Logo BeritaSatu

Dukung Penuh Presidensi G-20, Mendag AS: Indonesia Mitra Penting

Rabu, 5 Oktober 2022 | 22:31 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Washington DC, Beritasatu.com - Amerika Serikat (AS) menegaskan dukungan untuk Indonesia dalam Presidensi G-20, yang akan digelar di Bali pada November mendatang.

Selain itu, pemerintah AS juga berkomitmen untuk terus memperkuat hubungan kerja sama dan kolaborasi dengan Indonesia.

Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo menegaskan komitmen dan dukungan tersebut dalam acara resepsi diplomatik perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di KBRI Washington DC, beberapa waktu lalu.

"Indonesia merupakan mitra AS yang sangat penting di kawasan. Saya sepakat dengan Dubes Rosan, bahwa melalui kerja sama yang baik antara AS dan Indonesia, kita pasti dapat meraih pencapaian yang luar biasa bagi kedua negara” ucap Menteri Raimondo yang sebelumnya menjabat sebagai Gubernur wanita pertama di negara bagian Rhode Island (2015-2021).

Ia menambahkan, Kementerian Perdagangan AS dalam waktu dekat akan mengadakan tiga misi besar ke Indonesia, yaitu Advanced Manufacturing Business Development Mission (Oktober 2022), Aerospace and Defense Trade Mission (November 2022), dan Trade Winds (Maret 2023).

Dalam sambutannya, Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Rosan P Roeslani menggarisbawahi kedekatan sejarah serta hubungan Indonesia dan AS yang sama-sama menganut prinsip demokrasi dalam bernegara.

"Semangat proklamasi kemerdekaan Indonesia hidup dalam konstitusi 1945, dan E. Pluribus Unum milik Amerika Serikat, out of many, one, identik dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, yaitu persatuan dalam keberagaman” kata Rosan dalam keterangan resmi yang diterima redaksi pada Rabu (5/10/2022).

Menanggapi situasi global yang kini penuh dengan ketidakpastian, Dubes Rosan tekankan pentingnya untuk mengedepankan kolaborasi dan kerja sama guna mengatasi berbagai tantangan global.

“Pada masa krisis, orang bijak memilih untuk membangun jembatan, bukan membangun penghalang. Kita harus menemukan cara untuk menjaga satu sama lain, seolah-olah kita adalah satu suku," ujar Dubes Rosan.

Selepas penyampaian sambutan, Dubes Rosan pun mengundang Menteri Raimondo bersama tamu VVIP lainnya pada prosesi pemotongan Tumpeng sebagai bentuk penghormatan dan harapan terhadap hubungan Indonesia-AS yang lebih erat di masa mendatang.

Selain mencicipi aneka kuliner khas Indonesia seperti gado-gado, rendang, dan bakso, tamu undangan juga disuguhkan dengan penampilan musik gamelan dan tarian Bali.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top News, Wakil Wali Kota Pagar Alam Meninggal dan Kebakaran Gedung Kemenkumham

Berita meninggalnya Wakil Wali Kota Pagaralam, Sumatera Selatan Muhammad Fadli dan kebakaran gedung Kemenkumham paling banyak dibaca.

NEWS | 9 Desember 2022

Soal Motif Bom Bunuh Diri Bandung, Pengamat Singgung ISIS dan KUHP

Pengamat terorisme, Stanislaus Riyanta menyinggung soal ISIS dan KUHP terkait motif Agus Sujatno melakukan bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung.

NEWS | 9 Desember 2022

Patahan Cugenang, Pemicu Gempa Cianjur Belum Pernah Teridentifikasi

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, selama ini patahan Cugenang, pemicu gempa Cianjur, Jawa Barat, belum teridentifikasi.

NEWS | 9 Desember 2022

Aksi Bom Bunuh Diri Bukan Bagian dari Amalan Jihad

Aksi bom bunuh diri seperti bom Bandung itu, menurut Sekum DDI KH Suaib Tahir, bukan bagian amalan jihad.

NEWS | 9 Desember 2022

Hendra Kurniawan Bantah Menemui Ferdy Sambo pada 13 Juli

Hendra Kurniawan membantah keterangan mantan staf pribadi Ferdy Sambo yang menyebutnya menemui Ferdy Sambo di ruang Kadiv Propam Polri pada 13 Juli 2022.

NEWS | 8 Desember 2022

Eks Napiter Tegaskan Ekonomi Bukan Motif Bom Bunuh Diri

Pujianto alias Raider Bakiyah, mantan narapidana terorisme (napiter) mengatakan ekonomi bukan motif teroris melakukan bom bunuh diri.

NEWS | 8 Desember 2022

Masyarakat Harus Dibekali Kemampuan Deteksi Dini Ancaman Terorisme

Masyarakat harus bersatu memerangi terorisme. Pemerintah harus mulai membekali masyarakat dengan kemampuan mendeteksi dan pencegahan dini.

NEWS | 8 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Erick Thohir: Jokowi Ingin Festival Budaya

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Presiden Joko Widodo ingin konsep Festival Budaya sehingga dekat dengan rakyat saat menggelar pernikahan Kaesang Pangarep

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Sebut 97 Perusahaan Relokasi Pabrik ke Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut, puluhan perusahaan melakukan relokasi pabrik ke berbagai daerah di Jateng.

NEWS | 8 Desember 2022

Pertukaran Tahanan, Bintang Bola Basket Wanita AS Dibebaskan Rusia

Bintang bola basket wanita AS Brittney Griner dibebaskan dari penjara Rusia, dalam sebuah pertukaran tahanan.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Top News, Wakil Wali Kota Pagar Alam Meninggal dan Kebakaran Gedung Kemenkumham

Top News, Wakil Wali Kota Pagar Alam Meninggal dan Kebakaran Gedung Kemenkumham

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE