Logo BeritaSatu

Kasus Hakim Agung Sudrajad, KPK Tahan Debitur Koperasi Intidana

Selasa, 4 Oktober 2022 | 21:06 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penahanan terhadap tersangka pemberi suap lainnya dalam kasus hakim agung pada Mahkamah Agung (MA) Sudrajad Dimyati. Tersangka tersebut, yakni debitur Koperasi Simpan Pinjam Intidana, Ivan Dwi Kusuma Sujanto.

“IDKS (Ivan Dwi Kusuma Sujanto) ini akan dilakukan penahanan,” kata Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto saat jumpa pers di gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (4/10/2022).

Ivan ditahan untuk 20 hari ke depan mulai 4 Oktober 2022 sampai 23 Oktober 2022. Dia ditahan di Rumah Tahanan Polres Metro Jakarta Timur.

Dalam kasus ini, Ivan dan sesama debitur Koperasi Simpan Pinjam Intidana, Heryanto Tanaka diduga memberikan suap ke PNS kepaniteraan MA, Desy Yustria melalui pengacaranya Yosep Parera dan Eko Suparno terkait penanganan perkara. Desy diduga merupakan representasi dari Sudrajad dan sejumlah pihak di MA.

Atas ulahnya, Ivan disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau b atau Pasal 13 atau Pasal 6 ayat 1 huruf a Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

KPK menetapkan Sudrajad Dimyati sebagai tersangka kasus dugaan suap penanganan perkara. Tak hanya Sudrajad, KPK juga menetapkan sembilan orang lainnya ditetapkan sebagai tersangka, yakni hakim yustisial atau panitera pengganti MA, Elly Tri Pangestu; Desy Yustria dan Muhajir Habibie; PNS MA, Nurmanto Akmal dan Albasri; pengacara Yosep Parera dan Eko Suparno; serta swasta atas nama Heryanto Tanaka dan Ivan Dwi Kusuma Sujanto.

Penetapan tersangka ini dilakukan KPK setelah memeriksa secara intensif sejumlah pihak yang ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta dan Semarang. Sudrajad Dimyati menjadi Hakim Agung MA pertama yang menjadi tersangka KPK.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Antar Bantuan Korban Gempa Cianjur, BNPB Gunakan Motor

BNPB menggunakan sepeda motor untuk mengantarkan bantuan bagi korban gempa Cianjur yang berada di daerah yang susah dijangkau.

NEWS | 26 November 2022

Jokowi Tegaskan Reputasi Global Indonesia Patut Dijaga

Presiden Jokowi mengatakan reputasi global yang diraih Indonesia saat ini patut dijaga keberlanjutannya oleh kepemimpinan berikutnya.

NEWS | 26 November 2022

Guru Diminta Ciptakan Lingkungan Belajar Menyenangkan

Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim mengajak guru berinovasi menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan.

NEWS | 26 November 2022

Warga Rembang Bergerak Membantu Korban Gempa Cianjur

Masyarakat di Rembang terus bergerak membantu para korban gempa Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Mereka dengan menggalang bantuan di jalan protokol di Rembang.

NEWS | 26 November 2022

BPKH Menyerahkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyerahkan bantuan kemaslahatan senilai Rp 2,2 miliar untuk para korban gempa Cianjur.

NEWS | 26 November 2022

Pekan Depan, Sidang Ferdy Sambo Dkk Digelar 3 Hari

Sidang Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk) digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) pekan depan selama tiga hari.

NEWS | 26 November 2022

DPR Bakal Sahkan RUU KUHP Sebelum Masa Reses

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan rapat paripurna untuk mengesahkan RUU KUHP akan digelar sebelum masa reses. 

NEWS | 26 November 2022

Mayat Diduga Korban Pembunuhan Ditemukan di Pinggir Jalur Pantura Semarang

Mayat seorang laki-laki yang diduga korban pembunuhan ditemukan warga di pinggir jalur pantura Semarang,

NEWS | 26 November 2022

Pemerintah Dorong Sistem Kesehatan Dalam Negeri ke Arah Preventif

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan saat ini pemerintah mendorong agar arah sistem kesehatan dalam negeri lebih banyak preventif dan skrining.

NEWS | 26 November 2022

Merdeka Belajar, 50.000 Guru Penggerak Tersebar di Indonesia

Saat ini ada 50.000 Guru Penggerak tersebar di seluruh Indonesia untuk menjadi generasi pemimpin pembelajaran di masa depan.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Segera Dibuka, Intibios Hang Tuah Hadirkan Layanan Kesehatan Satu Atap

Segera Dibuka, Intibios Hang Tuah Hadirkan Layanan Kesehatan Satu Atap

NEWS | 15 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE