Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

9 Danyon hingga Danton Brimob Polda Jatim Dicopot

Senin, 3 Oktober 2022 | 19:30 WIB
Oleh : Stefani Wijaya / WM
Dedi Prasetyo.

Jakarta, Beritasatu.com - Sebanyak sembilan Komandan batalyon (Danyon), Kompi, hingga Peleton Brimob Polda Jatim dicopot oleh Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Pol Nico Afinta. Hal itu buntut dari tragedi Kanjuruhan pasca kericuhan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, usai pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya.

"Kemudian sesuai dengan perintah bapak Kapolri. Kapolda Jatim juga sama melakukan penonaktifan jabatan Danyon, Danki, dan Danton Brimob sebanyak sembilan orang," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan di Polres Malang, Senin (3/10/2022).

Berikut daftar nama Danyon, Danki, serta Danton Brimob Polda Jatim yang dicopot:

Danyon:

1. AKBP Agus Waluyo

Danki

1. AKP Hasdarman
2. AKP Untung

Danton

1. AKP Nanang
2. AKP Danang
3. Aiptu M Solihin
4. Aiptu M Samsul
5. Aiptu Ari Dwiyanto
6. Aiptu Budi

Sebelumnya, Inspektorat Khusus (Itsus) dan Divisi Propam Polri memeriksa 18 anggota Polri berkaitan dengan tragedi Kanjuruhan. Diketahui, tragedi Kanjuruhan terjadi usai laga Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022).

“Selanjutnya tim dari pemeriksa Bareskrim untuk secara internal tim dari Itsus dan Propam sudah melakukan pemeriksaan dan ini dilanjutkan pemeriksaan, memeriksa anggota sudah dilakukan pemeriksaan terhadap 18 orang,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat konferensi pers di Polres Malang, Jatim, Senin (3/10/2022).

Dedi mengatakan para polisi yang diperiksa tersebut, terlibat langsung dalam pengamanan. Selain itu, ada polisi yang bertanggung jawab atau sebagai operator memegang senjata pelontar.

“Anggota yang bertanggung jawab atau sebagai operator memegang senjata pelontar. Ini sedang dimintai keterangan dan sedang didalami oleh Itsus dan Propam. Kemudian juga saat ini mendalami masalah manajer pengamanan dari mulai perwira hingga pamen (perwira menengah) sedang didalami,” tuturnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI