Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Luhut: Indonesia Perlu Waspada, Perang Ukraina-Rusia Masih Lama

Rabu, 12 Oktober 2022 | 11:30 WIB
Oleh : Yustinus Paat, Pudja Lestari / FMB
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) didampingi Executive Chairman B Universe Enggartiasto Lukita, memberikan keterangan pers usai mengikuti Investor Daily Summit 2022, di Jakarta, Rabu, 12 Oktober 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengingatkan bangsa Indonesia untuk tetap waspada menghadapi ketidakpastian situasi dunia saat ini. Terutama, kata Luhut, situasi perang Ukraina-Rusia yang bisa berlangsung lama.

"Mengenai perang Ukraina, dari sumber-sumber yang saya dapat dan itu tidak ada tanda-tanda akan mereda. Itu bisa akan lama," ujar Luhut saat memberikan sambutan khusus di acara Investor Daily Summit 2022 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Rabu (12/10/2022).

Menurut Luhut, Amerika Serikat dan negara-negara Eropa juga memprediksi hal yang sama, bahwa perang Ukraina dan Rusia akan berlangsung lama. Apalagi, kata dia, belakangan ini, Rusia kembali memborbardir Kiev dan sejumlah kota di Ukraina.

"Kalau hari ini kita lihat, bagaimana Rusia bombardir Kiev lagi dan beberapa kota lain di Ukraina, itu akan menambah keadaan tidak bagus," tandas dia.

Dampak nyatanya, kata Luhut, minyak dan pangan dari Rusia dan Ukraina tidak bisa diekspor ke negara-negara lain. Kondisi ini akan berpengaruh pada situasi global.

"Jadi sampai kapan akan terjadi, kita tidak tahu. Artinya kalau tidak tahu, maka minyak dari Rusia, pangan dari Rusia dan Ukraina, tidak akan bisa mereka ekspor ke tempat lain," ungkap dia.

Belum lagi, lanjut Luhut, ancaman nuklir yang semakin nyata yang membuat situasi global makin tidak pasti. Karena itu, kata Luhut, semua elemen bangsa perlu kompak dan bekerja sama untuk menghadapi ketidakpastian global tersebut.

"Kita aware juga melihat ini, jangan kita hanya melihat ke dalam saja yang relatif oke, di luar itu bisa terjadi macam-macam," pungkas Luhut.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI