Logo BeritaSatu

Peringatan 20 Tahun Bom Bali 1, Ini Cerita Pelatih Bali United soal Tragedi Tersebut

Rabu, 12 Oktober 2022 | 09:11 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Bali, Beritasatu.com - Tragedi Bom Bali I terjadi pada 12 Oktober 2002, dengan tiga bom meledak yakni di Sari Club, Padddy’s Bar, serta satu bom di depan Konsulat Amerika.

Akibat peristiwa ini setidaknya terdapat 202 korban dari 20 negara yakni di antaranya Indonesia, Inggris, Amerika Serikat, Brasil, Jerman, Afrika Selatan, Selandia Baru dan beberapa negara lainnya. Adapun Australia menjadi negara dengan jumlah korban paling banyak, yaitu sebanyak 88 orang meninggal dunia.

Advertisement

Pada hari Selasa (11/10) tahun 2022 ini, peringatan tragedi duka ini telah berlalu 20 tahun silam. Namun, peristiwa berdarah tersebut akan terus menjadi sejarah kelam yang dialami pulau dewata dan diketahui seluruh dunia.

Setelah berlalu 20 tahun silam, ternyata meninggalkan cerita menarik dari seorang pelatih kepala Bali United, Stefano Cugurra alias Teco. Pada saat itu, ia masih berusia 28 tahun dan sudah menjadi pelatih di Brasil.

Tepatnya, ia mengawali kariernya pada tahun 2000 sebagai bagian dari staf kepelatihan klub Amerika Serikat, NSA Football Club da Florida sebagai pelatih fisik. Di tahun yang sama, ia juga berkiprah di Liga Italia sebagai pelatih kebugaran klub Brescia U-17.

Peringatan 20 Tahun Bom Bali 1, Ini Cerita Pelatih Bali United soal Tragedi Tersebut
Monumen Bom Bali.

Teco juga sempat menjadi pengamat teknis untuk tim nasional Brasil U-17 dan U-19 hingga tahun 2002. Pada tahun inilah, tragedi duka dunia itu terjadi di Pulau Bali yang berada di Indonesia.

Teco yang berada di Brasil memiliki rekan sejawat di lapangan hijau yang juga berkarier lebih dulu di Indonesia. Pada saat peristiwa bom Bali itu terjadi, teman-teman Teco dari Brasil tersebut juga berada dekat di lokasi kejadian.

“Saya ada di Brasil dan banyak lihat berita mengenai tragedi waktu itu. Tapi saya ada beberapa teman yang juga pelatih dan pemain berkarier di Indonesia. Saya tahu cerita mereka pada waktu bom Bali itu, beberapa teman saya ini ada di Bali. Mereka juga mau ke lokasi kejadian pada malam itu, namun sebelum tiba di lokasi, satu teman mampir untuk berhenti dan beli minum. Saat membeli minum itulah bom meledak," ungkap Coach Teco mengenang kejadian pada waktu itu dilansir laman resmi Bali United, Rabu (12/10/2022).

"Teman saya selamat dan merasa seperti lahir kembali dari kejadian itu. Banyak korban yang meninggal dunia pada waktu itu. Mudah-mudahan tidak ada lagi kejadian sedih ini di Indonesia atau pun di tempat lainnya,” lanjut Teco.

Baca selanjutnya
Pasca-kejadian tragedi duka yang mengguncang dunia pada waktu itu, ekonomi sempat ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jasad 3 Penyanyi Rap yang Hilang Ditemukan di Ruang Bawah Tanah Detroit

Jasad dari tiga penyanyi rap yang hilang pada akhir Januari lalu telah ditemukan di ruang bawah tanah sebuah gedung apartemen.

NEWS | 4 Februari 2023

Ganjar Akan Keliling Jateng Tampung Usulan Masyarakat

Ganjar Pranowo akan keliling enam eks kerasidenan di Jateng untuk menampung usulan masyarakat secara detail.

NEWS | 4 Februari 2023

Kuasa Hukum Tetap Yakin Sugeng Bukan Penabrak Mahasiswi di Cianjur

Yunyun Taraga, kuasa hukum Sugeng Guruh Gautama, tersangka kasus tabrak lari mahasiswi di Cianjur Selvi Amelia Nuraini, tetap yakin kliennya tidak bersalah.

NEWS | 4 Februari 2023

Suami Kapak Istri Gara Gara Sering Main Handphone

Seorang suami berinisial SRN (42), tega menganiaya dan kapak istrinya berinisial NH (33). Itu gara gara korban sering kepergok main handphone.

NEWS | 3 Februari 2023

Kementerian Perhubungan Bakal Bangun Dry Port di Bener Meriah

Kementerian Perhubungan menyatakan bakal membangun dry port di Kabupaten Bener Meriah, Aceh guna mendekatkan proses ekspor kepada pelaku usaha.

NEWS | 4 Februari 2023

99% Penduduk Punya Antibodi, Vaksinasi Covid-19 Tetap Penting

Vaksinasi Covid-19 booster kedua tetap penting dipenuhi, meski 99 persen penduduk telah memiliki kadar kekebalan tubuh terhadap risiko infeksi SARS-CoV-2.

NEWS | 4 Februari 2023

Geram, Warga Bogor Bubarkan Tawuran Pelajar yang Terjadi Tiap Jumat

Warga geram karena tawuran pelajar bandel seringkali terulang, khususnya tiap Jumat seusai bubaran sekolah.

NEWS | 3 Februari 2023

Bawa Sabu 1,9 Kilogram, Dua Kurir Narkoba Dibekuk Polisi

Dua orang kurir narkoba dibekuk lantaran kedapatan membawa narkoba jenis sabu-sabu seberat 1,9 kilogram, yang disembunyikan di dalam kamar hotel.

NEWS | 3 Februari 2023

Mobil Pengiring Pengantin Terguling di Jombang, Belasan Penumpang Luka-luka

Sebuah mobil pengiring pengantin terguling di Jombang. Dalam kecelakaan tunggal itu, belasan penumpang mengalami luka-luka.

NEWS | 3 Februari 2023

BMKG: Waspadai Peluang Gelombang Tinggi, 4-5 Februari 2023

Masyarakat pesisir diminta untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi hingga enam meter di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 4-5 Februari 2023.

NEWS | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jasad 3 Penyanyi Rap yang Hilang Ditemukan di Ruang Bawah Tanah Detroit

Jasad 3 Penyanyi Rap yang Hilang Ditemukan di Ruang Bawah Tanah Detroit

NEWS | 21 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE