Logo BeritaSatu

Perkuat Ekosistem Gambut Berkelanjutan, KLHK Luncurkan IMPLI

Rabu, 5 Oktober 2022 | 11:08 WIB
Oleh : Jeis Montesori / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan PPKL), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Sigit Reliantoro meluncurkan The Integrated Management of Peatland Landscapes in Indonesia (IMPLI) di Jakarta, Selasa (4/10/2022). Peluncuran IMPLI ini bertujuan untuk mendukung pengelolaan ekosistem gambut secara berkelanjutan.

Sigit menjelaskan, proyek IMPLI dilaksanakan dengan menggunakan sumber pendanaan hibah langsung dari Global Environment Facility sesi ke-6 (GEF-6) dan akan diimplementasikan di tiga provinsi yaitu Riau, Jambi, dan Sumatera Selatan.

Acara pengenalan IMPLI dihadiri oleh perwakilan kementerian/lembaga terkait, pemerintah provinsi, kabupaten/kota pada lokasi proyek, perwakilan International Fund for Agriculture Development (IFAD) selaku implementing agency, perwakilan universitas, dan perwakilan unit kerja eselon I di lingkungan KLHK.

"Tujuan pelaksanaan proyek IMPLI adalah untuk pengelolaan ekosistem gambut secara berkelanjutan guna mengonservasikan keanekaragaman hayati dan jasa ekosistemnya, mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK), dan peningkatan mata pencaharian masyarakat yang berada di delapan Kesatuan Hidrologis Gambut (KHG) di ketiga provinsi," kata Sigit.

KHG yang akan menjadi tapak proyek IMPLI tersebar di enam kabupaten yaitu KHG Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu, Taman Nasional Zamrud pada KHG Sungai Siak-Sungai Kampar, KHG Sungai Rokan-Sungai Siak Kecil, KHG Sungai Siak Kecil-Sungai Siak di Provinsi Riau, KHG Sungai Batanghari-Sungai Air Hitam Laut, KHG Sungai Air Hitam Laut-Sungai Buntu Kecil yang menjadi lokasi sebagian Taman Nasional Berbak dan Sembilang (TNBS) di Provinsi Jambi, dan KHG Sungai Ngirawan dan Sungai Sembilang Air, KHG Sungai Sembilang-Sungai Lalan, KHG Sungai Merang-Sungai Ngirawan di Provinsi Sumater Selatan.

Sigit mengatakan, proyek IMPLI telah berlangsung sejak tahun 2021 hingga 2026. "Total pembiayaan hibah yang akan diterima dari dana GEF-6 sebesar 274,3 9 juta dolar AS dan pendanaan pendampingan yang dikeluarkan dari pemerintah dan swasta (co-finance) sebesar 2022,8 4 juta dolar AS," katanya.

IMPLI memiliki tiga komponen yang ingin dicapai yakni pertama, peningkatan kapasitas kelembagaan, kerangka kerja dan kemitraan untuk meningkatkan operasional restorasi lahan Gambut yang berkelanjutan. Kedua, pengelolaan terpadu Kesatuan Hidrologis Gambut (KHG) target, dan ketiga peningkatan pengetahuan pengelolaan lahan Gambut yang berkelanjutan, peningkatan pengetahuan perlindungan dan pengelolaan ekosistem gambut secara berkelanjutan, pemanfaatan teknologi, pengembangan dan perluasan pasar dari produk ramah gambut di tingkat lokal.

Sigit Reliantoro menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin selama ini. "Saya memohon dukungan kepada semua pemangku kepentingan agar kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan seoptimal mungkin dan memberikan manfaat yang signifikan di tingat tapak sebagaimana ditargetkan dalam proyek ini," ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

MUI Jabar Buat Surat Edaran Tegaskan Bencana Bukan Azab

MUI Jabar membuat surat edaran yang berisi penegasan bahwa musibah atau bencana alam bukanlah azab dari Tuhan Yang Maha Esa.

NEWS | 6 Desember 2022

Menkumham: RKUHP yang Disahkan Efektif Berlaku Setelah 3 Tahun

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H. Laoly mengungkapkan, Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP)

NEWS | 6 Desember 2022

Ismail Bolong Jalani Pemeriksaan Kasus Tambang Ilegal Kaltim

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri tengah memeriksa Ismail Bolong terkait kasus tambang ilegal Kalimantan Timur (Kaltim)

NEWS | 6 Desember 2022

Dituduh Hancurkan Barang Bukti Tragedi Itaewon, 2 Mantan Polisi Ditangkap

Dua mantan polisi Korea Selatan ditangkap pada hari Senin (5/12/2022), dengan tuduhan menghancurkan barang bukti dari tragedi Itaewon.

NEWS | 6 Desember 2022

Hendra Sebut Kapolri Minta Kasus Brigadir J Ditangani secara Profesional

Hendra Kurniawan menyebutkan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta agar kasus Brigadir J ditangani secara profesional.

NEWS | 6 Desember 2022

Cerita Kaesang Pangarep Ajak Menikah Erina: Der Ketemu, Terus Jadian...

Kaesang Pangarep kini tengah menghitung hari untuk menikahi kekasihnya Erina Gudono yang akan digelar Sabtu (10/12/2022).

NEWS | 6 Desember 2022

Malaysia Bakal Impor Telur untuk Atasi Kekurangan Pasokan

Malaysia akan impor telur sebagai tindakan jangka pendek untuk mengatasi kekurangan pasokan lokal.

NEWS | 6 Desember 2022

Sidang Sambo, Agus Nurpatria Tepis Berita Negatif tentang Hendra Kurniawan

Agus Nurpatria, dalam sidang Sambo, menepis berita negatif Karopaminal Divpropam Polri Hendra Kurniawan.

NEWS | 6 Desember 2022

Anwar Ibrahim Ingatkan Muhyiddin Tak Menantangnya untuk Ungkap Pelanggaran

Anwar Ibrahim meminta pemimpin sebelumnya Muhyiddin Yassin agar tidak menantangnya untuk mengungkapkan dugaan pelanggaran.

NEWS | 6 Desember 2022

Ferdy Sambo: Istri Saya Diperkosa Brigadir J, Tidak Ada Motif Perselingkuhan

Ferdy Sambo, mengatakan, istrinya, Putri Candrawathi diperkosa Brigadir J, tidak ada motif perselingkuhan dalam kasus pembunuhan terhadap Brigadir J itu.

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ultah Anak, Raffi dan Nagita Bagi-bagi Hadiah di Cipung Day

Ultah Anak, Raffi dan Nagita Bagi-bagi Hadiah di Cipung Day

LIFESTYLE | 13 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE