Logo BeritaSatu

Rekening Istri Lukas Enembe Disebut Diblokir KPK

Rabu, 5 Oktober 2022 | 23:06 WIB
Oleh : Nugie Tangkepayung / CAR

Jayapura, Beritasatu.com – Rekening istri Gubernur Papua Lukas Enembe, Yulce Enembe, disebut telah diblokir Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal ini diungkap kuasa hukum Lukas, Petrus Bala Pattyona di Jayapura, Papua, Rabu (5/10/2022).

Petrus pun menyayangkan aksi pemblokiran. Pasalnya, pemblokiran dilakukan hanya kepada seseorang yang berstatus sebagai tersangka. “Seharusnya berdasarkan undang-undang rekening yang diblokir hanya berstatus tersangka,” ujarnya.

Menurutnya, pemblokiran rekening istri Lukas Enembe kemungkinan akibat Yulce tidak menghadiri pemeriksaan sebagai saksi oleh KPK. “Mungkin kemarahan KPK, karena sikap Ibu Yulce yang tidak mau memberi keterangan,” tuturnya.

Dia menuturkan pemblokiran itu baru diketahui setelah Yulce hendak melakukan transaksi. “Sempat transaksi, tetapi tidak bisa. Setelah dicek pihak bank menyebutkan bahwa rekening telah diblokir,” ucap Petrus.

Diketahui, Gubernur Papua Lukas Enembe telah ditetapkan sebagai tersangka dugaans kasus gratifikasi senilai Rp 1 miliar pada 5 September 2022. Lukas belum juga memenuhi panggilan KPK untuk pemeriksaan lantaran kondisinya yang sedang sakit. Selain dicegah ke luar negeri, sejumlah rekening Lukas Enembe dengan total saldo Rp 71 miliar telah diblokir oleh PPATK.

Yulce Enembe bersama anaknya menolak untuk diperiksa KPK, Rabu (5/10/2022). Menurut Petrus, setiap orang punya hak menolak untuk diperiksa sebagai saksi sebagaimana merujuk pada Pasal 168 KUHP Pasal 168 dan Pasal 35 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

“Jadi begini ya, orang yang mempunyai hubungan perkawinan suami istri, atau hubungan kerja baik itu atasan maupun bawahan, mereka mempunyai hak menolak pemeriksaan untuk didengar keterangan sebagai saksi,” kata Petrus.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bisnis Kopi Rempah Milik Polisi di Blitar Tembus Mancanegara

Seorang anggota Polisi Polsek Ponggok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Aipda Jauhari Fitrianto (40) sukses menggeluti bisnis olahan kopi rempah.

NEWS | 27 November 2022

Berkedok Indekos, Satpol PP Depok Gerebek Prostitusi Online

Satpol PP Kota Depok melakukan penertiban dan penggerebekan terhadap sejumlah lokasi yang disinyalir menjadi tempat prostitusi online, Sabtu (26/11/2022).

NEWS | 27 November 2022

Top 5 News: Jokowi Ingatkan Relawan hingga Update Gempa Cianjur

Rangkuman artikel viral edisi Jumat dan Jokowi ingatkan relawan merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news) Beritasatu.com.

NEWS | 27 November 2022

Tim DVI Polri Kesulitan Identifikasi Korban Gempa Cianjur

Tim DVI Polri kesulitan mengidentifikasi korban gempa Cianjur karena fasilitas pemeriksaan yang terbatas dan kondisi jenazah yang sudah rusak.

NEWS | 27 November 2022

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022

Dian Meninggal Terakhir di Keluarga Tewas di Kalideres, Jasad Ibu Termumifikasi

Kombes Hengki Haryadi mengatakan, diduga yang terakhir meninggal dunia dari sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, adalah korban bernama Dian (40).

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bisnis Kopi Rempah Milik Polisi di Blitar Tembus Mancanegara

Bisnis Kopi Rempah Milik Polisi di Blitar Tembus Mancanegara

NEWS | 18 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE