Logo BeritaSatu

Kepada KY, Penyuap Hakim Agung Sudrajad Ungkit Penyakit di MA

Senin, 10 Oktober 2022 | 18:48 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Tersangka penyuap hakim agung Sudrajad Dimyati, yakni pengacara Yosep Parera membenarkan telah diperiksa oleh Komisi Yudisial (KY) terkait kasus hukumnya. Ketika menjalani pemeriksaan, ia mengungkit soal adanya penyakit hukum di Mahkamah Agung (MA) yang rawan memicu praktik korupsi.

“Saya menjelaskan tentang patologi hukum atau penyakit hukum yang diidap di dalam Mahkamah Agung, khususnya jajaran struktural seperti panitera, penerima berkas, dan lain sebagainya,” ungkap Yosep usai diperiksa di gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (10/10/2022).

Advertisement

Yosep telah menyampaikan informasi yang valid ke pihak KY dalam pemeriksaan kali ini. Dia berharap informasi itu bisa menjadi dasar untuk melakukan pembenahan di MA. Hal itu karena, dijelaskan Yosep, semua pengacara yang menjalankan praktik hukum tersandera oleh sistem.

“Setiap laporan yang kami berikan kepada KY ataupun kepada hakim pengawas pada MA khususnya di dalam bidang peradilan itu tidak pernah ditanggapi, sehingga mau tidak mau, semua struktur masyarakat atau budaya sangat terpengaruh di dalam komponen terakhirnya. Mau tidak mau semua masyarakat itu pasti mengeluarkan dana untuk mencapai keadilan,” tutur Yosep.

Yosep mengungkapkan praktik suap yang dilakukan olehnya semata-mata supaya perkaranya bisa sampai ke meja hakim agung. Demi hal itu, pihaknya pada akhirnya perlu mengeluarkan biaya.

“Membayar kepada siapa? Kepada struktural bawahnya. Jadi, mereka-mereka yang menangani perkara di bawahnya, menerima berkas dan sebagainya. Itu yang saya jelaskan pada KY, untuk lebih lengkapnya nanti biar KY yang sampaikan. Intinya seperti itu,” ungkap Yosep.

Dia mengungkapkan telah menangani ratusan perkara di MA. Dari perkara-perkara tersebut, hampir semuanya dikabulkan oleh MA tanpa perlu membayar uang sama sekali. “Jadi, hakim agung sebenarnya pada beres, permainannya ada di bawah,” tutur Yosep.

Sebelumnya, KY menjalankan pemeriksaan terhadap sejumlah pihak terkait dugaan suap dalam penanganan perkara di MA yang menjerat hakim agung Sudrajad Dimyati serta hakim yustisial Elly Tri Pangestu. Kali ini, KY memeriksa para tersangka pemberi suap ke Sudrajad dan tersangka lainnya di kasus tersebut.

Para pihak yang diperiksa yakni dua pengacara bernama Eko Suparno (ES) dan Theodorus Yosep Parera, serta dua debitur KSP Intidana Heryanto Tanaka (HT) dan Ivan Dwi Kusuma Sujanto (IDKS).

“Pemeriksaan yang berlangsung hari ini dilakukan terhadap tersangka TYP, ES, HT, dan IDKS,” kata Juru Bicara KY Miko Ginting dalam keterangannya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Komnas Harapkan Masalah Biaya Haji Tidak Dipolitisasi

Ketua Komisi Nasional Haji dan Umrah (Komnas Haji) Mustolih Siradj berharap isu biaya haji 2023 tidak dipolitisasi.

NEWS | 28 Januari 2023

Selamatkan Lahan Kritis, Ganjar Tanam 1.500 Pohon di Area Rawan Longsor-Banjir Bandang

Penanaman pohon di lahan kritis yang berada di Desa Nyemoh, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang juga dilakukan Ganjar Pranowo untuk mencegah banjir bandang.

NEWS | 29 Januari 2023

Aksi Pembakaran Al-Quran, Gus Yahya: Rasmus Paludan Orang Putus Asa

Gus Yahya menyangkan sikap Rasmus Paludan, ekstremis sayap kanan, dan politisi rasialis Swedia-Denmark, yang kembali melakukan aksi pembakaran Al-Quran.

NEWS | 28 Januari 2023

Pelaku UMKM Bandung Raya Dapatkan Pelatihan Wirausaha

Pelatihan kewirausahaan praktis bagi warga UMKM di Bandung Raya sebagai bagian dari solusi dalam membuka peluang usaha baru untuk meningkatkan kesejahteraan.

NEWS | 29 Januari 2023

Warga Bangka Gelar Festival Busana dari Sampah

Warga Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Bangka Belitung, menggelar festival busana dari sampah plastik, Sabtu (28/1/2023). 

NEWS | 28 Januari 2023

Ini Upaya Pengembangan Komunitas UMKM di Kampung Kerang Cilincing

OMG Jakarta menggagas upaya pengembangan produk lokal yang dihasilkan oleh UMKM di wilayah Kampung Kerang, Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara.

NEWS | 28 Januari 2023

Ramalkan Perang Lawan Tiongkok di 2025, Jenderal AS Ini Minta para Perwira Bersiap

Seorang jenderal AS memprediksi negaranya akan perang lawan Tiongkok di 2025 telah mengirim memo kepada para perwira yang dia perintahkan untuk bersiap-siap.

NEWS | 28 Januari 2023

Sopir Audi A8 Jadi Tersangka Kecelakaan yang Tewaskan Mahasiswi Cianjur

Pengemudi sedan Audi A8 hitam ditetapkan sebagai tersangka kasus kecelakaan yang mengakibatkan mahasiswi Cianjur, Selvi Amalia Nuraini meninggal dunia.

NEWS | 28 Januari 2023

Jokowi: Tahun Ini Jadi Momen Kebangkitan Pariwisata

Presiden Jokowi menyatakan tahun 2023 menjadi waktu yang sangat baik untuk bangkit dan menggenjot sekencang-kencangnya pertumbuhan sektor pariwisata Indonesia.

NEWS | 29 Januari 2023

Komnas Minta DPR Segera Beri Putusan Biaya Haji 2023

Ketua Komisi Nasional Haji dan Umrah (Komnas Haji) Mustolih Siradj mendorong Komisi VIII DPR untuk segera memutuskan besaran biaya haji 2023.

NEWS | 28 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Komnas Harapkan Masalah Biaya Haji Tidak Dipolitisasi

Komnas Harapkan Masalah Biaya Haji Tidak Dipolitisasi

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE