Logo BeritaSatu

Mendes: Keramahan Kunci Ciptakan Daya Tarik Obyek Wisata

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 11:08 WIB
Oleh : JNS

Tidore, Beritasatu.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menegaskan keramahtamahan menjadi kunci penting dalam menciptakan daya tarik wisata.

Dalam hal ini, masyarakat sekitar obyek wisata harus turut serta menjaga kenyamanan, kebersihan serta kelestarian adat budaya yang menjadi ciri khas wisata desa.

Advertisement

Pesan ini disampaikan saat meninjau langsung obyek wisata kolam renang milik BUM Desa Garo Malaha di Desa Oba Kecamatan Oba Utara Kota Tidore, Jumat (14/10/2022).

"Itulah hospitality keramahtamahan yang bisa dimiliki bangsa kita. Itu adalah modal utama dalam mengelola bumdesa wisata. Kolam renang ini termasuk wisata yang modal utamanya adalah keramahtamahan warga. Ada kolam ikan, kolam pancing, kolam anak-anak pasti berkembang karena ramah tamahnya sudah ada," sambung Mendes PDTT.

Dalam kunjungannya, Mendes PDTT juga mengapresiasi pemilihan obyek wisata kolam sebagai salah satu unit usaha BUM Desa Garo Malaha. Ia optimis, konsep hospitality dan keramahtamahan yang di usung BUM Desa Garo Malaha akan mampu menarik pengunjung, sehingga berdampak positif untuk masyarakat sekitar.

"Bagus banget karena pasti kolam renang juga soal kesehatan. Airnya dari sumber asli sehingga tidak perlu ada pengadaan air bersih. Anak-anak dan siapapun yang menggunakan kolam renang ini tentu juga senang," terang Mendes PDTT.

Mendes PDTT juga meminta kepala desa dan pengelola BUM Desa untuk melibatkan masyarakat sekitar dalam pengelolaannya. Ia mengingatkan salah satu tujuan adanya BUM Desa yakni meningkatnya kesejahteraan warga setempat.

"Kalau ada lapak harus diisi oleh warga masyarakat desa bukan pihak lain. Supaya perputaran duit enggak ke mana-mana. Duit dana desa enggak keluar dari desa Oba. Semakin banyak duit muter di Desa Oba maka semakin jelas indikator kebahagiaannya," tegas Mendes PDTT.

Sebagai informasi BUM Desa Garo Malaha dengan unit usaha kolam renang berdiri sejak tahun 2018. Meski sempat dilanda pandemi, kondisinya masih tetap terawat dan bisa dipertahankan sampai saat ini. Total luas kolam renang adalah panjang 10 meter, lebar 17 meter, dan maksimal kedalamannya mencapai 3 meter. Dengan tarif Rp 7.000 untuk anak-anak dan Rp 10.000 untuk dewasa, obyek wisata tersebut mampu menghasilkan pendapatan hingga Rp 5 juta per hari.

BUM Desa menjadi salah satu kelembagaan ekonomi yang menyumbang peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa. Jumlah juga terus bertambah sampai 738 persen. Pada tahun 2014 terdapar 8.189 BUM Desa menjadi 60.417 BUM Desa pada tahun 2022. Tercatat pula berdirinya 6.583 BUM Desa Bersama sebagai wujud kerja sama usaha antardesa.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

5 Top News: Kabar Reshuffle, Tuntutan Bharada E hingga Tewasnya Mahasiswi Ditabrak

Selain berita mengenai perombakan kabinet atau reshuffle, berita soal tuntutan Bharada E dan juga tewasnya mahasiswi ditabrak di Cianjur mendapat perhatian besar,

NEWS | 31 Januari 2023

PKB Tunggu Parpol Pilihan Kaesang

Wakil Sekjen PKB itu berharap rencana Kaesang terjun ke politik menjadi momentum bagi para generasi Z dan milenial mengambil pilihan masuk di politik praktis.

NEWS | 31 Januari 2023

Polresta Malang Pulangkan Puluhan Aremania

Dari 107 orang yang sebelumnya diamankan, setelah diperiksa ternyata mereka mengaku tidak ikut dalam aksi demonstrasi di kantor Arema FC.

NEWS | 31 Januari 2023

Pemkot Jakpus Bangun 4 Embung Cegah Banjir di Cempaka Putih

Pemkot Jakpus membangun embung di Kecamatan Cempaka Putih untuk menampung air hujan. Selain itu, untuk mencegah potensi banjir.

NEWS | 31 Januari 2023

Covid-19 Subvarian Kraken, Pemerintah: Disiplin Prokes Diperlukan

Kemunculan Covid-19 subvarian Omicron XBB 1.5 atau Kraken mengingatkan masih perlunya memperkuat disiplin penerapan protokol kesehatan.

NEWS | 31 Januari 2023

Polda Metro Respons Pengakuan Wanita dalam Audi yang Tabrak Mahasiswi di Cianjur

Polda Metro Jaya merespons pengakuan penumpang wanita di sedan Audi A6 yang menabrak mahasiswi Selvi Amalia Nuraeni di Cianjur, hingga tewas.

NEWS | 30 Januari 2023

Politeknik Tridaya Virtu Morosi Selenggarakan Studi Vokasi Industri

Politeknik Tridaya Virtu Morosi menyelenggarakan program studi vokasi industri dan bertekad mencetak serta membentuk SDM unggul dan berkompeten.

NEWS | 31 Januari 2023

Siap-siap, Rekrutmen Calon ASN 2023 Bakal Segera Dibuka

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023 bakal segera dibuka.

NEWS | 31 Januari 2023

BPJS Kesehatan Diprediksi Kembali Defisit tahun 2024

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) memprediksi aset bersih dana jaminan sosial atau DJS kembali defisit pada tahun 2024.

NEWS | 30 Januari 2023

Polri Kirim 15 Personel Jadi Penyidik di KPK Selama 4 Tahun

Polri mengirimkan 15 personel untuk diperbantukan menjadi penyidik di KPK. Mereka akan bertugas selama empat tahun ke depan.

NEWS | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bursa AS Terkoreksi, Kenaikan 6 Hari Dow Jones Terhenti

Bursa AS Terkoreksi, Kenaikan 6 Hari Dow Jones Terhenti

EKONOMI | 14 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE