Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Tepis Isu Ijazah Palsu, Jokowi Tunjukkan Keakraban dengan Teman Kuliah di UGM

Minggu, 16 Oktober 2022 | 20:44 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FFS
Presiden Joko Widodo bertemu dengan sejumlah teman masa kuliah di Universitas Gadjah Mada di kawasan Amburakmo, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu, 16 Oktober 2022.

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan teman-teman semasa menempuh pendidikan di Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah mada (UGM). Pertemuan yang digelar di kawasan Amburakmo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Minggu (16/10/2022) ini seakan-akan ingin menepis isu ijazah palsu yang beredar di publik.

Tanpa perlu mengeluarkan kata bantahan terhadap isu tersebut, Jokowi menunjukkan kemesraan dan keakraban bersama-sama dengan teman-temannya dalam sebuah reuni kecil-kecilan.

Berdasarkan pantauan Beritasatu.com dalam video yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi datang menyapa teman-teman semasa kuliahnya hanya mengenakan kemeja lengan panjang putih dan celana panjang hitam. Ia disambut hangat oleh teman-temannya, dan mencoba mengingat nama-nama mereka sambil bersalaman.

Setelah menyalami mereka satu per satu, Jokowi menyinggung soal isu ijazah palsu yang menerpa dirinya.

“Ini loh, urusan ijazah palsu, wong sekolah, ampun, kalau enggak, kalau mahasiswa masih komplit plit, kalau yang SD sudah gimana carinya. Ada ketemu dua,” kata Jokowi menggeleng-gelengkan sambil tertawa yang diikuti dengan gelak tawa seluruh teman-temannya yang hadir.

Kemudian, seorang teman kuliah Jokowi bernama Evi mengatakan yang dipersoalkan ijazah palsu itu adalah ijazah SMA yang stempelnya ada dua, yakni SMPP 40 dengan SMAN 6 Surakarta.

“Itu program, itu program pemerintah, karena SMA 6 itu di SMPP, yang kayak dulu SMK sebelumnya apa toh, SMEA. SMEA kan jadi SMK. Begitu sebetulnya,” jelas Jokowi.

Seperti diketahui, SMAN 6 Surakarta dahulu bernama Sekolah Menengah Pembangunan Persiapan (SMPP). Pada tahun 1979, SMPP berganti nama menjadi SMAN 6 Surakarta berdasarkan SK dari Korwil Jawa Tengah. Kemudian pada tahun 1985, keluar lagi SK dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengukuhkan dari SK Kanwil Jateng menjadi SMA Negeri 6 Surakarta.

Jokowi sendiri termasuk angkatan pertama pada saat SMAN 6 Surakarta bernama SMPP. Jokowi masuk tahun 1977 dan lulus pada bulan April 1980.

“Aduh, ampun jelasinnya kayak gitu. Susah, susah. Kalau di SMA justru, kalau saya, temen saya kan kelas 3, kelas 2, kelas 1, tahu semua, karena dulu saya juara umum, enggak sombong,” ujar Jokowi tertawa yang disambut dengan tawa serentak teman-teman kuliahnya.

Masih dalam video tersebut, seorang teman kuliah Jokowi memperlihatkan foto-foto sewaktu wisuda. Terlihat Jokowi yang masa mudanya berkumis dan mengenakan kacamata berdiri di bagian tiga dari kanan barisan paling belakang.

“Ini yang wisuda loh Pak, asli ini lho Pak, masih ada tahunnya 1985,” kata salah seorang teman kuliah Jokowi.

“Yang mana saya, lah saya sudah kelihatan pakai kacamata di belakang lagi,” ucap Jokowi.

Presiden Joko Widodo (belakang, ketiga dari kanan) saat wisuda Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada.

Menanggapi pertemuan tersebut, Jokowi mengatakan kedatangannya untuk berbincang santai dengan teman-teman semasa kuliahnya.

“Pagi hari ini saya ke Yogya, kemudian mampir ke Ambarukmo, ketemu dengan teman-teman saya mahasiswa. Ada yang dulu di Perhutani, ada yang dosen, wiraswasta, di dinas, ini macam-macam. Pas hari ini kumpul ya saya ketemu, tetapi saya juga hanya sebentar, ndak lama,” kata Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo ini menerangkan teman-teman semasa kuliah yang ia temui berasal dari daerah yang berbeda-beda, mulai dari Sabang sampai Merauke. Pada pertemuan tersebut, Jokowi bersama teman-teman mengenang kembali momen semasa kuliah yang diabadikan melalui kamera saat itu.

“(Saya melihat) foto-foto waktu wisuda, ada yang foto waktu di mapala (mahasiswa pecinta alam). Saya sendiri fotonya sudah hilang, tetapi ternyata kawan-kawan masih simpan semuanya komplet,” jelas Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI