Logo BeritaSatu

Mendes: Keramahan Kunci Ciptakan Daya Tarik Obyek Wisata

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 11:08 WIB
Oleh : JNS

Tidore, Beritasatu.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menegaskan keramahtamahan menjadi kunci penting dalam menciptakan daya tarik wisata.

Dalam hal ini, masyarakat sekitar obyek wisata harus turut serta menjaga kenyamanan, kebersihan serta kelestarian adat budaya yang menjadi ciri khas wisata desa.

Advertisement

Pesan ini disampaikan saat meninjau langsung obyek wisata kolam renang milik BUM Desa Garo Malaha di Desa Oba Kecamatan Oba Utara Kota Tidore, Jumat (14/10/2022).

"Itulah hospitality keramahtamahan yang bisa dimiliki bangsa kita. Itu adalah modal utama dalam mengelola bumdesa wisata. Kolam renang ini termasuk wisata yang modal utamanya adalah keramahtamahan warga. Ada kolam ikan, kolam pancing, kolam anak-anak pasti berkembang karena ramah tamahnya sudah ada," sambung Mendes PDTT.

Dalam kunjungannya, Mendes PDTT juga mengapresiasi pemilihan obyek wisata kolam sebagai salah satu unit usaha BUM Desa Garo Malaha. Ia optimis, konsep hospitality dan keramahtamahan yang di usung BUM Desa Garo Malaha akan mampu menarik pengunjung, sehingga berdampak positif untuk masyarakat sekitar.

"Bagus banget karena pasti kolam renang juga soal kesehatan. Airnya dari sumber asli sehingga tidak perlu ada pengadaan air bersih. Anak-anak dan siapapun yang menggunakan kolam renang ini tentu juga senang," terang Mendes PDTT.

Mendes PDTT juga meminta kepala desa dan pengelola BUM Desa untuk melibatkan masyarakat sekitar dalam pengelolaannya. Ia mengingatkan salah satu tujuan adanya BUM Desa yakni meningkatnya kesejahteraan warga setempat.

"Kalau ada lapak harus diisi oleh warga masyarakat desa bukan pihak lain. Supaya perputaran duit enggak ke mana-mana. Duit dana desa enggak keluar dari desa Oba. Semakin banyak duit muter di Desa Oba maka semakin jelas indikator kebahagiaannya," tegas Mendes PDTT.

Sebagai informasi BUM Desa Garo Malaha dengan unit usaha kolam renang berdiri sejak tahun 2018. Meski sempat dilanda pandemi, kondisinya masih tetap terawat dan bisa dipertahankan sampai saat ini. Total luas kolam renang adalah panjang 10 meter, lebar 17 meter, dan maksimal kedalamannya mencapai 3 meter. Dengan tarif Rp 7.000 untuk anak-anak dan Rp 10.000 untuk dewasa, obyek wisata tersebut mampu menghasilkan pendapatan hingga Rp 5 juta per hari.

BUM Desa menjadi salah satu kelembagaan ekonomi yang menyumbang peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa. Jumlah juga terus bertambah sampai 738 persen. Pada tahun 2014 terdapar 8.189 BUM Desa menjadi 60.417 BUM Desa pada tahun 2022. Tercatat pula berdirinya 6.583 BUM Desa Bersama sebagai wujud kerja sama usaha antardesa.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kelompok Bantuan Israel Carter Pesawat Bantu Korban Gempa Turki

Dua kelompok bantuan Israel dilaporkan, telah mencarter pesawat untuk penerbangan ke Gaziantep untuk membawa personel dan peralatan bagi para korban gempa di Turki.

INTERNASIONAL | 7 Februari 2023

Korban Tewas Gempa Dahsyat Mendekati Angka 5.000 di Turki dan Suriah

Korban tewas gempa dahsyat M 7,8 sudah mendekati angka 5.000 orang di Turki dan Suriah.

INTERNASIONAL | 7 Februari 2023

Kasus Baru Gagal Ginjal Akut Anak Ditemukan di Solo

Tim Advokasi untuk Kemanusiaan mengaku telah menerima laporan adanya anak di Solo yang mengalami gejala gagal ginjal akut usai minum obat Praxion.

NASIONAL | 7 Februari 2023

Erick Thohir Jelaskan ke Jokowi Simbol Baju Banser yang Dipakainya Saat Puncak 1 Abad NU

Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan alasannya menggunakan baju Banser kepada Presiden Joko Widodo pada acara Puncak Resepsi 1 Abad NU.

NEWS | 7 Februari 2023

Video Membeludaknya Warga Nahdliyin di Puncak 1 Abad NU

Warga Nahdliyin peserta puncak resepsi 1 Abad NU di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, membeludak pada Selasa (7/2/2023) pagi.

NEWS | 7 Februari 2023

Kimia Farma: Obat Sirop Praxion Bukan Produk Perseroan

PT Kimia Farma Tbk secara tegas membantah memproduksi obat sirop penurun demam merek Praxion.

NASIONAL | 7 Februari 2023

Hadiri 1 Abad NU, Ganjar Disambut Meriah Ribuan Nahdliyin

Ganjar Pranowo menghadiri 1 Abad NU (Nahdlatul Ulama) di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/1/2023). Ganjar pun disambut meriah ribuan Nahdliyin.

NASIONAL | 7 Februari 2023

Ini Cara yang Dilakukan untuk Menghadapi Gempa Bumi

Masyarakat Indonesia wajib mengetahui cara menghadapi gempa bumi. Berikut ini adalah cara menghadapi gempa bumi. 

NEWS | 7 Februari 2023

Pilot Susi Air Kapten Philips Disandera KKB Papua?

Menajemen Susi Air masih mencari keberadaan dan nasib pilot serta penumpang Susi Air.

NEWS | 7 Februari 2023

Cegah Diabetes Anak, Batasi Konsumsi Gula Maksimal 50 Gram

Maraknya minuman berpemanis menjadi sorotan di tengah meningkatnya kasus diabetes anak.

NASIONAL | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Warunk Upnormal


# Susi Air


# Gempa Turki


# Jokowi


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pakai AI, Google Ciptakan Musik dari Rangkaian Teks

Pakai AI, Google Ciptakan Musik dari Rangkaian Teks

OTOTEKNO | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE