Logo BeritaSatu

Pasca-insiden MTsN 19, Kemendikbudristek Petakan Sekolah Rawan Bencana

Jumat, 7 Oktober 2022 | 15:07 WIB
Oleh : Vento Saudale / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) berencana melalukan pemetaan sekolah-sekolah yang lokasinya rawan bencana.

Hal itu dikatakan, Staf Ahli Bidang Hubungan Kelembagaan dan Masyarakat Kemendikbudristek Muhamad Adlin Silah usai mendampingi Mendikbudristek, Nadiem Makarim meninjau lokasi MTsN 19 di Pondok Labu, Jakarta Selatan, Jumat, (7/10/2022).

Advertisement

Adlin mengatakan, pacakejadian banjir yang menerjang MTsN 19 dan menewaskan 3 siswa karena tertimpa tembok yang runtuh, Kemendikbudristek akan melakukan pemetaan sekolah-sekolah yang berada di wilayah rawan bencana.

"Pun kejadian ini di luar kewenangan kami, karena MTs di bawah Kemenag, ini menjadi bahan evaluasi Kemendikbudristek untuk melakukan pemetaan sekolah-sekolah non-MTs yang berada di daerah rawan bencana," kata Adlin.

Nantinya, pihak kementerian akan berkoordinasi dengan dinas di setiap provinsi untuk melakukan pemetaan daerah rawan bencana akibat curah hujan yang tinggi di musim penghujan.

"Belum, belum (pemetaan). Pertama kita berkoordinasi dengan dinas-dinas setiap provinsi, terutama di daerah-daerah di Jawa Barat dan DKI untuk melakukan mapping. Risiko-risiko yang kemungkinan muncul akibat curah hujan yang tinggi, juga dengan madrasah-madrasah yang ada di Kementerian Agama," paparnya.

Tidak hanya melakukan pemetaan, kementerian juga akan membuat panduan manajemen risiko untuk guru dan siswa agar mewaspadai dalam mengahadapi potensi bencana.

"Kita akan membuat semacam SOP, karena manajemen risiko itu penting ya di musim hujan seperti ini. Terutama sekolah-sekolah yang memang dekat dengan bantaran kali untuk melakukan hal-hal yang antisipatif, supaya tidak menimbulkan korban yang lebih banyak," jelas Adlin.

Adlin menambahkan, kedatangan Menteri Nadiem ke lokasi sekolah pertama turut berbela sungkawa atas meninggalkan 3 siswa MTsN 19 dalam bencana banjir pada Kamis (6/10/2022) kemarin.

"Meskipun kami merasa, MTsN 19 ini bukan di bawah Kemendikbudristek, tapi kami ingin menunjukkan rasa prihatin kami sebagai bagian dari insan pendidikan," paparnya.

Kemdikbudristek akan terus memberikan bantuan berupa buku-buku. Diharapkan, tambah Adlin, bisa membantu siswa-siswa madrasah untuk bisa tetap belajar di tempat yang sudah direlokasi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polda Belum Pastikan Mobil yang Tabrak Mahasiswi hingga Tewas di Cianjur

Polda Jabar belum memastikan mobil yang tabrak lari mahasiswi bernama Selvi Amelia Nuraeni hingga tewas di Cianjur.

NEWS | 28 Januari 2023

Top 5 News: Eks Wali Kota Blitar Terlibat Perampokan hingga BCA Komentari Pembobolan Bank

Mantan Wali Kota terlibat perampokan dan Lukas Enembe menolak kontrol kesehatan di RSPAD merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

NEWS | 28 Januari 2023

Satu Abad NU, Denny Malik Tertantang Buat Koreografi untuk 12.000 Anggota Banser

Denny Malik mengaku tertantang menjadi koreografer bagi 12.000 anggota Banser saat puncak peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul Ulama. 

NEWS | 28 Januari 2023

Tempat Penimbunan BBM di Cilegon Kebakaran, Terdengar Suara Ledakan

Kebakaran melanda tempat penimbunan BBM di Kota Cilegon, Jumat (27/1/2023) malam. Terdengar beberapa kali suara ledakan. Sebanyak 2 mobil dan 6 motor hangus.

NEWS | 28 Januari 2023

Angkot Terbalik dan Tabrak Motor di Mandailing Natal, 1 Orang Tewas

Kecelakaan lalu lintas terjadi di Mandailing Natal. Sebuah angkot menabrak motor yang menyebabkan satu orang meninggal dan tiga lainnya terluka. 

NEWS | 28 Januari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU Digelar 7 Februari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul bakal digelar meriah dan diramaikan sejumlah musisi ternama Tanah Air pada 7 Februari 2023. 

NEWS | 28 Januari 2023

29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Sebanyak 29 rumah warga di Dusun Krajan, Desa Barat, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang rusak diterjang angin puting beliung, Jumat (27/1/2023). 

NEWS | 28 Januari 2023

KLHK Perkuat Penegakan Hukum Lingkungan yang Adil dan Nyata

KLHK memperkuat kerja sama dan kolaborasi antar pihak guna mendorong penegakan hukum lingkungan yang adil dan berdampak nyata.

NEWS | 28 Januari 2023

Ibu Mahasiswa UI: Anak Saya Ditabrak dan Dilindas, Mungkinkah Jadi Tersangka?

Ira Adi Saputra, ibu almarhum Hasya Atallah mahasiswa UI yang tewas ditabrak mengaku kecewa sang anak justru ditetapkan polisi sebagai tersangka.

NEWS | 27 Januari 2023

Jurusan Bisnis Masih Pilihan Favorit Calon Mahasiswa

Rektor IBI Kwik Kian Gie, Hisar Sirait mengatakan belajar di jurusan bisnis menjadi investasi masa depan karena membuka kesempatan di pasar kerja global.

NEWS | 28 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hari Ini, Sebagian Kota Besar di Indonesia Berawan

Hari Ini, Sebagian Kota Besar di Indonesia Berawan

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE