Logo BeritaSatu

Mengandung Pestisida, Mi Sedaap Ditarik dari Pasar Singapura

Jumat, 7 Oktober 2022 | 10:06 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Singapura, Beritasatu.com- Badan Pangan Singapura (SFA) menarik peredaran mi instan Mi Sedaap karena mengandung etilen oksida, pestisida. Seperti dilaporkan CNA, Kamis (6/10/2022), dua produk Mi Sedaap dalam proses penarikan dari pasaran.

SFA telah mengarahkan Sheng Sheng F&B Industries untuk menarik kembali mi instan Mi Sedaap Korean Spicy Soup dan mi instan Mi Sedaap Korean Spicy Chicken.

Penarikan tersebut berlaku untuk mi instan Mi Sedaap Korean Spicy Soup dengan masa kedaluwarsa 17 Maret 2023, dan Mi Sedaap Korean Spicy Chicken dengan masa kadaluwarsa 21 Mei 2023. Kedua produk tersebut berasal dari Indonesia.

"Etilen oksida adalah pestisida yang tidak diizinkan untuk digunakan dalam makanan," kata SFA dalam rilis berita.

Etilen oksida adalah bahan kimia yang biasa digunakan dalam pestisida maupun pengawet rempah-rempah.

"Di bawah Peraturan Makanan Singapura, etilen oksida diizinkan untuk digunakan dalam sterilisasi rempah-rempah. Batas Maksimum Residu (MRL) etilen oksida dalam rempah-rempah tidak boleh melebihi 50mg/kg," menurut SFA.

Menyusul deteksi etilen oksida dalam produk es krim Haagen-Dazs pada Agustus 2022, SFA telah mencari produk makanan lain, termasuk mi instan, untuk keberadaan etilen oksida.

Badan tersebut menyatakan tidak mendeteksi etilen oksida di salah satu produk makanan yang disurvei selain mi instan Mi Sedaap.

SFA melanjutkan pengujian regulasi produk mie instan Mi Sedaap lainnya. Lembaga ini juga bekerja sama dengan importir dan otoritas Indonesia untuk menyelidiki dan memperbaiki penyebab kontaminasi etilen oksida.

“Jika etilen oksida terdeteksi melampaui tingkat maksimum yang ditentukan, badan tersebut akan memulai penarikan produk yang terkena dampak sebagai tindakan pencegahan,” tambah SFA.

"Meskipun tidak ada risiko langsung untuk konsumsi makanan yang terkontaminasi dengan etilen oksida tingkat rendah, paparan jangka panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan," kata SFA dalam rilis media.

Badan tersebut menambahkan bahwa paparan etilen oksida harus diminimalkan sebanyak mungkin.

Konsumen yang telah membeli produk yang terlibat disarankan untuk tidak mengonsumsinya. Para konsumen yang telah mengonsumsi produk yang terkena dampak dan memiliki kekhawatiran tentang kesehatan mereka harus mencari nasihat medis.

Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (U.S. EPA) mengklasifikasikan etilen oksida dalam grup B1 (senyawa bersifat karsinogenik). Sebab, ditemukan bahwa bahaya etilen oksida pada manusia bisa menimbulkan efek otot lemas, mual, muntah, diare, sesak napas, sakit kepala, dan disfungsi neurologis.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polisi Rekayasa Lalu Lintas di Lokasi Gempa Cianjur

Polisi memberlakukan lalu lintas satu arah untuk mengantisipasi kemacetan di lokasi episentrum gempa Cianjur di Kecamatan Cugenang, Jalan Raya Cianjur-Puncak.

NEWS | 3 Desember 2022

Sosok Inspiratif Bidang Kesehatan Tampil di HUT Ke-65 Astra

Mengusung tema "Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama", HUT ke-65 Astra ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat berbagi semangat positif dan optimisme. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

Ratusan Korban Banjir Pati Mulai Terserang Penyakit

Ratusan korban banjir pati mulai terserang penyakit. Tim Dokkes Polres Pati bersama Puskesmas Tambakromo pun membuka pengobatan gratis. 

NEWS | 3 Desember 2022

Cerita Petani Jamur Bisa Bikin Wisata Edukasi Berkat Ganjar, Kok Bisa?

Setelah tempat usahanya di Kecamatan Borobudur, Magelang didatangi Gubernur Ganjar Pranowo. Usahanya semakin laris dan dikunjungi hingga 1000-an orang.

NEWS | 2 Desember 2022

Ketua Umum IDI: Vaksinasi Upaya Pencegahan Penyakit Menular

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi menyatakan, kasus polio di Aceh menjadi pelajaran semua pihak bahwa vaksinasi merupaya upaya pencegahan penyakit menular.

NEWS | 3 Desember 2022

Siapkan SDM Unggul, Jokowi Minta Guru Perhatikan 3 Hal Ini

Dalam sambutan di HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) 2022, Presiden Jokowi meminta para guru memperhatikan tiga hal dalam menyiapkan SDM unggul. 

NEWS | 3 Desember 2022

Lukisan Karya Anak Disabilitas di Bus Transjakarta Buat Orang Tua Bangga

Guru dan para orang tua bangga karena anak-anak disabilitas sudah tuntas melukis di badan bus Transjakarta pada Hari Disabilitas Internasional.

NEWS | 3 Desember 2022

Polda Sulsel Klarifikasi Video Viral Polisi Bongkar Kebobrokan Polri

Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) mengklarifikasi video viral soal pengakuan seorang polisi Tana Toraja, Aipda Aksan yang membongkar kebobrokan institusi Polri.

NEWS | 3 Desember 2022

Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

Dua pekan setelah gempa Cianjur pada 21 November lalu jumlah pengungsi yang tinggal di tenda-tenda pengungsian terus berkurang.

NEWS | 3 Desember 2022

IDI: Kasus Polio di Aceh Jadi Pelajaran Pentingnya Vaksinasi

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi mengatakan kasus polio di Aceh menjadi pelajaran penting bagi pemerintah dan masyarakat akan pentingnya vaksinasi.

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Apriyani/Fadia Siap Bersaing di BWF World Tour Finals 2022

Apriyani/Fadia Siap Bersaing di BWF World Tour Finals 2022

SPORT | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE