Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Komisi X DPR: Tragedi Kanjuruhan Coreng Sepak Bola Indonesia

Senin, 3 Oktober 2022 | 09:22 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / CAR
Suasana stadion usai pertandingan sepak bola antara Arema FC dan Persebaya Surabaya di stadion Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur, Sabtu, 1 Oktober 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi X DPR dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Andreas Pareira menilai tragedi Kanjuruhan, usai pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022), telah mencoreng wajah sepak bola Indonesia. Ratusan orang dilaporkan sudah menjadi korban akibat kerusuhan tersebut.

“Peristiwa ini benar-benar mencoreng wajah sepak bola Indonesia,” ujar Andreas kepada wartawan, Minggu (2/10/2022).

Dia menuturkan tragedi Kanjuruhan terjadi ketika sepak bola nasional tengah berupaya berbenah diri demi meningkatkan prestasi. Tragedi ini juga terjadi di tengah persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Andreas menilai tragedi Kanjuruhan memperlihatkan bahwa selain prestasi, aspek manajemen keamanan pertandingan juga tidak kalah penting. Tragedi kali ini menunjukkan manajemen keamanan pertandingan masih belum profesional.

“PSSI harus segera turun tangan untuk melakukan pembenahan secara menyeluruh di samping prestasi yang semakin membaik, juga manajemen pendukung setiap tim, keamanan stadion dan lingkungan, event pertandingan, dan penempatan penonton,” ungkap Andreas.

Diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan pengusutan secara tuntas tragedi Kanjuruhan. “Khusus kepada Kapolri saya minta melakukan investigasi dan mengusut tuntas kasus ini,” kata Jokowi saat menyampaikan pernyataan melalui akun Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (2/10/2022).

Jokowi menyampaikan dukacita yang mendalam atas ratusan orang yang menjadi korban di tragedi Kanjuruhan. Dia telah memerintahkan Menpora, Kapolri, termasuk PSSI untuk melakukan evaluasi menyeluruh atas pelaksanaan pertandingan sepak bola serta prosedur pengamanannya.

“Saya menyesalkan terjadinya tragedi ini dan saya berharap ini adalah tragedi terakhir sepak bola di Tanah Air. Jangan sampai ada lagi tragedi kemanusiaan seperti ini di masa yang akan datang. Sportivitas, rasa kemanusiaan, dan rasa persaudaraan bangsa Indonesia harus terus kita jaga bersama,” tutur Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI