Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Evaluasi Total Tragedi Kanjuruhan, Mahfud Minta Menpora Panggil PSSI

Senin, 3 Oktober 2022 | 13:55 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / CAR
Mahfud MD.

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali untuk segera memanggil Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Pemanggilan itu dalam rangka evaluasi total usai tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022). Diketahui, peristiwa pascaperandingan Arema FC melawan Persebaya Surabaya tersebut, telah menelan ratusan korban jiwa.

“Kepada Menteri Pemuda dan Olahraga supaya secepatnya mengundang PSSI, pemilik klub, panitia pelaksana daerah, dan lain-lain yang terkait untuk memastikan tegaknya peraturan,” kata Mahfud saat jumpa pers di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Pemanggilan kali ini untuk memastikan sudah ditegakkan atau belumnya peraturan dalam pelaksanaan pertandingan, baik itu mengacu pada peraturan FIFA maupun perundang-undangan di Indonesia. “Sebagai bagian dari upaya evaluasi total,” tutur Mahfud.

Mahfud MD meminta Polri agar segera mengungkap pelaku yang harus bertanggung jawab dalam tragedi Kanjuruhan. “Diminta kepada Polri agar dalam beberapa hari ke depan segera mengungkap pelaku yang terlibat tindak pidana,” kata Mahfud.

Mahfud mendesak Polri segera ungkap pelaku apabila telah memenuhi syarat agar secepatnya dapat ditindak. Tak lupa, Polri juga diminta melakukan evaluasi terkait penyelenggaraan keamanan.

Selain itu, Mahfud juga meminta Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa untuk turut melakukan tindakan cepat sesuai aturan yang berlaku. Hal itu mengingat, beredar video yang memperlihatkan personil TNI melakukan tindakan berlebih di luar kewenangannya pada saat tragedi Kanjuruhan terjadi.

“Apakah video itu benar atau tidak? Panglima TNI akan segera meneliti dan mengumumkannya kepada kita semua,” tutur Mahfud.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI