Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Pramugari: Lukas Enembe Banyak Berpergian Pakai Jet Pribadi

Senin, 3 Oktober 2022 | 19:27 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / YUD
Gubernur Papua Lukas Enembe.

Jakarta, Beritasatu.com - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) rampung memeriksa saksi pramugari PT RDG Airlines atas nama Tamara Anggraeny untuk kasus dugaan suap dan gratifikasi Gubernur Papua Lukas Enembe. Usai diperiksa Tamara mengungkapkan bahwa, Lukas Enembe banyak berpergian dengan menyewa jet pribadi.

"Banyak banget, beberapa kali," ujar Tamara di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Dalam pemeriksaan kali ini, Tamara mengaku hanya dicecar tim penyidik KPK soal penerbangan semata. Dia juga menegaskan, dirinya tidak dicecar soal ada tidaknya pemberian yang dia terima dari Lukas.

Dia tidak menjelaskan lebih lanjut soal aktivitas penerbangan Lukas. Dia menyerahkan hal tersebut untuk dijelaskan oleh pihak KPK.

"Nanti biar dari bapak-bapak KPK-nya yang ngejelasin ya," tutur Tamara.

Sebelumnya, KPK sempat menelusuri penyewaan private jetatau pesawat pribadi oleh Lukas dan keluarga. Hal itu ditelusuri melalui pemeriksaan Direktur Asia Cargo Airline Revy Dian Permata Sari sebagai saksi di Kantor KPK RI, Jakarta, Selasa (27/9/2022).

“Saksi hadir didalami pengetahuan saksi di antaranya soal adanya beberapa kali sewa private jet yang dilakukan oleh LE (Lukas Enembe) dan keluarga,” ujar Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (28/9/2022).

Diketahui, Lukas tidak menghadiri pemeriksaan di KPK, Senin (26/9/2022) kemarin. Dia tidak hadir dengan dalih sakit.

“Kalau sakit, bagaimana mau datang," kata kuasa hukum Lukas, Stefanus Roy Rening saat jumpa pers di Jakarta.

Stefanus menuturkan, penting agar Lukas disembuhkan terlebih dahulu dari penyakitnya. Setelah itu, baru proses penyidikan bisa kembali dilanjutkan oleh KPK. Dijelaskan, Lukas tengah menderita penyakit ginjal, jantung, hingga diabetes. Untuk itu, dia menekankan supaya Lukas bisa disembuhkan dulu.

KPK membenarkan Gubernur Papua Lukas Enembe berstatus sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi. Dia menjadi tersangka berdasarkan aduan dari masyarakat.

Dia mengikuti jejak dua kepala daerah di Papua yang ikut tersandung kasus hukum di KPK yakni Bupati Mimika, Eltinus Omaleng dan Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak.

“Pada kesempatan ini saya juga ingin menyampaikan kepada masyarakat Papua khususnya bahwa terkait penetapan tersangka RHP (Ricky Ham Pagawak) dan juga Gubernur LE (Lukas Enembe) ini untuk menindaklanjuti laporan masyarakat dan juga berbagai informasi yang diterima oleh KPK,” ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (14/9/2022).



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI