Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Soal Bertemu Putin di G-20, Biden Minta Syarat Ini

Kamis, 13 Oktober 2022 | 11:07 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR
Joe Biden dan Vladimir Putin

Washington, Beritasatu.com- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menetapkan syarat untuk bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di KTT G-20. Seperti dilaporkan RT, Rabu (12/10/2022), Presiden AS mengaku "tidak berniat" untuk bertemu dengan rekannya dari Rusia, kecuali jika Putin mendekatinya terlebih dahulu.

Biden mengatakan enggan bertemu dengan Vladimir Putin pada KTT G-20 mendatang di Bali untuk membicarakan Ukraina. Namun kemungkinan akan terbuka jika pemimpin Rusia itu mendekatinya terlebih dahulu untuk membahas masalah seperti pembebasan bintang WNBA Brittney Griner yang saat ini dipenjara. di Rusia.

Berbicara kepada CNN Jake Tapper pada Selasa (11/10), Biden membahas berbagai masalah yang mengganggu hubungan Rusia-AS dan mengutuk dugaan ancaman Putin untuk menggunakan senjata nuklir dalam konflik militer dengan Ukraina.

Ketika ditanya apakah Biden bersedia bertemu dengan pemimpin Rusia di KTT G20 pada bulan November, Biden berkata: “Dengar, saya tidak berniat bertemu dengannya. Tetapi misalnya, jika dia datang kepada saya di G-20 dan berkata 'Saya ingin berbicara tentang pembebasan Griner,' saya akan bertemu dengannya. Maksudku, itu akan tergantung.”

Brittney Griner adalah bintang Asosiasi Bola Basket Nasional Wanita dan peraih medali emas Olimpiade yang ditahan di bandara Moskwa pada Februari karena memiliki kartrid vape yang diisi dengan minyak ganja. Griner mengaku bersalah atas tuduhan kepemilikan narkoba dan dijatuhi hukuman sembilan tahun penjara oleh pengadilan Rusia pada 4 Agustus.

Biden menegaskan tidak ada “orang lain” yang siap untuk bernegosiasi dengan Rusia tentang apa pun yang terkait dengan Ukraina. Dengan demikian, pertemuan antara kedua pemimpin akan bergantung pada khususnya apa yang ingin dibicarakan Putin.

“Dia bertindak brutal. Saya pikir dia melakukan kejahatan perang. Jadi, saya tidak melihat alasan untuk bertemu dengannya sekarang," kata Biden.

Biden dan Putin belum berbicara satu sama lain secara langsung sejak sebelum Rusia meluncurkan operasi militernya di Ukraina pada akhir Februari. Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov sebelumnya mengatakan bahwa Kremlin akan mempertimbangkan pertemuan semacam itu, tetapi belum menerima proposal dari Washington.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI