Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Uji Rudal Korut ke Wilayah Jepang,Warga Sempat Diminta Berlindung

Selasa, 4 Oktober 2022 | 09:01 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES
Rudal Hwasong-19 buatan Korea Utara diluncurkan

Seoul, Beritasatu.com - Korea Utara (Korut) menembakkan rudal balistik menuju ke wilayah Jepang pada Selasa (4/10/2022), memicu peringatan bagi penduduk untuk berlindung dan penangguhan sementara operasi kereta api di Jepang utara.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan dan penjaga pantai Jepang melaporkan uji coba rudal tersebut, yang diluncurkan di lepas pantai timur Korea Utara.

Pemerintah Jepang memperingatkan warganya untuk berlindung ketika rudal itu tampaknya telah terbang melewati wilayahnya sebelum jatuh ke laut Pasifik. Tetapi dikatakan tidak menggunakan tindakan pertahanan apa pun untuk menghancurkan rudal itu.

TV Asahi, mengutip sumber pemerintah yang tidak disebutkan namanya, mengatakan Korea Utara mungkin telah menembakkan rudal balistik antarbenua dan jatuh ke laut sekitar 3.000 km dari Jepang.

Peluncuran terbaru adalah yang kelima dilakukan Pyongyang dalam 10 hari, di tengah pelenturan latihan gabungan militer Amerika Serikat dan Korea Selatan, yang bersama pasukan angkatan laut Jepang berlatih serangan antikapal selam.

Korea Selatan menggelar pertunjukan persenjataan canggihnya sendiri pada hari Sabtu untuk menandai Hari Angkatan Bersenjatanya, dengan menampilkan beberapa peluncur roket, rudal balistik, tank tempur utama, drone, dan pesawat tempur F-35.

Tes tersebut mendorong East Japan Railway Co untuk menangguhkan operasi kereta apinya di wilayah utara, lapor penyiar Jepang NHK.

Korut telah menyelesaikan persiapan untuk uji coba nuklir, yang mungkin akan dilakukan di saat Kongres Partai Komunis Tiongkok bulan ini dan pemilihan paruh waktu AS pada November, kata anggota parlemen Korea Selatan pekan lalu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CNA/Reuters


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

TERKINI