Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

KPK Duga Lukas Enembe Naik Pesawat Pribadi dengan Layanan First Class

Selasa, 4 Oktober 2022 | 14:48 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / CAR
Lukas Enembe.

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami dugaan Gubernur Papua Lukas Enembe menggunakan private jet atau pesawat pribadi dengan layanan first class. Dugaan itu didalami melalui pemeriksaan pramugari PT RDG Airlines, Tamara Anggraeny sebagai saksi, Senin (3/10/2022).

Tamara diperiksa terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi dalam pengerjaan proyek infrastruktur di Papua. Dalam kasus tersebut, KPK telah menetapkan Lukas sebagai tersangka.

“Saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dugaan adanya penggunaan private jet dengan layanan first class oleh tersangka LE (Lukas Enembe),” kata Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Selasa (4/10/2022).

Selain itu, KPK juga mendalami soal pengetahuan Tamara terkait aliran uang yang diberikan Lukas ke sejumlah pihak. Hanya saja, Ali tidak membeberkan berapa nominal aliran uang tersebut maupun para pihak yang diduga menerimanya.

“Dikonfirmasi juga mengenai pengetahuan saksi soal dugaan uang yang diberikan tersangka ke beberapa pihak,” ungkap Ali.

Sebelumnya, usai menjalani pemeriksaan di KPK, Tamara mengungkapkan Lukas banyak berpergian dengan menyewa jet pribadi. “Banyak banget, beberapa kali,” ujar Tamara di gedung Merah Putih KPK, Jakarta, usai diperiksa.

Dalam pemeriksaan tersebut, Tamara mengaku hanya dicecar tim penyidik KPK soal penerbangan semata. Dia juga menegaskan tidak dicecar soal ada tidaknya pemberian yang diterimanya dari Lukas Enembe.

Dia tidak menyampaikan lebih lanjut soal aktivitas penerbangan Lukas. Dia menyerahkan hal tersebut untuk dijelaskan oleh pihak KPK. “Nanti biar dari bapak-bapak KPK-nya yang ngejelasin ya,” tutur Tamara.

Sebelumnya, KPK sempat menelusuri penyewaan private jet atau pesawat pribadi oleh Lukas dan keluarga. Hal itu ditelusuri melalui pemeriksaan Direktur Asia Cargo Airline Revy Dian Permata Sari sebagai saksi di kantor KPK, Jakarta, Selasa (27/9/2022).



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI