan dapat mengonfirmasi bahwa nomor telepon para menteri, termasuk salah satu dari perdana menteri, adalah yang terbaru.

Rincian pribadi oposisi pemerintah saat ini juga telah dikompromikan, tulis surat kabar itu, karena situs internet tersebut menampilkan nomor telepon pemimpin Partai Buruh Keir Starmer, serta tujuh frontbencher Partai Buruh.

Situs ini terdaftar di alamat di daerah yang kurang beruntung di Las Vegas. Seorang reporter Mail on Sunday mengunjunginya pada hari Jumat – hanya untuk menemukan kantor yang “berantakan”, yang digunakan sebagai alamat layanan untuk “ratusan perusahaan.” Resepsionis tidak dapat memberikan informasi apa pun kepada jurnalis tentang orang-orang di balik database.

Rincian pribadi anggota pemerintah Inggris dilaporkan telah menjadi sasaran peretas dalam beberapa kesempatan. Baru-baru ini April lalu, menurut The Telegraph, Kantor Luar Negeri meluncurkan penyelidikan mendesak tentang bagaimana data pribadi pegawai pemerintah berakhir di situs media sosial Rusia.

Tahun lalu, Kelompok Keamanan Pemerintah mengkritik para menteri karena menjadikan diri mereka sasaran empuk serangan siber. Kelompok keamanan menyarankan mereka untuk berhenti menggunakan WhatsApp dan email pribadi untuk tujuan bisnis.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ricky Rizal Dianggap Berbohong dalam Sidang, Ini Respons Kuasa Hukum

Ricky Rizal ditegur Ketua Majelis Hakim Wahyu Imam Santosa dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir J. Ricky Rizal dinilai berbohong

NEWS | 6 Desember 2022

Libur Nataru, Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Wisata Dalam Negeri

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk melakukan wisata dalam negeri saat libur nataru.

NEWS | 6 Desember 2022

Kuat Ma'ruf Mengaku Sempat Takut Ditembak Ferdy Sambo

Kuat Ma'ruf mengaku sempat takut ditembak Ferdy Sambo saat terjadinya pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

NEWS | 5 Desember 2022

Komisi III Minta Polisi Tindak Tegas dan Berantas Gangster

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni meminta kepada pihak kepolisian untuk menindak tegas dan memberantas gangster.

NEWS | 5 Desember 2022

Tak Bisa Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina, Gus Miftah Minta Maaf

Pendakwah Gus Miftah menyatakan permohonan maafnya karena tak bisa hadir dalam acara resepsi pernikahan yang akan digelar pasangan Kaesang-Erina.

NEWS | 5 Desember 2022

Erupsi Semeru, Penerbangan di Bandara Lombok Tak Terdampak

Aktivitas penerbangan di Bandara Lombok, NTB hingga saat ini tidak terdampak erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

NEWS | 6 Desember 2022

Ubah Keterangan, Ricky Rizal Sebut Ferdy Sambo Tak Gunakan Sarung Tangan

Ricky Rizal mengubah keterangan bahwa terdakwa Ferdy Sambo tidak menggunakan sarung tangan ketika terjadi penembakan terhadap Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022

Ganjar Targetkan 100 Persen Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jateng

Saat ini ada sekitar 103 MPP di Indonesia dan 22 di antaranya di area Jateng. Ditargetkan, sebanyak 13 wilayah di Jateng akan punya MPP tidak lama lagi.

NEWS | 5 Desember 2022

PMI Dirikan 500 Huntara untuk Warga Korban Gempa Cianjur

PMI membangun hunian sementara (huntara) bagi korban gempa Cianjur di tiga desa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

NEWS | 6 Desember 2022

Hadapi Potensi Gempa, BNPB: Fasum dan Fasos Perlu Diperkuat

BNPB) mengimbau agar fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) perlu diperkuat untuk menghadapi potensi gempa.

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Adu Penalti, Kroasia Kalahkan Jepang 3-1

Piala Dunia 2022: Adu Penalti, Kroasia Kalahkan Jepang 3-1

SEMESTA BOLA 2022 | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE