Logo BeritaSatu

Riset Gen Manusia Purba, Svante Paabo Diganjar Hadiah Nobel Kedokteran 2022

Selasa, 4 Oktober 2022 | 03:53 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Stockholm, Beritasatu.com- Ilmuwan Svante Paabo memenangkan Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran 2022 untuk riset gen manusia purba. Seperti dilaporkan Reuters, Senin (3/10/2022), Paabo menemukan genom hominin yang punah dan evolusi manusia.

Penghargaan tersebut, bisa dibilang salah satu yang paling bergengsi di dunia ilmiah, dianugerahkan oleh Majelis Nobel Institut Karolinska Swedia dan bernilai US$ 900.357 (Rp 13,7 miliar). Nobel Kedokteran adalah penghargaan pertama dari seri penghargaan Nobel tahun ini.

"Dia kewalahan, dia tidak bisa berkata-kata. Sangat bahagia," kata Thomas Perlmann, sekretaris Komite Nobel untuk Fisiologi atau Kedokteran, yang menelepon Paabo soal berita itu.

Penemuan Paabo, putra ahli biokimia pemenang Hadiah Nobel Sune Bergstrom, telah dikagumi karena mengubah studi asal-usul manusia setelah mengembangkan pendekatan untuk memungkinkan pemeriksaan urutan DNA dari sisa-sisa arkeologi dan paleontologis.

Prestasi utama Paabo termasuk mengurutkan seluruh genom Neanderthal untuk mengungkap hubungan antara manusia purba dan manusia modern.

Paabo juga mengungkap keberadaan spesies manusia yang sebelumnya tidak dikenal yang disebut Denisovans, dari fragmen tulang jari berusia 40.000 tahun yang ditemukan di Siberia.

Perayaan tahun ini bagaimanapun juga harus menandai kembalinya perjamuan Nobel di Stockholm setelah jeda dua tahun karena pandemi, sebuah acara yang berbau kemegahan dan kemewahan dunia lama setelah bertahun-tahun menjaga jarak sosial.

Hadiah Nobel Kedokteran tahun lalu jatuh ke tangan orang Amerika yakni David Julius dan Ardem Patapoutian untuk penemuan reseptor di kulit manusia yang merasakan suhu dan sentuhan, mengubah dampak fisik menjadi impuls saraf.

Pemenang Nobel Kedokteran sebelumnya termasuk sederet peneliti terkenal, terutama Alexander Fleming, yang berbagi hadiah tahun 1945 untuk penemuan penisilin, dan Robert Koch, yang menang pada tahun 1905 untuk penelitiannya tentang tuberkulosis.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Presiden Pilihan Versi Adian Napitupulu, Yang Lanjutkan Program Jokowi

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu mengungkapkan kriteria sosok yang dia nilai pantas untuk dipilih menjadi presiden pilihan berikutnya.

NEWS | 28 November 2022

Kocak, Tanggapan Wagub Jabar soal Pemimpin Berambut Putih

Menanggapi pernyataan Jokowi soal pemimpin berambut putih, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum malah mengunggah fotonya dengan rambut kuning, mirip Naruto.

NEWS | 28 November 2022

KPK Umumkan Penetapan Tersangka Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK mengumumkan Hakim Agung Gazalba Saleh sebagai tersangka atas kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

NEWS | 28 November 2022

Jokowi Sebut Pemimpin Berambut Putih, Ini Respons Unik Puan dan Prabowo

Puan Maharani dan Prabowo Subianto merespons pernyataan Jokowi yang menyebut ciri-ciri pemimpin prorakyat adalah pemimpin dengan rambut putih. 

NEWS | 28 November 2022

Bupati Pimpin Komando Penanganan Darurat Gempa Cianjur

Komando penanganan darurat gempa Cianjur mulai dialihkan untuk dipimpin oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur.

NEWS | 28 November 2022

Fahri Hamzah Apresiasi Pembangunan Infrastruktur Era Jokowi

Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah mengapresiasi pembangunan infrastruktur era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

NEWS | 28 November 2022

Soal Pemimpin Berambut Putih, Begini Kata Fahri Hamzah

Fahri Hamzah menilai, pesan sesungguhnya yang hendak disampaikan Jokowi adalah bahwa orang yang banyak berpikir maka rambutnya cepat memutih.

NEWS | 28 November 2022

Relawan Ganjar Perkuat Jaringan Politik di Sulsel

Relawan Ganjar Pranowo terus memperkuat jaringan politiknya dengan menggelar berbagai kegiatan positif untuk meraih simpati masyarakat Sulsel.

NEWS | 28 November 2022

Bharada E, Kuat Maruf, dan Bripka RR Kompak Minta Maaf di Persidangan

Terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir J, yakni Bharada E, Kuat Ma'ruf, dan Bripka RR kompak meminta maaf di persidangan. 

NEWS | 28 November 2022

Awasi Pemilu 2024, Bawaslu Bangun Komunitas Digital Pengawas Partisipatif

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI akan membuat komunitas digital pengawas partisipatif.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kocak, Tanggapan Wagub Jabar soal Pemimpin Berambut Putih

Kocak, Tanggapan Wagub Jabar soal Pemimpin Berambut Putih

NEWS | 10 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE