Logo BeritaSatu

Survei LSI: Banyak Pemilih Anies Tidak Percaya Polri Pascakasus Sambo

Selasa, 18 Oktober 2022 | 17:47 WIB
Oleh : Yustinus Paat / WIR

Jakarta, Beritasatu.com - Hasil terbaru survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan, pemilih bakal calon presiden (capres) 2024 Anies Baswedan lebih banyak tidak percaya Polri pascakasus Ferdy Sambo dibandingkan pemilih bakal capres 2024 lainnya. Dalam survei ini, LSI Denny JA mengambil pemilih dari lima bakal capres yang memiliki kekuatan partai dan elektabilitas.

Selain pemilih Anies yang memiliki kekuatan elektabilitas, LSI Denny JA juga mengambil pemilih dari Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang memiliki kekuatan partai, pemilih Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang memiliki kekuatan parpol dan segara tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), pemilih Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang memiliki kekuatan elektabilitas dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang memiliki kekuatan elektabilitas.

Advertisement

“Data kita dapatkan, yang menyatakan percaya atau cukup percaya terhadap Polri dari pemilih Pak Anies, ini ada 49,7 persen dan yang kurang percaya atau tidak percaya, ini ada 47,4 persen. Angkatnya kalau dilihat dari data ini, kalau dilihat dari pemilih Pak Anies, yang percaya dan tak percaya polisi hampis sama banyak, masih dalam selisih margin of error,” ujar Peneliti Senior LSI Denny JA Ardian Soba dalam konferensi secara virtual, Selasa (18/10/2022).

Soba mengatakan, pemilih Anies cenderung tidak percaya Polri karena terkait dengan kasus-kasus sebelum munculnya kasus Ferdy Sambo. Namun, dia enggan berspekulasi jika kasus yang dimaksud terkait kasus penembakan KM 50 yang melibatkan Ferdy Sambo.

“Kalau ada awalan, ada di sana (kasus KM 50), karena tentu kita tahu juga sendiri bahwa Pak Anies dianggap lebih dekat dengan kelompok-kelompok yang memang, kalau dilihat dari tipologi misalnya Islam kanannya lebih kuat mendukung Pak Anies. Ini terlihat di Jakarta, sehingga ketika kepercayaan Polri di pemilih Pak Anies imbang, buat kita bukan fakta yang mengejutkan,” ungkap Soba.

Berbeda dengan bakal capres lain, kata Soba, rata-rata mayoritas pemilihnya percaya dengan Polri. Contohnya, pemilih Puan Maharani sebanyak 69,5 persen yang percaya dengan Polri dan sebanyak 30,5 persen yang tidak percaya Polri. Begitu juga pemilih Airlangga Hartarto, mayoritas lebih percaya Polri dengan perbandingan 60 persen yang percaya dan 40 persen yang tidak percaya Polri.

“Lalu pemilih Prabowo, sebanyak 59,1 persen yang percaya Polri dan 40 persen yang tidak percaya Polri. Sementara, pemilih Ganjar sebanyak 66,8 persen yang percaya dengan Polri dan sebanyak 32,7 persen yang tidak percaya Polri,” pungkas Soba.

Survei LSI Denny JA ini dilakukan pada 11-20 September 2022 terhadap 1.200 responden dengan pengambilan sampel menggunakan metode multi stage random sampling. Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin of error dari survei plus minus 2,9 persen.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

DPR Dorong Pelaksanaan Ibadah Haji 2023 Dipersingkat Jadi 35 Hari

DPR mendorong pemerintah agar mempersingkat durasi pelaksanaan ibadah haji 2023 menjadi 35 hari.

NASIONAL | 9 Februari 2023

FKPT Jateng Ajak Masyarakat Hindari Politik Identitas

Ketua FKPT Jateng Syamsul Ma’arif mengajak masyarakat menghindari penggunaan politik identitas.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Tingkatkan Kontribusi dan Beri Pelayanan Terbaik, PLN Siapkan 6 Strategi

PLN menyiapkan 6 strategi untuk membawa perusahaan melaju kencang pada 2023 ini. PLN memaparkan 6 strategi itu dalam RDP bersama Komisi VII DPR.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Subsidi Biaya Haji Minim, DPR Usul BPKH Dibubarkan

"Kalau hanya mengandalkan 70:30 saja subsidi bagi jemaah haji kita, tidak perlu ada BPKH. Dibubarkan saja!" kata Marwan.

NASIONAL | 8 Februari 2023

Polisi Temukan Puluhan Video Dewasa Milik Pelaku Pencabulan Belasan Anak di Jambi

Polisi menemukan foto dan video dewasa dari telepon genggam milik perempuan muda pelaku pencabulan belasan anak di Jambi.

NUSANTARA | 8 Februari 2023

Menkes Sebut Biaya Vaksin Berbayar Rp 100.000 Masuk Akal

Menkes Budi Gunadi mengatakan, harga vaksin berbayar bagi masyarakat kurang mampu akan ditanggung negara melalui mekanisme Penerima Bantuan Iuran (PBI).

NASIONAL | 8 Februari 2023

Sosialisasi KUHP, Ahli Hukum Berikan Edukasi di Manokwari

Masyarakat Hukum Pidana dan Kriminologi Indonesia (Mahupiki), kembali melakukan sosialisasi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

NASIONAL | 8 Februari 2023

Cari Pilot Susi Air, Aparat Gabungan Telusuri Hutan di Nduga Papua

Aparat gabungan TNI/Polri melakukan penelusuran hutan di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan guna melacak keberadaan pilot Susi Air.

NASIONAL | 8 Februari 2023

Indonesia Emas 2045, BUMN Diharapkan Jadi Pemeran Utama

BUMN diharapkan bisa menjadi pemeran utama dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas 2045.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Usut Kasus Lahan yang Libatkan Bripka Madih, Polda Metro Gandeng BPN

Polda Metro Jaya menggandeng Badan Pertanahan Nasional atau BPN untuk mengusut kasus lahan yang melibatkan Provost Polsek Jatinegara Bripka Madih.

MEGAPOLITAN | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Peserta BPJS Kesehatan Bisa Bayar Iuran di Outlet Pegadaian

Peserta BPJS Kesehatan Bisa Bayar Iuran di Outlet Pegadaian

EKONOMI | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE