Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Elon Musk Tawarkan Penyelesaian Ketegangan Tiongkok-Taiwan

Sabtu, 8 Oktober 2022 | 09:29 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES
Elon Musk.

Washington, Beritasatu.com – Setelah melayangkan usulan untuk mengakhiri perang Rusia dan Ukraina yang dikecam pihak Kyiv, miliarder Elon Musk kini mengajukan tawaran untuk menyelesaikan ketegangan Tiongkok-Taiwan.

Dalam usulannya Bos Tesla ini menyatakan, Taiwan bisa menyerahkan sebagian kendalinya ke Tiongkok.

"Rekomendasi saya . . . adalah untuk mencari tahu zona administrasi khusus untuk Taiwan yang cukup enak, mungkin tidak akan membuat semua orang bahagia," ujar Elon Musk, salah satu orang terkaya di dunia, mengatakan kepada Financial Times dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada hari Jumat (7/10/2022).

Elon Musk membuat pernyataan ketika ditanya oleh surat kabar tentang Tiongkok tersebut, di mana perusahaan mobil listrik Tesla-nya mengoperasikan pabrik besar di Shanghai.

Pihak Beijing, yang mengklaim Taiwan adalah salah satu provinsinya, telah lama bersumpah untuk membawa kepulauan itu di bawah kendalinya dan tidak mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk melakukannya.

Pemerintah Taiwan sangat menentang klaim kedaulatan Tiongkok dan mengatakan hanya 23 juta penduduk pulau itu yang dapat memutuskan masa depannya sendiri.

"Dan itu saya pikir mungkin, pada kenyataannya, bahwa mereka dapat memiliki pengaturan yang lebih lunak daripada Hong Kong," jelas Elon Musk, seperti dikutip oleh surat kabar itu.

Pabrik Shanghai menyumbang sekitar setengah dari pengiriman global Tesla tahun lalu. Elon Musk juga mengatakan Tiongkok telah meminta jaminan bahwa dia tidak akan menawarkan layanan Internet Starlink dari perusahaan roket SpaceX-nya di sana.

Elon Musk mengatakan dia memperhitungkan bahwa konflik atas Taiwan tidak dapat dihindari dan memperingatkan dampak potensialnya tidak hanya pada Tesla, tetapi juga pada pembuat iPhone Apple dan ekonomi yang lebih luas. Wawancara itu tidak merinci terkait pernyataannya itu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CNA/AP


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI