Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Jokowi Perintahkan TNI-Polri Bersinergi Tangani Krisis Pangan

Rabu, 5 Oktober 2022 | 09:42 WIB
Oleh : Novy Lumanauw / FFS
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara peringatan HUT ke-77 TNI di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu, 5 Oktober 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstrusikan jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bersinergi untuk menangani krisis pangan, energi, dan finansial. Hal ini disampaikan Presiden Jokowi saat menjadi Inspektur Upacara pada peringatan HUT ke-77 TNI di Halaman Depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

"Bantu kemandirian pangan, pengendalian inflasi, jaga pertahanan dan keamanan agar masyarakat bisa berkarya optimal dalam menghadapi berbagai macam tantangan yang ada," kata Jokowi.

Presiden Jokowi mengungkapkan, saat ini situasi dunia sedang menghadapi tantangan yang sangat berat. Setelah pandemi Covid-19 mereda, dunia saat ini diterpa krisis pangan, krisis energi, dan krisis finansial. Di tengah tantangan bangsa yang kompleks, lanjutnya, TNI tetap harus meningkatkan profesionalitasnya.

Selain itu, lanjut Presiden Jokowi, TNI juga harus secara bertahap melanjutkan pemenuhan minimum essential force, pembangunan kekuatan yang selaras dengan pembangunan nasional dan program bela negara berdasarkan prinsip-prinsip demokrasi untuk mempertahankan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

"Pemerintah, masyarakat, bangsa, dan negara menaruh harapan besar terhadap kontribusi TNI. Teruslah memegang teguh jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional," kata Presiden Jokowi.

Ia berharap TNI menjadi garda terdepan dalam menghadapi setiap ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan di negara ini. TNI harus bersikap dan bertindak secara profesional sesuai Pancasila dan UUD 1945, Sapta Marga, dan Sumpah Prajurit.

"Peliharalah kemanunggalan TNI dengan rakyat karena bersama rakyat TNI akan kuat. Terakhir, ingatlah selalu sifat-sifat prajurit. Prajurit itu pantang menyerah, selalu tabah, selalu loyal, selalu tulus, dan selalu rela berkorban untuk kejayaan dan kemajuan rakyat Indonesia dan NKRI," kata Presiden Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI