Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Kasus Hakim Agung Sudrajad, KPK Tahan Debitur Koperasi Intidana

Selasa, 4 Oktober 2022 | 21:06 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / CAR
Ilustrasi Komisi Pemberantasan Korupsi.

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penahanan terhadap tersangka pemberi suap lainnya dalam kasus hakim agung pada Mahkamah Agung (MA) Sudrajad Dimyati. Tersangka tersebut, yakni debitur Koperasi Simpan Pinjam Intidana, Ivan Dwi Kusuma Sujanto.

“IDKS (Ivan Dwi Kusuma Sujanto) ini akan dilakukan penahanan,” kata Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto saat jumpa pers di gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (4/10/2022).

Ivan ditahan untuk 20 hari ke depan mulai 4 Oktober 2022 sampai 23 Oktober 2022. Dia ditahan di Rumah Tahanan Polres Metro Jakarta Timur.

Dalam kasus ini, Ivan dan sesama debitur Koperasi Simpan Pinjam Intidana, Heryanto Tanaka diduga memberikan suap ke PNS kepaniteraan MA, Desy Yustria melalui pengacaranya Yosep Parera dan Eko Suparno terkait penanganan perkara. Desy diduga merupakan representasi dari Sudrajad dan sejumlah pihak di MA.

Atas ulahnya, Ivan disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau b atau Pasal 13 atau Pasal 6 ayat 1 huruf a Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

KPK menetapkan Sudrajad Dimyati sebagai tersangka kasus dugaan suap penanganan perkara. Tak hanya Sudrajad, KPK juga menetapkan sembilan orang lainnya ditetapkan sebagai tersangka, yakni hakim yustisial atau panitera pengganti MA, Elly Tri Pangestu; Desy Yustria dan Muhajir Habibie; PNS MA, Nurmanto Akmal dan Albasri; pengacara Yosep Parera dan Eko Suparno; serta swasta atas nama Heryanto Tanaka dan Ivan Dwi Kusuma Sujanto.

Penetapan tersangka ini dilakukan KPK setelah memeriksa secara intensif sejumlah pihak yang ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta dan Semarang. Sudrajad Dimyati menjadi Hakim Agung MA pertama yang menjadi tersangka KPK.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI