Logo BeritaSatu

Fraksi PSI DPRD DKI Kritisi Lagi Banjir Jakarta

Jumat, 7 Oktober 2022 | 09:53 WIB
Oleh : Mikael Niman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI kembali mengkritisi banjir Jakarta.

Anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, Justin Adrian Untayana menegaskan penanganan banjir yang dilakukan Pemprov DKI selama era Gubernur Anies Baswedan tidak pernah ada kemajuan yang berarti.

“Seperti yang sudah sering saya katakan selama tiga tahun terakhir, bahwa penanganan permasalahan banjir di Jakarta di masa Bapak Anies tidak akan pernah mengalami kemajuan yang berarti,” kata Justin Adrian Untayana, Jumat (7/10/2022).

Dia menjelaskan, terdapat tiga jenis atau penyebab banjir Jakarta. Pertama, banjir kiriman yang merupakan aliran air dari hulu atau dataran tinggi.

Kedua, banjir lokal, yaitu banjir yang diakibatkan oleh curah hujan di DKI Jakarta yang cenderung meningkat di setiap tahunnya. Ketiga, banjir rob yang disebabkan luapan air laut di daratan pesisir.

Banjir yang terjadi di sejumlah titik di Jakarta pada Kamis (6/10/2022) malam disebabkan banjir lokal atau tingginya curah hujan di Jakarta. Persoalan banjir lokal ini, katanya, mengindikasikan Jakarta bermasalah dalam hal penampungan aliran air untuk menghadapi tingginya curah hujan.

“Buruknya tata kota dan jenis tanah DKI yang minim daya serap, dengan mengandalkan serapan air ke tanah semata, jelas tidak memungkinkan karena kecepatan dan kapasitas serapnya tentu sulit untuk dapat mengimbangi curah hujan yang cenderung naik. Akibatnya genangan atau luapan adalah konsekuensi logisnya,” imbuhnya.

Diberitakan, sebanyak 17 ruas jalan dan 41 RT di Jakarta Selatan terendam banjir, Kamis (6/10/2022) malam. Selain itu, tercatat sebanyak 68 kepala keluarga (KK) atau 270 jiwa yang terpaksa mengungsi di Masjid Al Mustaghfirin RT 12/RW 05, Kelurahan Kalibata, Kecamatan Pancoran.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ferdy Sambo Bantah Keterangan Eliezer soal Perempuan Menangis

Ferdy Sambo membantah keterangan Richard Eliezer atau Bharada E soal sosok perempuan menangis saat Sambo bertengkar dengan Putri Candrawathi. 

NEWS | 6 Desember 2022

DPR Minta Masyarakat Gugat UU KUHP ke MK jika Tak Setuju

Ketua Komisi III DPR, Bambang Wuryanto mempersilakan masyarakat menggugat UU KUHP ke MK jika tidak setuju dengan UU yang baru disahkan tersebut.

NEWS | 6 Desember 2022

KLHK: Not for Sale, Lelang Pulau Widi Sudah Dibatalkan!

Wamen LHK Alue Dohong mengatakan rencana pelelangan Kepulauan Widi di Provinsi Maluku Utara telah dibatalkan oleh pemerintah

NEWS | 6 Desember 2022

Prabowo Hanya Tertawa Saat Ditanya Elektabilitasnya Stagnan

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hanya tertawa saat ditanya mengenai elektabilitasnya di beberapa lembaga survei stagnan. 

NEWS | 6 Desember 2022

Fenomena Langka, Jutaan Klaper Membuat Puluhan Pengendara Kecelakaan

Musim hujan dan cuaca yang lembab membuat jutaan hewan mirip laron yang lazim disebut klaper berkumpul di atas Jembatan Ngrame.

NEWS | 6 Desember 2022

Gempa M 6,2 Landa Jember, Dirasakan di Bali dan Yogyakarta

Gempa berkekuatan Magnitudo (M) 6,2 melanda Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (6/12/2022). Gempa itu juga dirasakan di Bali dan Yogyakarta.

NEWS | 6 Desember 2022

Gempa M 6,2 Guncang Jember

BMKG melaporkan telah terjadi gempa magnitudo 6,2 berlokasi di 284 km Barat Daya Jember, Jawa Timur pada Selasa (6/12/2022) pukul 13.07 WIB.

NEWS | 6 Desember 2022

Buruh Tewas Tergiling di Pabrik Gula di Lampung

Sobari (40), warga Dusun IV Desa Sukadana Udik, Kecamatan Bunga Mayang, Kabupaten Lampung Utara tewas tergiling mesin penggilingan tebu PTPBN VII.

NEWS | 6 Desember 2022

8 TKI Asal Pontianak Jadi Korban Trafficking dan Penyiksaan di Laos

Sedikitnya delapan TKI asal Pontianak Kalimantan Barat (Kalbar) menjadi korban trafficking dan penyiksaan di Laos sejak Oktober 2022 lalu. 

NEWS | 6 Desember 2022

Polresta Lampung Uji Balistik Peluru Nyasar yang Mengenai Balita

Sat Reskrim Polresta Bandar Lampung, Lampung melakukan uji balistik peluru nyasar yang melukai pergelangan kaki seorang balita Ibrahim El Rahman (1,5).

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jelang Pernikahannya, Kaesang Ungkap Pesan Jokowi dan Iriana

Jelang Pernikahannya, Kaesang Ungkap Pesan Jokowi dan Iriana

LIFESTYLE | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE