Logo BeritaSatu

Kapolri: 8 Tembakan Gas Air Mata Diarahkan ke Tribun pada Tragedi Kanjuruhan

Kamis, 6 Oktober 2022 | 21:32 WIB
Oleh : Didik Fibrianto, Stefani Wijaya / DAS

Malang, Beritasatu.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebutkan terdapat 11 personel keamanan yang menembakkan gas air mata guna menghalau penonton yang turun ke lapangan pada tragedi Kanjuruhan. Sebanyak delapan tembakan diarahkan ke tribun penonton dan tiga di lapangan.

Dari delapan tembakan ke arah tribun, tujuh tembakan ke arah tribun selatan dan satu ke tribun utara.

“Tembakan inilah yang kemudian mengakibatkan para penonton terutama dari tribun kemudian panik, rasa pedih, dan kemudian berusaha meninggalkan tribun,” ungkap Kapolri dalam jumpa pers mengenai tragedi Kanjuruan, di Malang, Jawa Timur, Kamis (6/10/2022).

Kapolri menyebutkan, tujuan tembakan gas air mata tersebut untuk mencegah penonton turun ke lapangan.

Keterangan Kapolri ini sekaligus dapat mengklarifikasi berita yang dilansir The Washington Post yang menyebutkan setidaknya terdapat 40 amunisi tidak mematikan yang ditembakkan ke arah suporter baik di lapangan maupun tribun.

“Sebagian besar gas melayang menuju bagian tempat duduk, atau tribun 11, 12 dan 13,” demikian tulis The Washington Post pada headline berjudul "How police action in Indonesia led to a deadly crush in the soccer stadium", Kamis (6/10/2022).

Kapolri: 8 Tembakan Gas Air Mata Diarahkan ke Tribun pada Tragedi Kanjuruhan
Tembakan gas air mata saat kericuhan.

Pernyataannya tersebut berdasarkan video yang didapatkan secara eksklusif oleh media Amerika Serikat tersebut.

Penembakan sedikitnya 40 amunisi ke arah kerumunan dalam rentang waktu 10 menit membuat penggemar mengalir ke pintu keluar. Polisi Indonesia, dalam artikel itu disebut melanggar aturan di dalam negeri maupun pedoman keamanan internasional untuk pertandingan sepak bola.

Seperti diberitakan, kericuhan terjadi seusai pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022).

Penonton yang terdiri dari para suporter Arema FC turun ke lapangan sehingga aparat kepolisian dan TNI berusaha menghalau. Namun polisi justru menembakkan gas air mata ke arah di tribun sehingga penonotn yang terdiri dari orang dewasa dan anak, berhamburan mencari jalan keluar.

Namun pintu stadion belum dibuka sehingga terjadi saling berdesakan dan ada yang terinjak. Hingga Kamis (6/10/2022) dilaporkan terdapat 131 korban tewas dalam tragedi Kanjuruhan ini. Tragedi ini tercatat sebagai insiden olahraga paling mematikan kedua di dunia.

Kapolri: 8 Tembakan Gas Air Mata Diarahkan ke Tribun pada Tragedi Kanjuruhan
Gas air mata di tribun penonton.

“Seharusnya lima menit sebelum pertandingan usai, pintu stadion sudah dibuka. Selain itu penjaga atau steward tidak berada di tempat pada saat kejadian. Berdasarkan Pasal 21 Regulasi Keselamatan dan Keamanan PSSI, penjaga seharusnya berada di tempat selama penonoton belum meninggalkan stadion,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit.

Kapolri juga mengungkapkan kronologi tragedi Kanjuruhan. Awalnya beberapa penonton masuk ke lapangan setelah peluit akhir laga yang dimenangkan Persebaya 3-2 tersebut.

Tim keamanan kemudian melakukan pengamanan, khususnya kepada pemain dan ofisial Persebaya, dengan menggunakan empat kendaraan taktis baracuda.

Proses evakuasi berjalan cukup lama hampir sejam karena sempat terjadi kendala, yakni pengadangan. Namun demikian semua bisa berjalan lancar. “Evakuasi saat itu dipimpin langsung Kapolres Malang,” kata Kapolri.

Kapolri: 8 Tembakan Gas Air Mata Diarahkan ke Tribun pada Tragedi Kanjuruhan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Saiful Anwar, Kota Malang, Jawa Timur, Rabu, 5 Oktober 2022.

Sementara itu, di dalam stadion penonton banyak yang turun ke lapangan. “Beberapa anggota kemudian mulai melakukan kegiatan-kegiatan penggunaaan kekuatan. Seperti yang kita lihat ada yang menggunakan tameng, termasuk ketika mengamankan kiper Arema FC, Adilson Maringa,” Kapolri menembahkan.

Dengan semakin bertambahnya penonton yang turun ke lapangan, 11 personel keamanan menembakkan gas air mata.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gelar Eco Run Fest 2022, Pertamina Ajak Masyarakat Terapkan Sustainable Living

Melalui Pertamina Eco Run Fest 2022, Pertamina mengajak masyarakat menerapkan sustainable living atau gaya hidup berkelanjutan. 

NEWS | 27 November 2022

KRL Anjlok Lagi di Menteng, Penumpang Turun di Tengah Jalan

KRL dengan nomor KA 5144C yang anjlok di Kampung Bandan Jakarta Utara, anjlok lagi di perlintasan Menteng Jaya Jakarta Pusat saat akan dievakuasi ke Manggarai.

NEWS | 27 November 2022

SMRC: Ganjar Unggul Jauh dari Pesaingnya di Pilpres 2024

Survei SMRC menemukan pada kelompok pemilih yang tahu semua bakal calon presiden (capres), Ganjar Pranowo unggul jauh dari para pesaingnya di Pilpres 2024.

NEWS | 27 November 2022

Survei: Masyarakat Percaya Ada Praktik Setoran di Polri

Indikator Politik Indonesia dalam surveinya menemukan adanya pandangan publik yang percaya adanya praktik setoran dari bawahan ke atasan di Polri. 

NEWS | 27 November 2022

Kasus Teddy Minahasa, Survei: Publik Endus Persaingan Tak Sehat di Polri

Survei Indikator Politik Indonesia menemukan persepsi publik adanya persaingan tidak sehat di internal Polri usai kasus peredaran narkoba Irjen Teddy Minahasa.

NEWS | 27 November 2022

Survei SMRC: Ganjar Pranowo Teratas, Prabowo dan Anies Bersaing

Hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan Ganjar Pranowo meraih dukungan terbanyak sebagai presiden.

NEWS | 27 November 2022

Bawaslu: Ada Dugaan Pelanggaran Verifikasi Faktual di Sulbar

Bawaslu mengungkap ada dugaan pelanggaran verfikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik (parpol) di Sulawesi Barat (Sulbar).

NEWS | 27 November 2022

Gempa Cianjur, BNPB Fokus Penanganan Pengungsi dan Distribusi Logistik

BNPB memastikan masih akan terus melakukan pencarian dan evakuasi korban gempa Cianjur yang hingga hari ini belum ditemukan.

NEWS | 27 November 2022

Brigade: Jokowi di Hati, Ganjar Pranowo Dinanti

Barisan Ganjar Terdepan (Brigade) memekikkan tagline perjuangan Jokowi di Hati, Ganjar Pranowo Dinanti saat deklarasi dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

NEWS | 27 November 2022

Puluhan Lansia Antusias Ikut Vaksinasi Booster Kedua

Puluhan warga lanjut usia (lansia) antusias mengikuti vaksinasi booster kedua yang diselenggarakan Puskesmas Kramat Jati, Jakarta Timur.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gelar Eco Run Fest 2022, Pertamina Ajak Masyarakat Terapkan <em>Sustainable Living</em>

Gelar Eco Run Fest 2022, Pertamina Ajak Masyarakat Terapkan Sustainable Living

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE