Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Stok Habis, Vaksinasi Covid-19 Kota Bogor Dihentikan Sementara

Selasa, 4 Oktober 2022 | 10:56 WIB
Oleh : Vento Saudale / CAR
Ilustrasi vaksinasi Covid-19.

Bogor, Beritasatu.com - Seluruh sentra vaksinasi Covid-19 di Kota Bogor, Jawa Barat (Jabar), dihentikan sementara, karena stok vaksin tak tersedia. Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor masih menunggu distribusi vaksin dari pemerintah pusat atau Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar.

Setelah gencar menggiatkan pelayanan vaksinasi, melalui berbagai instansi di berbagai tempat, kini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor menutup sementara seluruh pelayanan vaksin. Kondisi ini, disebabkan karena habisnya stok vaksin di Kota Bogor. Kabar ini disampaikan dinkes secara resmi melalui laman situsnya sejak Senin (19/9/2022).

Dalam kabar yang disampaikan tersebut, pihak dinkes menyebut tak tersedianya vaksin di Kota Bogor akibat kekosongan stok yang ada di pemerintah pusat. Dinkes Kota Bogor sebut ketersediaan stok vaksin pertama, kedua, dan booster atua ketiga, serta booster kedua di Kota Bogor saat ini kosong.

Kadinkes Kota Bogor Sri Nowo Retno mengatakan kekosongan stok vaksin di Kota Bogor sudah terjadi hampir dua minggu. “Hampir dua minggu kosong untuk semua jenis vaksin. Itu terjadi di Kota Bogor,” kata Retno, Selasa (4/10/2022).

Retno mengatakan kekosongan stok vaksin di Kota Bogor membuat sentra-sentra vaksin di Kota Bogor ikut tutup. Dengan begitu, masyarakat dipastikan tidak bisa melaksanakan vaksinasi sementara waktu.

“Kosongnya itu dari provinsi maupun dipusatnya. Pengajuan sudah, tetapi kita tinggal tunggu dropping. Semua jenis. Sentra kita tutup dulu,” ungkapnya.

Retno pun meminta masyarakat harap bersabar untuk bisa vaksinasi. Diperkirakan, dalam waktu dekat ini, ratusan vial jenis vaksin akan datang kembali ke Kota Bogor.

“Target sekarang booster dan booster kedua. Baru 50 persen. Kita ajukan 500 vial sebulan. Biasanya expired-nya pendek jadi sesuai kemampuan dengan pola konsumsi kemarin,” tuturnya.

Ketika sudah datang kembali, Retno menegaskan vaksinasi di Kota Bogor bisa kembali dilaksanakan.

“Ditujukan kembali bagi masyarakat dan tenaga kesehatan secara simultan. Ada 10 sentra tetap buka dan di puskesmas nantinya. Saat ini, memang belum ada info. Kita kontak terus,” ucapnya



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI