Logo BeritaSatu

OPEC Pangkas Produksi, Eropa Akan Terpaksa Kerja Sama dengan Putin

Kamis, 6 Oktober 2022 | 18:43 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Wina, Beritasatu.com- Pemangkasan produksi Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) akan memaksa Eropa bekerja sama dengan Putin. Seperti dilaporkan Newsweek, Rabu (5/10/2022), pemangkasan produksi minyak sebesar 2 juta barel per hari, berpotensi memberikan kemenangan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin dari sanksi Eropa.

Keputusan OPEC muncul beberapa bulan setelah banyak negara Uni Eropa (UE) mengumumkan sanksi terhadap minyak Rusia dan pemerintah Amerika Serikat memohon kepada Arab Saudi untuk tidak mengurangi produksi minyak.

Advertisement

Pengumuman itu meningkatkan tekanan pada negara-negara yang telah mengeluarkan sanksi terhadap minyak Rusia dan, pada gilirannya, Eropa dapat melihat harga naik lebih tinggi. Kenaikan harga dapat meningkatkan ketegangan politik karena negara-negara berjuang untuk solusi dan bahkan berpotensi melipat sanksi mereka.

"Kita akan melihat dari apa orang Eropa dibuat," kata Igor Lukes, seorang profesor Universitas Boston yang berspesialisasi dalam sejarah dan hubungan internasional, kepada Newsweek.

Banyak negara Uni Eropa menerapkan sanksi terhadap minyak Rusia dengan harapan mengurangi keuntungan Putin dari penjualan minyak dan karena itu menyebabkan lebih sedikit pendapatan untuk perang.

Lukes berharap negara-negara itu tidak akan menyerah pada Rusia dan melepaskan sanksi mereka, meskipun ada ketidaknyamanan yang mungkin datang dari kenaikan harga.

Lukes mengantisipasi bahwa negara-negara yang lebih dekat ke Rusia akan lebih menderita daripada yang lain, karena mereka lebih mungkin bergantung pada minyak Rusia. Hal ini telah menyebabkan pendekatan campuran di Eropa, dengan beberapa negara menentang keras tindakan Rusia dan yang lain terus mendukung Kremlin.

"Negara-negara seperti Hungaria pada dasarnya ada di kantong Putin, tetapi itu tidak berlaku secara keseluruhan karena, misalnya, negara-negara Baltik—meskipun mereka sangat bergantung pada energi Rusia—mereka secara eksplisit sangat kritis terhadap Putin," kata Lukes.

Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban telah menentang perang Rusia melawan Ukraina dan bahkan meminta gencatan senjata, tetapi dia tidak akan melangkah sejauh menerapkan sanksi. Orban menolak untuk menerapkan sanksi karena Hungaria sangat bergantung pada minyak dan gas Rusia. Menurut sebuah artikel ABC News, para pemimpin Hungaria mengatakan boikot minyak Uni Eropa akan menghancurkan ekonominya dan "menghancurkan pasokan energi yang stabil."

Pakar lain percaya beberapa negara Eropa mungkin mengancam untuk membatalkan sanksi mereka dengan harapan dapat menginspirasi UE untuk mengambil tindakan yang lebih kuat dalam mendukung negara-negara tersebut saat harga naik.

Dengan mengancam untuk membatalkan sanksi mereka, negara-negara dapat mendorong UE untuk memberikan bantuan seperti menawarkan subsidi kepada negara-negara yang telah memberlakukan sanksi.

Jerman memberlakukan subsidi domestik pada bahan bakar untuk mengurangi beban konsumen. Elizabeth Carter, asisten profesor ilmu politik di University of New Hampshire, mengatakan kepada Newsweek bahwa tidak semua negara Eropa dapat melakukan tindakan serupa.

Negara-negara yang tidak memiliki kemampuan untuk melakukannya sendiri dapat menggunakan ancaman pencabutan sanksi untuk meyakinkan UE agar turun tangan dengan tindakan serupa.

"Masih harus dilihat apakah beberapa jenis skema pinjaman bersama akan dilakukan—seperti yang dilakukan UE selama krisis Covid—untuk mensubsidi beberapa jenis batas harga dan membatasi inflasi," kata Carter.

Uni Eropa telah berjuang untuk menyetujui langkah-langkah tersebut, tetapi Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen akan bertemu dengan para pemimpin Uni Eropa minggu ini untuk membahas pembatasan harga gas dengan harapan melemahnya peningkatan biaya energi.

Menurut Reuters, sebagian besar anggota UE mendukung pembatasan tetapi yang lain seperti Jerman, Denmark, dan Belanda khawatir pembatasan dapat mengancam pasokan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Cari Dokumen Rahasia, FBI Geledah Rumah Pantai Milik Joe Biden

Departemen Kehakiman AS menugaskan FBI untuk menggeledah rumah kedua Presiden Joe Biden, sebuah rumah pantai di Rehoboth, Delaware.

NEWS | 2 Februari 2023

BP2MI Gagalkan Pengiriman 6 PMI Ilegal ke Timur Tengah

BP2MI menggagalkan pengiriman enam PMI ilegal dari tempat penampungan dikawasan Bogor yang hendak di kirim ke Timur Tengah. 

NEWS | 2 Februari 2023

Gempa Magnitudo 4,3 Guncang Garut Jabar Terasa hingga Bandung

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 4,4 mengguncang Kabupaten Garut pada Rabu (1/2/2023) malam. Gempa itu dirasakan hingga warga Bandung. 

NEWS | 2 Februari 2023

Selama Izinkan Aksi Pembakaran Al-Quran, Swedia Tak Bakal Dapat Izin Turki Gabung ke NATO

Turki tidak akan mengizinkan Swedia untuk bergabung dengan NATO selama mengizinkan protes yang menodai kitab suci Islam dengan aksi pembakaran Al-Quran.

NEWS | 2 Februari 2023

Banjir Melanda Parepare dan Kabupaten Barru Sulawesi Selatan

Hujan deras disertai angin kencang selama tiga jam membuat sejumlah wilayah di Kota Parepare dan Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan terendam banjir. 

NEWS | 2 Februari 2023

PSI Minta Pertumbuhan Sektor Pariwisata Juga Dinikmati UMKM

PSI berharap pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang tumbuh signifikan selama 2022 turut dinikmati oleh UMKM. 

NEWS | 2 Februari 2023

Bermaksud Serang Sejumlah Sasaran di Singapura, Pelajar Pendukung ISIS Ditahan

Seorang pelajar berusia 18 tahun ditangkap berdasarkan Undang-Undang Keamanan Dalam Negeri, setelah berencana menyerang sejumlah sasaran di Singapura.

NEWS | 2 Februari 2023

Kerajinan Bambu Jombang Tembus Pasar Tiongkok dan Belanda

Perajin bambu asal Desa Pucangrejo, Kabupaten Jombang, sukses mengolah bambu menjadi kerajinan tangan bernilai tinggi dan menembus pasar ekspor.

NEWS | 2 Februari 2023

Kapolda Metro Jaya Mutasi Puluhan Kapolsek, Ini Daftarnya

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran melakukan mutasi jabatan puluhan kapolsek di jajaran Polda Metro Jaya. 

NEWS | 2 Februari 2023

DPR: Cegah Paham yang Berpotensi Munculkan Konflik Sosial

Maman Imanulhaq menilai, pencegahan penyebaran paham yang berpotensi menimbulkan konflik sosial harus dilakukan.

NEWS | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Penculikan Anak


# Biaya Haji 2023


# Istri Siri Kompol D


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Erick Thohir: Saatnya Bersih-bersih di PSSI

Erick Thohir: Saatnya Bersih-bersih di PSSI

BOLA | 17 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE