Logo BeritaSatu

Jelang KTT G-20, Menkes Siapkan PeduliLindungi dalam 13 Bahasa

Kamis, 6 Oktober 2022 | 10:07 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyiapkan aplikasi PeduliLindungi dalam 13 bahasa menjelang KTT G-20 di Bali, November mendatang. Nantinya setiap delegasi wajib menggunakan aplikasi tersebut sejak kedatangan di bandara hingga akses masuk ke venue KTT.

“Persiapan terus kita matangkan untuk memastikan pertemuan berjalan dengan lancar dan sehat sejak kedatangan hingga kepulangan seluruh kepala negara dan delegasi,” kata Menkes, dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kamis (06/10/2022).

Advertisement

Pertama, terkait dengan standardisasi protokol kesehatan, Budi menyampaikan bahwa pihaknya telah menyiapkan aplikasi PeduliLindungi yang tersedia dalam 13 bahasa. Nantinya setiap delegasi wajib menggunakan aplikasi tersebut sejak kedatangan di bandara hingga akses masuk ke venue KTT.

Selain itu, bagi delegasi yang belum melakukan verifikasi sertifikat vaksin, Kemenkes juga menyiapkan layanan verifikasi manual di bandara. “Kami juga siapkan versi manualnya di airport,” kata Menkes.

Kedua, mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19, Kemenkes menyediakan fasilitas pengambilan sampel berupa klinik di 22 hotel tempat kepala negara dan delegasi, mini-ICU dan tim mobile. Masing-masing layanan kesehatan tersebut akan ada tenaga kesehatan yang bertugas dengan sistem sif.

Budi menyampaikan, sebelum kegiatan pertemuan berlangsung para tamu VVIP maupun delegasi yang akan bertemu dengan VVIP diharuskan melakukan pemeriksaan PCR 1×24 jam. Sementara tes antigen akan diberlakukan untuk para delegasi. Hal ini untuk memastikan yang seluruh tamu sehat dan terbebas dari Covid-19.

“Semua hotel kita siapkan fasilitas pengambilan sampel, kita juga sudah siapkan tujuh lab dengan kapasitas 2.100 sampel per hari ada yang satu jam ada juga yang tiga jam,” ujarnya.

Menkes menambahkan, guna mendukung layanan kegawatdaruratan di venue KTT G20 disiagakan 24 unit ambulans, dengan peruntukan 2 unit untuk Presiden RI, 10 unit untuk KTT, dan 12 unit untuk delegasi.

Ketiga, untuk sistem perawatan, sekurangnya tujuh rumah sakit (RS) bertaraf internasional telah disiapkan sebagai RS rujukan KTT G20. Ketujuh RS tersebut adalah RSUP Prof. Dr. I. G. N. G. Ngoerah, RS Universitas Udayana, RSUD Bali Mandara, RS Bhayangkara, RS Siloam, RS BIMC Nusa Dua, dan RS Tk. II Udayana.

“Secara keseluruhan, kita sudah siap, seluruh aturan dan administrasi dari kesehatan ini sudah kami sampaikan ke Kemensetneg [Kementerian Sekretariat Negara] dan sudah dicantumkan di protokol dan servis KTT G20,” pungkas Budi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Aksi Heroik Siswi SD di Surabaya Tangkap Pelaku Penjambretan HP Terekam CCTV

Aksi heroik dilakukan siswi SD di Surabaya, lantaran berhasil menangkap pelaku penjambretan handphone (HP). Akibat aksi terekam CCTV.

NEWS | 1 Februari 2023

Jokowi: Tekanan Ekonomi Global ke Indonesia Sudah Reda

Presiden Joko Widodo atau Jokowi kabarkan tekanan ekonomi global terhadap Indonesia sudah mereda.

NEWS | 1 Februari 2023

KPK Periksa Staf Hakim Agung Gazalba Saleh, Soal Tupoksi

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa tiga staf hakim agung nonaktif Gazalba Saleh.

NEWS | 1 Februari 2023

Profil Sri Mulyani, Perempuan Penjaga Keuangan Negara

Inilah profil Sri Mulyani, perempuan tangguh yang saat ini menjabat sebagai Menteri Keuangan Indonesia di Kabinet Indonesia Maju.

NEWS | 1 Februari 2023

Rangkaian Acara Puncak Peringatan 1 Abad NU Digelar 24 Jam Nonstop

Panitia Pelaksana Puncak Resepsi 1 Abad NU menyiapkan rangkaian acara Peringatan 1 Abad NU yang digelar 24 Jam nonstop.

NEWS | 1 Februari 2023

Kemenlu: Tidak Ada WNI Jadi Korban Bom di Masjid Pakistan

Ledakan di masjid, yang penuh dengan jemaah, itu terjadi di kawasan Police Lines dan menewaskan 100 orang, 97 di antaranya adalah polisi.

NEWS | 1 Februari 2023

Status Literasi Digital Masyarakat Indonesia Meningkat di Tahun 2022

Skor tersebut menunjukkan bahwa Literasi Digital masyarakat Indonesia berada pada kategori “sedang”.

NEWS | 1 Februari 2023

Reshuffle Rabu Pon? Jokowi Tertawa Lebar

Ditemani Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Jokowi menjawab soal reshuffle sambil tertawa lebar.

NEWS | 1 Februari 2023

Cekcok dengan Istri, Seorang Ayah di Temanggung Tega Cabuli Anaknya

Polres Temanggung, Jawa Tengah mengamankan seorang ayah pelaku pencabulan. Korban adalah anak kandung pelaku dan masih di bawah umur.

NEWS | 1 Februari 2023

Sumbar Uji Coba Pembatasan BBM Subsidi dengan QR Code

Provinsi Sumatera Barat mulai menerapkan program pembelian BBM subsidi tepat untuk bahan bakar solar bersubsidi dan Pertalite. P

NEWS | 1 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Sindir Sekaligus Apresiasi Kinerja Bank Mandiri

Jokowi Sindir Sekaligus Apresiasi Kinerja Bank Mandiri

EKONOMI | 14 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE