Logo BeritaSatu

Surya Paloh Ungkap Partai Paling loyalis di Koalisi Pemerintahan

Selasa, 18 Oktober 2022 | 09:41 WIB
Oleh : Yustinus Paat / LES

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh angkat bicara soal partai paling loyalis di koalisi pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Ia menggunakan gambaran sikap partai koalisi pemerintahan dalam mendukung kebijakan kenaikan harga BBM bersubsidi baru-baru ini.

Surya Paloh menyebutkan, satu-satunya fraksi koalisi pemerintahan yang mendukung dan sepakat dengan kebijakan kenaikan harga BBM tersebut adalah Fraksi Nasdem. Sementara 6 fraksi koalisi pemerintahan lainnya tidak sepakat dengan kebijakan tersebut.

Advertisement

"Enam fraksi tidak sepakat, hanya satu fraksi yang sepakat. Ini kalau tidak fraksi yang paling tolol atau paling loyalis, tidak mungkin begini. Jadi terjemahan saja, Nasdem ini partai tolol atau paling loyalis kepada Jokowi. Silakan terjemahkan," ujar Surya Paloh dalam sambutannya di acara 'Nasdem Memanggil' yang disiarkan Youtube Nasdem, Senin (17/10/2022).

Paloh mengatakan Nasdem menganggap tepat kebijakan kenaikan harga BBM tersebut. Karena itu, kebijakan tersebut bisa diterapkan untuk menjaga kontinuitas pembangunan.

"Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf mengambil sebuah kebijakan strategis, yang luar biasa, untuk apa? Untuk mengambil faedah yang lebih berarti bagi continuity pembangunan bangsa ini, mengurangi subsidi BBM. Mengurangi subsidi BBM, itu artinya kenaikan harga. Apa yang ada dalam pemikiran Nasdem? Tepatkah itu? Nasdem menganggap itu kebijakan yang tepat," tandas Surya Paloh.

Karena dianggap kebijakan paling tepat, kata Paloh, Nasdem memberikan dukungan sepenuhnya dan setulus-tulusnya kepada pemerintahan Jokowi-Ma'ruf atas kebijakan tersebut. Hanya saja, kata Paloh, dirinya heran dari 7 fraksi koalisi pemerintahan, hanya Nasdem yang menyatakan setuju.

"Karena dianggap kebijakan yang tepat, Nasdem memberikan dukungannya yang setulus-tulusnya, sepenuhnya, tetapi aneh bin ajaib, kalau di sidang dewan sana, dari 9 fraksi, ada 7 fraksi partai koalisi pemerintahan, hanya satu yang mengatakan jalan terus pemerintah dengan kebijakan kenaikan BBM ini," ungkap dia.

"Artinya apa? Artinya fraksi-fraksi atau partai lain menyatakan tidak tepat kebijakan itu. Saya sambil bercanda bilang sama Pak Jokowi, makan siang berdua, Bapak Presiden, kita punya 7 fraksi koalisi pemerintahan ini, ini mengenai kebijakan BBM, 6 fraksi tidak sepakat, hanya satu fraksi yang sepakat," tutur dia menambahkan.

Lebih lanjut, Surya Paloh mengatakan Partai Nasdem akan mendukung penuh pemerintahan Jokowi-Ma'ruf hingga sukses 2024. Pilihan politik pencapresan tidak akan mempengaruhi loyalitas Nasdem untuk mendukung pemerintahan dalam mewujudkan program-program ke depannya.

"Saya katakan Nasdem selalu menempatkan posisinya, sebagai sahabat sejatinya koalisi pemerintahan Jokowi," kata dia.

Karena itu, Surya Paloh meminta semua pihak terutama rekan-rekan di koalisi pemerintahan agar lebih matang dalam berpolitik. Sebagai politikus senior berpengalaman, Paloh sebenarnya sudah mengetahui partai mana yang sudah matang dan yang belum matang.

"Jadi, kalau mau berbicara mengenai koalisi ini, kadang-kadang sebagai ketua umum partai ini, boleh saya nyatakan juga, dengan jam terbang perjalanan kehidupan saya dalam institusi partai politik di sinilah ukuran saya melihat, mana kawan yang sudah dewasa dan matang berpolitik, mana yang masih anak-anak. Yang matang saya sudah tahu, tetapi baru belajar di taman kanak-kanak, saya juga ngeri. Ini kawan masih taman kanak-kanak berpolitiknya," pungkas Surya Paloh.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Kanjuruhan, Jaksa Putar CCTV Polisi Tembakkan Gas Air Mata ke Tribun Penonton

Bukti rekaman cctv ini dengan tujuan ingin membuktikan sesuai dakwaan yang telah disusunnya bahwa memang ada tembakan ke arah tribun penonton.

NEWS | 1 Februari 2023

Eksklusif! Presiden Jokowi Sebut Pertimbangan Politis dalam Reshuffle

Tidak seperti biasanya, Presiden Jokowi menyebut ada pertimbangan politis dalam reshuffle selain performa kementerian.

NEWS | 1 Februari 2023

Top 5 News: Menteri Nasdem Tak Hadir Ratas hingga Serial Killer Wowon Terungkap

Dua menteri dari Nasdem tidak menghadiri ratas dan terbongkarnya pembunuhan berantai Wowon Cs merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

NEWS | 1 Februari 2023

Kabar Reshuffle, Ada Agenda Internal Jokowi Hari ini

Kabar perombakan atau reshuffle kabinet pada hari ini Rabu pon (1/2/2023) makin berhembus kencang.

NEWS | 1 Februari 2023

Putusan MK soal Pernikahan Beda Agama, Menko PMK: Agar Terang Benderang

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy berharap putusan MK soal pernikahan beda agama jadi yang terbaik.

NEWS | 1 Februari 2023

Cak Imin Peringati 1 Abad NU Bersama Tuan Guru Turmudzi dan Ulama se-NTB

Cak Imin menghadiri Ijtima' Ulama Nusantara bersama Ulama se NTB yang dirangkai dengan peringatan 1 Abad Nahdlatul Ulama di Lombok Tengah.

NEWS | 1 Februari 2023

Jenazah Personel Polres Metro Kepulauan Seribu Dibawa ke Rumah Duka di Sunter

Polisi yang meninggal di Polres Metro Kepulauan Seribu di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, dibawa ke rumah duka di Sunter Agung.

NEWS | 1 Februari 2023

Ridwan Kamil Beri Lampu Hijau Istri Maju Pilwalkot Bandung

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memberi lampu hijau kepada istrinya, Atalia Praratya, maju dalam Pilwalkot Bandung.

NEWS | 1 Februari 2023

Polda Metro Selidiki Polisi Tewas di Polres Kepulauan Seribu

Polda Metro menyelidiki tewasnya anggota polisi didug berinisial Aipda I di Kantor Perwakilan Polres Metro Kepulauan Seribu, Selasa (31/1/2023).

NEWS | 1 Februari 2023

Disembunyikan di Kotak Buah, Polda Metro Jaya Sita Sabu 40 Kg

Ditresnarkoba Polda Metro Jaya menggagalkan upaya peredaran narkoba jenis sabu seberat 40 kilogram.

NEWS | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Isu Reshuffle, Surya Paloh Temui Airlangga di DPP Golkar Siang Ini

Isu Reshuffle, Surya Paloh Temui Airlangga di DPP Golkar Siang Ini

NEWS | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE