Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

PSI Usung Ganjar Jadi Capres, Bambang Pacul: Pantas Enggak?

Rabu, 5 Oktober 2022 | 10:30 WIB
Oleh : Yustinus Paat / JEM
Ganjar Pranowo.

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDI Perjuangan (PDIP) Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul menyindir Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden di Pilpres 2024. Menurut Bambang, PSI perlu refleksi diri apakah langkah mengusung Ganjar sudah pantas atau tidak.

"Kau tanya pada hatimu sendiri, kira-kira kayak gitu pantas apa ngga? Kan begitu," ujar Bambang di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/10/2022).

Bambang mengaku tidak mau menghakimi langkah PSI mengusung gubernur Jateng itu sebagai sesuatu yang tidak wajar. Hanya saja, kata dia, perlu melihat konteks budaya timur yang sangat menekankan perasaan dan adat istiadat dalam hidup bermasyarakat.

"Aku nggak usah komentar. Kita ini orang Jawa, pakai rasa aja lah. Itu sama dengan aku menghardik orang bikin rumah Ganjar. Nggak, saya nggak menghardik. Tanyalah pada hatimu. Orang belahan dunia timur itu ada perasaan, semua itu pasti kulturnya pasti ada rasa. Kenapa kau makan, itu namanya bumbunya banyak. Karena bumbu banyak itu hanya dikenal di dunia belahan timur termasuk Indonesia. Jadi pakailah rasa. Ojo waten godok," jelas dia.

Bambang menegaskan tidak melarang PSI mengusung Ganjar Pranowo. Namun, kata dia, PSI perlu memahami perasaan orang tua yang anaknya tiba-tiba dicalonkan orang lain.

"Kalau anakmu dicalonkan orang lain piye? Itu kan soal pemahaman organisasi, ya monggo saja," pungkas Bambang.

Diketahui, PSI mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden RI 2024 sebagai hasil Rembuk Rakyat yang diselenggarakan sejak akhir Februari lalu.

“Dari hasil Rembuk Rakyat itu, kami mengumumkan, PSI akan mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden di 2024,” ujar Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie, dalam konferensi pers online, Senin (3/42022).

Rembuk Rakyat sendiri adalah mekanisme yang dibuat PSI untuk menjaring nama-nama calon presiden yang akan didukung untuk melanjutkan kepemimpinan Jokowi. Dalam rembuk rakyat ini, terdapat sembilan nama kandidat capres.

“Nama-nama itu didapat dari hasil turun ke bawah yang dilaksanakan oleh Dewan Pimpinan Pusat dan pengurus daerah yang bertemu para tokoh dan mendengarkan suara mereka terkait nama-nama yang pantas untuk menjadi calon presiden berikutnya,” ungkap Grace.

Sejak awal, Ganjar unggul dibanding kandidat lain. Bagi PSI, Ganjar adalah calon terbaik karena memiliki visi kebangsaan dan kebhinekaan yang sama dengan yang selama ini diperjuangkan PSI.

“Selain itu, PSI melihat Mas Ganjar sebagai sosok yang paling pas untuk melanjutkan kerja-kerja yang selama ini telah dilakukan Pak Jokowi dalam memajukan Indonesia. Ini adalah calon presiden 2024 pilihan rakyat lewat Rembuk Rakyat, bukan keinginan elit PSI. Dan pilihan rakyat itu sesuai dengan hati nurani kami di PSI," tambah Grace.

Sebagai tokoh politik, lanjut, Ganjar Pranowo dikenal sebagai orang yang merakyat, yang mengerti aspirasi kaum muda. Cara gubernur Jateng itu memanfaatkan media sosial untuk menyampaikan pikiran dan hal yang ia kerjakan, memperlihatkan dirinya sebagai sosok yang mengikuti perkembangan zaman dan memahami cara komunikasi anak muda.

“Meskipun Mas Ganjar bukan kader, tapi PSI berkomitmen mendukung kandidat terbaik. Semoga apa yang menjadi keputusan PSI ini menjadi pilihan terbaik buat rakyat, buat Indonesia,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI