Logo BeritaSatu

Jokowi Gelar Rapat untuk Matangkan Persiapan KTT G-20

Senin, 3 Oktober 2022 | 15:05 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta, Beritasatu.comPresiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan rapat untuk mematangkan persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20. Rapat berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan dalam rapat tersebut dibahas persiapan, baik dari segi substansi maupun teknis. “Dalam substansi sudah disampaikan bahwa Indonesia ini salah satu yang hampir semua working group, engagement group-nya selesai,” kata Airlangga usai rapat.

Airlangga menambahkan dalam pertemuan jalur sherpa, masih akan dibahas substansi seputar ekonomi, kesehatan, dan keuangan. Menurutnya, para menteri juga telah menyampaikan laporan kepada Presiden Jokowi mengenai format dan bentuk laporan akhir nanti.

“Tadi disampaikan ke Bapak Presiden dan pada prinsipnya persetujuan mengenai format dan bentuk laporan akhir yang masih akan dibahas di dalam empat putaran sous-sherpa di bidang kegiatan-kegiatan dari konten,” ujar Airlangga Hartarto.

Selain itu, dalam rapat juga dibahas mengenai kesiapan di Bali juga detail sesi pada saat KTT G-20 pada November 2022. Menurut Airlangga, Indonesia berharap agar keseluruhan hasil pembahasan para pemimpin negara G20 bisa sederhana dan dirangkum dalam 34 paragraf.

“Ini sudah mulai dipersiapkan. Memang beberapa negara, terutama negara-negara maju, masih mendorong agar masalah yang terkait dengan Ukraina itu menjadi kesepakatan bersama, sementara kita ingin masuk dalam leaders declaration,” ujarnya.

Untuk memastikan kesiapan Bali sebagai tuan rumah, Presiden Jokowi akan meninjau langsung lokasi pelaksanaan pertemuan G-20. Presiden juga ingin memastikan detail agenda pertemuan karena agenda KTT G-20 berdekatan waktunya dengan pertemuan internasional lainnya, yaitu KTT ASEAN dan APEC.

“Jadi, dari segi teknis maupun format ini masih ada pembahasan-pembahasan yang harus didalami lagi. Namun, dari segi kesiapan, Bapak Presiden sendiri akan meninjau ke Bali untuk mengecek detail kesiapan agenda tersebut,” katanya.

“Kita ketahui bahwa agenda dari G-20 nanti adalah sangat berhimpitan dengan agenda ASEAN sebelumnya, agenda G-20, dan agenda APEC, sehingga jadwal di bulan November nanti akan sangat padat,” imbuh Airlangga Hartarto.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jadwal Sidang Ferdy Sambo Dkk di PN Jaksel Pekan Ini

Ferdy Sambo dkk akan menjalani sidang di PN Jaksel pekan ini selama tiga hari. Berikut jadwal sidang Ferdy Sambo dkk pekan ini

NEWS | 28 November 2022

Hari Ini, Bharada E Cs Hadapi Persidangan Kasus Brigadir J

Bharada E duduk sebagai terdakwa bersama dengan Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf pada sidang dugaan pembunuhan berencana Brigadir J.

NEWS | 28 November 2022

BMKG: DKI Jakarta Diguyur Hujan Malam Hari

BMKG memprakirakan, hujan akan mengguyur DKI Jakarta pada Senin (28/11/2022) malam. Hujan dan petir juga bakal terjadi pada malam nanti.

NEWS | 28 November 2022

Siaran Piala Dunia di TV Tiongkok Sensor Gambar Fan Tanpa Masker

Siaran TV pertandingan Piala Dunia Qatar di Tiongkok menyensor gambar jarak dekat para fan sepak bola tanpa masker di stadion.

NEWS | 28 November 2022

Longsor di Ischia Tewaskan 7 Orang, Italia Umumkan Keadaan Darurat

Italia mengumumkan keadaan darurat di pulau selatan Ischia pada Minggu (27/11/2022) setelah tanah longsor menewaskan sedikitnya tujuh orang.

NEWS | 28 November 2022

Top 5 News: Pencopotan Label Gereja di Cianjur hingga Laga Jerman-Spanyol

Pencopotan label gereja di posko pengungsian gempa Cianjur dan susunan pemain Jerman-Spanyol merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

NEWS | 28 November 2022

Kementerian PPPA Harap Pemda Perkuat Regulasi Ramah Perempuan

Selain memperkuat regulasi, Kementerian PPPA minta pemangku kebijakan memberikan porsi yang besar terhadap partisipasi perempuan.

NEWS | 28 November 2022

Ini Sejarah Lokananta, Perusahaan Musik Tertua di Indonesia

Lokananta, adalah harta karun yang nyaris terlupakan. Titik nol industri musik Indonesia ini sempat mengalami jatuh bangun sejak didirikan pada 1956.

NEWS | 28 November 2022

Said Aqil: Utamakan Keutuhan Bangsa di Tahun Politik

Said Aqil Siroj meminta seluruh bangsa Indonesia tidak terpecah belah karena kondisi itu justru dimanfaatkan oleh kepentingan politik identita.

NEWS | 28 November 2022

Menkominfo: GPR Jadi Jembatan Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

Menkominfo), Johnny G. Plate mengatakan Humas Pemerintah (GPR) memiliki peran sentral dalam diseminasi informasi bagi masyarakat.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Global Resesi, OJK Perpanjang Restrukturisasi Kredit hingga 2024

Global Resesi, OJK Perpanjang Restrukturisasi Kredit hingga 2024

EKONOMI | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE