Logo BeritaSatu

KPK Pastikan Penanganan Formula E Tidak Bisa Diatur Pihak Tertentu

Senin, 3 Oktober 2022 | 09:19 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan penanganan perkara Formula E tidak bisa diatur atau atas dasar keinginan pihak tertentu. Hal ini karena sistem dan proses penanganan perkara di internal KPK melalui gelar perkara atau ekspose dilakukan secara konstruktif dan terbuka.

"Penanganan perkara di KPK dipastikan tidak bisa diatur atau atas keinginan pihak-pihak tertentu saja," kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Senin (3/10/2022).

Pernyataan ini disampaikan Ali menanggapi informasi yang viral di masyarakat mengenai adanya pihak di internal KPK yang memaksakan untuk meningkatkan penanganan perkara Formula E ke tahap penyidikan.

Ali menekankan, perkara Formula E hingga saat ini masih dalam tahap penyelidikan. Proses ini sebagai tindak lanjut atas pengaduan masyarakat yang disampaikan kepada KPK. Dari pengaduan tersebut, KPK melakukan telaah dan analisis awal, untuk mengetahui apakah substansi aduan dimaksud merupakan tindak pidana korupsi dan menjadi kewenangan KPK sebagaimana diatur UU atau tidak.

"KPK pun masih terus mengumpulkan informasi yang diperlukan, salah satunya juga telah memanggil Gubernur DKI Jakarta untuk dimintai keterangannya," katanya.

Dalam proses internal KPK, pada setiap penanganan perkara adalah dengan melakukan ekspose atau gelar perkara. Dalam gelar perkara tersebut dipaparkan hasil pengumpulan informasi oleh tim, untuk mendapatkan saran dan masukan dari seluruh pihak yang ikut dalam forum tersebut.

"Pembahasan dilakukan secara konstruktif dan terbuka dalam forum tersebut. Semua peserta ekpose punya kesempatan sama untuk menyampaikan analisis maupun pandangannya," tegas Ali.

Baca selanjutnya
Ali menegaskan, setiap penanganan perkara di KPK adalah berdasarkan kecukupan alat ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Anggota Paspampres Perkosa Prajurit Wanita, Panglima TNI: Sudah Diproses

Panglima TNI membenarkan perwira di satuan Paspampres berinisial Mayor Infanteri BF diduga memerkosa prajurit wanita Divisi Infanteri 3/Kostrad.

NEWS | 1 Desember 2022

Pesawat Air Asia Overbooked, Penumpang: Kami Diseret seperti Penjahat

Penumpang Air Asia tujuan Kuala Lumpur - Chiang Mai dipaksa ke luar pesawat Air Asia setelah terjadi overbooked penumpang. 

NEWS | 1 Desember 2022

Heru Budi Akan Hadiri Puncak Acara Hari Disabilitas Internasional

Heru Budi Hartono dijadwalkan hadir pada puncak acara peringatan Hari Disabilitas Internasional 2022 di lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

NEWS | 2 Desember 2022

Gempa Susulan di Cianjur Sudah Terjadi 359 Kali

Gempa susulan di Cianjur, Jawa Barat hingga saat ini sudah terjadi sebanyak 359 kali. Gempa susulan jadi kendalan tim Basarnas cari korban gempa Cianjur.

NEWS | 1 Desember 2022

Uang Ganti Rugi Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur hingga Rp 50 Juta

Bupati Cianjur Herman Suherman mengungkapkan, masyarakat yang rumahnya rusak akibat gempa Cianjur dapat uang ganti rugi hingga Rp 50 juta,

NEWS | 1 Desember 2022

Baleg DPR Tunggu Pemerintah Serahkan Rancangan Revisi UU IKN

Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR dari Partai Amanat Nasional (PAN) Guspardi Gaus mengatakan pihaknya saat ini masih menunggu rancangan revisi UU IKN.

NEWS | 1 Desember 2022

Petugas Temukan Narkoba di Gorong-gorong Rutan Depok

Petugas menemukan narkoba jenis sabu dua paket seberat 1,36 gram dan satu paket ganja seberat 18 gram yang disembunyikan di dalam minuman teh kemasan.

NEWS | 1 Desember 2022

MK Dimminta Sediakan Waktu Lebih untuk Periksa Sengketa Hasil Pemilu

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengimbau Mahkamah Konstitusi (MK) menyediakan waktu lebih lama dalam memeriksa sengketa hasil pemilu.

NEWS | 1 Desember 2022

Donasi Gempa Cianjur Terkumpul Rp 8 Miliar, Bupati Herman Janji Transparan

Bupati Cianjur akan menggandeng Kajari setempat untuk penyalurannya sehingga benar-benar dimanfaatkan untuk warga terdampak gempa Cianjur.

NEWS | 1 Desember 2022

KLHK Serahkan Anugerah Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Nasional 2022

KLHK atau Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kembali memberikan penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Nasional tahun 2022.

NEWS | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Kroasia Pulangkan Generasi Emas Belgia

Piala Dunia 2022: Kroasia Pulangkan Generasi Emas Belgia

SEMESTA BOLA 2022 | 16 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE