Logo BeritaSatu

Wartawan Senior Luncurkan Buku “Tribute to SMAN 8 Jakarta: Kenang-kenangan dari Taman Bukit Duri

Senin, 3 Oktober 2022 | 22:47 WIB
Oleh : Jeis Montesori / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Sebuah buku yang unik dan menarik serta enak dibaca dengan judul “Tribute to SMAN 8 Jakarta: Kenang-kenangan dari Taman Bukit Duri” ditulis dua wartawan senior, diluncurkan di kediaman salah satu alumni SMAN8, Toety Emmidiati di Komplek Perumahan Bali Village, Cipete Selatan, Jakarta, Minggu (2/10/2022) . Toety yang lulus 1962 menuliskan pengalaman mengesankan sebagai siswa SMAN 8 generasi paling awal.

Buku “Tribute to SMAN 8 Jakarta: Kenang-kenangan dari Taman Bukit Duri" disusun dua wartawan senior yang juga alumnus SMAN 8 Jakarta, yakni Idrus F Shahab dan Suradi, mencatat perjalanan sejarah dan kisah-kisah manusiawi para murid. Ia merangkum 25 tulisan yang penuh warna mulai soal cinta, rambut gondrong, kenakalan dan bahkan perkelahian antarsekolah, hingga semangat meraih cita anak SMAN 8 atau Smandel pada jamannya.

"Kenang-kenangan dari Taman Bukit Duri" diambil sebagai judul untuk mengingatkan ribuan alumni yang berbagai daerah, sejumlah negara, beragam profesi, akan sekolah mereka yang terletak di kawasan Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan. Meskipun pada mulanya, sekolah ini masih menumpang di sebuah sekolah SGB (Sekolah Guru Bantu) yang terletak di Jalan Taman Slamet Riyadi, Jakarta Timur, tepat di sebrang SMA PKSD 3. SMAN 8 kemudian untuk beberapa tahun menumpang di SMPN 3 Manggarai Utara, Jakarta Selatan. SMAN 8 baru memiliki gedung sendiri ketika Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin meresmikan gedung sekolah ini di Kompleks PJKA, Bukit Duri, 30 Maret 1971.

Editornya, Idrus F Shahab dan Suradi memang berniat menyusun dan menerbitkan buku ini dalam rangka menyambut 64 tahun usia sekolah yang banyak menelorkan ilmuan, teknokrat, dan beragam profesi terpandang ini. Mereka para alumni tersebut menuangkan pengalaman semasa SMA dengan jujur, humanis, dan juga humoris.

Ada 25 penyumbang tulisan di buku tersebut. Mereka antara lain ada nama Prof Dr Siti Nurbaya Bakar, alumnus 1974 yang kini Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Direktur Sekolah Lingkungan UI, DR Tri Edhi Budhi Soesilo, mantan Dekan Fakultas Sastra Universitas Dharman Persada 2004-2011 dan kini anggota Dewan Pertimbangan Iluni UI, Prof Albertine Minderop, dosen, penulis buku, dan sastrawan Prof Wahyu Wibowo, dosen FEUI Dr Elvia R Shauki, komedian kondang Krisna Purwana, pendaki gunung dan ahli gua, Siswoyo Adi atau Ciwo. Para dokter muda seperti dokter Dewi Elina atau Ndil yang sangat aktif dalam sosialisasi vaksinasi Covid-19, Kepala Seksi Survielans Epidemologi dan Imunisasi Dinkes DKI dr Ngabila Salama, Azhar Farisyabdi Kurniawan bercerita tentang belajar dan organisasi semasa SMA.

Ada juga sutradara film, Arwin T Wardhana, penyair Nuthayla Anwar, dan Dirut PT Trans Digital Media (Detik Network), Kepala Bagian CSR sekaligus Direktur Yayasan Adaro Bangun Negeri, Okty Damayanti, Direktur Enerflo Engineering Indonesia (EEI) dan Direktur Siskindo Utama Dharma, Ir, Yunita Fahmi, dan juga lawyer yang berpartner di kantor hukum yang berfokus pada bidang infrastruktur, ANG Law Firm, Sherley Oroh, SH alias Keke.

Baca selanjutnya
Tak kalah hebatnya, selain Toety, ada Bambang Setiawan, alumnus tahun 1960 ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bekantan Mengamuk dan Masuk Permukiman, Warga Panik

Seekor kera Bekantan sempat membuat puluhan warga panik, lantaran mengamuk dan berkeliaran di permukiman warga di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

NEWS | 4 Desember 2022

Harga Telur Naik, Telur Pecah Diburu Pembeli di Medan

Harga telur ayam ras di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan, Sumatera Utara melambung tinggi menjadi Rp 54.000 per papan.

NEWS | 4 Desember 2022

Warga Lebak Berdesakan Berebut BLT, Banyak Anak Terjepit

Ribuan warga dari sembilan kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten yang ingin mendapatkan BLT BBM membeludak di kantor Kecamatan Rangkasbitung.

NEWS | 4 Desember 2022

Kerupuk Rengginang Mojokerto Tembus Pasar Hong Kong

Produksi kerupuk rengginang asal Mojokerto mampu menembus pasar Hong Kong, dengan kemasan khusus menggunakan bahasa Mandarin.

NEWS | 4 Desember 2022

Kasus Pemukulan Imam Masjid di Bekasi Berakhir Damai

Diduga, pelaku pemukulan imam masjid mengalami gangguan saraf dan beberapa kali melakukan pemeriksaan di kedokteran.

NEWS | 4 Desember 2022

Gara-gara Warisan, Anak Kesayangan Tega Bunuh Ayah Sendiri

Satreskrim Polres Indramayu, menggelar olah TKP pembunuhan ayah kandung oleh anaknya sendiri di Desa Eretan Kulon, Indramayu.

NEWS | 4 Desember 2022

Erupsi, Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas Radius 7 Km

Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur kembali erupsi pada Minggu (04/12/2022) pagi.

NEWS | 4 Desember 2022

Pemkab Garut Masih Pantau Dampak Kerusakan Gempa M 6,1

Pemkab Garut menerjunkan petugas dari dinas terkait maupun tingkat kecamatan dan desa untuk memeriksa tingkat kerusakan dampak gempa M 6,1.

NEWS | 4 Desember 2022

Menko Luhut Cek Persiapan Pernikahan Kaesang Pangarep-Erina

Jelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Luhut Binsar Pandjaitan, mendatangi kediaman Erina, Sabtu (3/12/2022) sore.

NEWS | 4 Desember 2022

Moeldoko: Penyandang Disabilitas Butuh Pemenuhan Hak, Bukan Dikasihani

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyampaikan, penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dengan warga negara lainnya.

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bekantan Mengamuk dan Masuk Permukiman, Warga Panik

Bekantan Mengamuk dan Masuk Permukiman, Warga Panik

NEWS | 23 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE