Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Besok, Roy Suryo Layangkan Eksepsi di PN Jakarta Barat

Selasa, 18 Oktober 2022 | 20:59 WIB
Oleh : Prasetyo Nugroho / BW
Roy Suryo

Jakarta, Beritasatu.com - Roy Suryo akan kembali menjalani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Barat (PN Jakbar), Rabu (18/10/2022). Besok, Roy Suryo akan melayangkan eksepsi atau pembacaan nota keberatan atas dakwaan jaksa penuntut umum (JPU).

"Iya benar besok sidang dengan agenda pembacaan eksepsi pak Roy Suryo atas dakwaan JPU," kata kuasa hukum Roy Suryo, Pitra Romadoni saat dihubungi, Selasa (18/10/2022).

Namun, kata Pitra, Roy belum bisa dipastikan bisa hadir di ruang sidang atau hanya melalui daring seperti sidang sebelumnya. "Mengenai (sidang offline) belum diputuskan oleh hakim. Iya (sementara online), semoga dalam waktu dekat sudah ada putusan hakim," tuturnya.

Sebelumnya, Rabu (13/10/2022), JPU mendakwa mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo dengan tiga pasal dalam persidangan kasus meme stupa diduga mirip Presiden Joko Widodo di Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

"Kita mendakwakan dalam bentuk dakwaan alternatif pertama Pasal 28 ayat (2) Juncto pasal 45 A UU No 19 Tahun 2016 tentang perubahan UU No 11 tentang ITE. Dakwaan kedua itu Pasal 156A UU Hukum Pidana atau ketiga pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana," kata koordinator JPU Tri Anggoro Mukti di depan majelis hakim.

Tri menjelaskan, Roy Suryo didakwa dengan pasal pertama lantaran dianggap menyebarkan informasi tidak benar terkait kenaikan harga tiket Candi Borobudur dan tidak memiliki kapasitas menjelaskan makna stupa pada Candi Borobudur.

Selain itu, Roy Suryo didakwa dengan Pasal 156A UU Hukum Pidana karena dianggap melukai perasaan atau perbuatan yang bersifat permusuhan, penyalahgunaan atau penodaan terhadap agama yang dianut di Indonesia.

"Ketiga Roy Suryo didakwa melanggar Pasal 19 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 lantaran dianggap menyiarkan kabar tidak pasti atau kabar berlebihan atau yang tidak lengkap bahwa kabar demikian akan mudah dapat menerbitkan keonaran di kalangan rakyat," kata Tri.

Atas tiga pasal yang didakwa tersebut, Roy terancam hukuman lima tahun kurungan penjara.

JPU pun memastikan akan menghadirkan para saksi fakta dan ahli di persidangan demi membuktikan dakwaan tersebut kepada hakim.

"Nanti kita lihat proses pembuktian ya, nanti kan ada saksi dan ahli," jelas Tri.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI