Logo BeritaSatu

Ibas: Ibu-ibu Harus Pintar Kelola Keuangan Rumah Tangga

Minggu, 16 Oktober 2022 | 15:55 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Ketua Fraksi Partai Demokrat (FPD) DPR Edhie Baskoro Yudhoyono atau disapa Ibas mendorong agar ibu-ibu dapat mengelola keuangan rumah tangga dengan optimal. Karenanya, FPD DPR dan Srikandi Demokrat menggelar acara bertajuk “Pelatihan Budgeting & Financial Planning Srikandi Demokrat” di ruang Abdul Muis, gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu (16/10/2022). Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Parlemen Indonesia.

“Harga-harga naik terus. Di saat terjadinya kenaikan harga yang terus menerus ini, ibu-ibu harus pintar dalam mengelola keuangan rumah tangga agar seluruh kebutuhan keluarga tetap tercukupi. Ingat, economic independence is one way for empowered women to achieve a better life,” kata Ibas.

Advertisement

Ibas mengatakan peran perempuan sangat penting dalam mengelola keuangan keluarga, apalagi di tengah tantangan ekonomi saat ini.

“Mengingat pentingnya keterampilan pengelolaan finansial bagi perempuan, khususnya ibu rumah tangga, maka pelatihan, diskusi atau sharing pengalaman terkait pengelolaan keuangan bagi perempuan memiliki peran strategis. Ini bidang yang jarang digarap, padahal sangat penting,” kata Ibas.

Dia menuturkan secara umum kebutuhan belanja rumah tangga diputuskan oleh perempuan atau istri. Belanja bulanan, kebutuhan makanan sehari-hari, baju, termasuk perabotan di rumah seringkali ditentukan oleh perempuan.

“Masalahnya, apakah ibu atau istri cukup menguasai dan bijak dalam pengelolaan uang keluarga? Pada akhirnya ini bukan hanya soal jumlah, tetapi terkait keterampilan mengelola,” tuturnya.

Baca selanjutnya
Kegiatan pelatihan diikuti para Srikandi Demokrat DPR, Srikandi Persatuan Istri Anggota ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ayah Kandung Aniaya 2 Anaknya di Cimahi, 1 Meninggal Dunia

Seorang ayah kandung berinisial A menganiaya dua anaknya di Kota Cimahi. Bahkan, akibat penganiayaan itu, satu anaknya meninggal dunia.

NEWS | 7 Februari 2023

Ratusan Ternak Sapi di Sulteng Kembali Terjangkit PMK

Kasus Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK yang menjangkit hewan ternak di Sulawesi Tengah (Sulteng) meningkat signifikan dalam beberapa waktu terakhir

NEWS | 6 Februari 2023

Mahfud: Pernyataan Pejabat Soal OTT KPK Pengaruhi Indeks Persepsi Korupsi

Opini yang dilontarkan oleh sejumlah pejabat pemerintah tentang operasi tangkap tangan atau OTT KPK turut memengaruhi penurunan Indeks Persepsi Korupsi.

NEWS | 7 Februari 2023

Gempa Turki, Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan rasa duka yang mendalam atas bencana gempa Turki, Senin (6/2/2023).

NEWS | 6 Februari 2023

Hapus Kesan Horor, Mural Hiasi Simpang Lima Rapak Balikpapan

Kawasan Simpang Lima Rapak di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, memiliki wajah baru berupa lukisan mural yang unik dan menarik.

NEWS | 7 Februari 2023

Live Instagram Saat Pesta Miras, 31 Anggota Geng Motor di Gowa Diciduk Polisi

Puluhan anggota geng motor di Gowa, Sulawesi Selatan diciduk Polrestabes Makassar saat sedang pesta miras setelah salah satu dari mereka live di Instagram.

NEWS | 6 Februari 2023

Bocah Telantar di Depok Mengaku Dipukul Ibu dengan Tongkat Bisbol

Bocah yang ditemukan telantar di pinggir rel di Dewi Sartika Depok mengaku dipukuli ibu kandungnya dengan tongkat bisbol. 

NEWS | 6 Februari 2023

Mantan Winger Chelsea Christian Atsu Dilaporkan Terperangkap di Reruntuhan Gempa Turki

Christian Atsu, mantan pemain sayap Chelsea dan Newcastle yang kini berusia 31 tahun, menjadi salah satu korban yang terperangkap di reruntuhan gempa Turki.

NEWS | 6 Februari 2023

Besok, Kemenag Gelar Ujian Nasional bagi 6.727 Santri

Kemenag akan menggelar Ujian Akhir Pendidikan Diniyah Formal Berstandar Nasional atau yang disebut dengan Imtihan Wathani bagi santri, Rabu (7/2/2023).

NEWS | 6 Februari 2023

Gunting Jari Bayi 7 Bulan, Perawat di Palembang Jadi Tersangka

Polrestabes Palembang menetapkan perawat RS Muhammadiyah sebagai tersangka. Perawat itu gunting jari bayi berusia 7 bulan hingga putus. 

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ratusan Ternak Sapi di Sulteng Kembali Terjangkit PMK

Ratusan Ternak Sapi di Sulteng Kembali Terjangkit PMK

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE