Logo BeritaSatu

Sandiaga Uno Optimistis Kunjungan Wisatawan Mancanegara Meningkat

Selasa, 11 Oktober 2022 | 14:50 WIB
Oleh : Novy Lumanauw / CLA

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno optimistis, target kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun ini sekitar 1,8 juta hingga 3,6 juta orang dapat tercapai.

Optimisme itu muncul seiring meningkatnya minat dan kepercayaan wisatawan mancanegara terhadap Indonesia.

Advertisement

"Alhamdulillah, kita melihat demand untuk ke Indonesia ini tinggi. Jadi kami memastikan bahwa dengan beberapa kegiatan untuk mengonversi minat ke kunjungan itu bisa kita lakukan dalam beberapa bulan ke depan sehingga nanti di (tahun) 2023, target yang meningkat secara tajam, hampir dua kali lipat, bisa kita capai dengan jumlah tambahan penerbangan," kata Sandi dilansir dari laman Sekretariat Kabinet, Selasa, (11/10/2022).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia hingga Agustus 2022 telah mencapai 1,86 juta orang. Sandi memperkirakan hingga akhir tahun 2022, jumlah itu dapat mencapai 2,5 juta orang.

"Alhamdulillah target sangat dalam posisi bisa kita capai dalam ambang batas tengah, jadi karena 1,8--3,6 juta, maka ambang batas tengahnya itu kita lihat sekitar 2,5 juta bisa tercapai," ujar dia.

Meningkatnya angka kunjungan wisatwan mancanegara ke Indonesia selain tidak lepas dari semakin pulihnya kepercayaan masyarakat dunia terhadap pariwisata Indonesia, juga ditopang oleh penyelenggaraan berbagai event internasional, khususnya rangkaian Presidensi G-20 Indonesia yang puncaknya akan berlangsung pada November 2022 di Bali.

"Acara G-20 ini, tentunya sangat patut kita syukuri bahwa sektor-sektor kuliner, fesyen, dan kriya ini tumbuh dan berkembang. Alhamdulillah, ini sudah membuka 33 ribu lapangan kerja baru, peningkatan konsumsi domestik sudah sampai Rp1,7 triliun dan meningkatkan citra positif kita,” jelas dia.

Ia berharap, saat lepas G-20 dan memasuki masa liburan, jumlah penerbangan akan semakin ditambah, sehingga harga tiket pesawat dapat lebih terjangkau. Ia juga berharap penambahan tersebut diiringi dengan peningkatan keterisian kursi.

“Harapan bagi kita tentunya harga tiket pesawat ini akan berangsur turun karena semakin banyak penambahan jumlah penerbangan. Bali baru saja ditambah beberapa jumlah penerbangan, juga ada penambahan jumlah penerbangan ke beberapa destinasi seperti Labuan Bajo, tentunya kita sangat syukuri,” ujarnya.

Selain wisatawan mancanegara, lanjut Sandi, Kemenparekraf juga terus berupaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara (wisnus). Upaya ini sejalan dengan imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar masyarakat berwisata di dalam negeri saja, karena Indonesia kaya akan potensi wisata.

"Kita ditargetkan untuk menambah pergerakan wisatawan nusantara sampai 1,4 miliar orang. Karena, kita jauh tertinggal dibanding Tiongkok, dibanding Australia, yang pergerakan kunjungan wisatawan nusantaranya jauh lebih tinggi dibanding kita," ujarnya.

Sandi secara khusus mengundang para investor untuk berinvestasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif karena memiliki potensi yang sangat besar.

"It’s time to invest now, karena di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif banyak peluangnya, terutama di sektor-sektor unggulan seperti hotel, restoran, dan kafe. Ini sekarang peminatnya luar bisa, seperti di Danau Toba, tapi suplainya kurang. Harapan ke depan bahwa US$ 6--8 miliar yang kita akan tarik berinvestasi ini akan menciptakan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Menkes Ingatkan Diabetes Adalah Ibu dari Segala Penyakit

Diabetes merupakan ibu dari segala penyakit, sehingga dapat memicu penyakit katastropik lain seperti jantung, strok, dan gagal ginjal.

NEWS | 3 Februari 2023

Siapkan Lulusan Ahli Penyakit Ikan, KKP Dukung MBKM Perikanan

KKP mendukung program MBKM sektor Perikanan yang dicanangkan oleh Sekolah Perikanan maupun Fakultas Perikanan.

NEWS | 3 Februari 2023

Kode dari Surya Paloh ke Megawati, Hasto: Itu Kode Apa?

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menanggapi dingin kode yang diberikan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh untuk menemui Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri.

NEWS | 3 Februari 2023

Polisi Buru Kejar OTK Pelaku Penembakan Terhadap Calon Anggota DPD RI

Personel polisi tengah melakukan pencarian terhadap dua pelaku penembakan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dapil Bengkulu yaitu Rahiman Dani.

NEWS | 3 Februari 2023

OTK Tembak Calon Anggota DPD RI Dapil Bengkulu dari Jarak Dekat

Rahimandhani ditembak oleh orang yang tidak dikenal dari jarak dekat saat akan melaksanakan salat Jumat (3/2/2023).

NEWS | 3 Februari 2023

Menkes Sebut 13% Masyarakat Indonesia Terkena Diabetes

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) 2023 terdapat 13% atau 35 juta dari 270 masyarakat Indonesia yang terkena diabetes.

NEWS | 3 Februari 2023

Baiquni Wibowo Sebut Vonisnya Akan Jadi Catatan Buruk Penegakan Hukum

Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J, Baiquni Wibowo, mengatakan, vonis penjara atas dirinya akan menjadi catatan buruk penegakan hukum di Indonesia.

NEWS | 3 Februari 2023

Sero Survei: 99% Penduduk Indonesia Sudah Miliki Antibodi Covid-19

Proporsi penduduk dengan kadar antibodi SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 mencapai 99 persen dari total populasi berdasarkan hasil serologi survei terbaru.

NEWS | 3 Februari 2023

Sail Teluk Cenderawasih Kesempatan Papua Tunjukkan Kebersamaan Bangun Daerah

Luhut Pandjaitan mengatakan Sail Teluk Cenderawasih menjadi panggung bagi Papua menunjukkan semangat dan kebersamaan membangun daerah.

NEWS | 3 Februari 2023

Gunung Kerinci Kembali Erupsi dengan Disertai Gempa Tremor

Gunung Kerinci kembali mengalami erupsi pada Jumat (3/2/2023) dengan disertai gempa tremor dengan amplitudo 0,5 hingga delapan milimeter.

NEWS | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menkes Ingatkan Diabetes Adalah Ibu dari Segala Penyakit

Menkes Ingatkan Diabetes Adalah Ibu dari Segala Penyakit

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE