Logo BeritaSatu

Mendes: Teknologi Tepat Guna Tingkatkan Produktivitas Desa

Rabu, 19 Oktober 2022 | 22:02 WIB
Oleh : JNS

Cirebon, Beritasatu.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyatakan teknologi tepat guna menjadi variabel penting bagi peningkatan produktivitas warga desa.

Dalam arah kebijakan pembangunan desa, pengembangan dan penggunaan teknologi tepat guna merupakan pencapaian tujuan SDGs Desa ke-9 yaitu infrastruktur dan inovasi sesuai kebutuhan.

Advertisement

Hal tersebut disampaikan oleh Mendes PDTT pada kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara Ke XXIII di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Rabu (19/10/2022).

"Dana desa juga telah dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk teknologi tepat guna," kata Mendes PDTT yang turut didampingi oleh Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi.

Mendes PDTT menjelaskan, sejak 2015 hingga 2022 jumlah peralatan teknologi tepat guna (TTG) di desa untuk bidang pertanian sebanyak 909.900 alat, peternakan 653.908 alat, dan perikanan 450.466 alat. Dengan adanya teknologi tepat guna tersebut, desa-desa melaporkan telah berhasil meningkatkan produktivitas sektor ekonomi pertanian, perikanan, dan peternakan.

"Teknologi tepat guna menjadi variabel penting bagi peningkatan produktivitas warga desa, karenanya, teknologi tepat menjadi jalan bagi peningkatan kualitas hidup warga desa," papar Mendes PDTT.

Sesuai UU Desa No 6 Tahun 2014, lanjutnya, maka kepada kepala desa, dalam menjalankan tugas pemerintahan desa, pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan, serta pemberdayaan masyarakat desa, kepala desa harus manfaatkan teknologi tepat guna.

Selain itu, pengembangan dan penggunaan teknologi tepat guna, harus dipertimbangkan ketika pemerintah desa menetapkan prioritas program, kegiatan pembangunan desa di dalam musyawarah desa.

"Pembangunan pembangunan kawasan perdesaan, salah satunya harus ditempuh dengan pengembangan dan penggunaan teknologi tepat guna. Hal ini sesuai Pasal 83 ayat 3," kata Mendes PDTT.

Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara

Untuk diketahui, Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara merupakan acara tahunan yang digelar sejak 1999. Event ini menampilkan teknologi tepat guna dari desa terbaik masing-masing provinsi. Kegiatan ini dilombakan berjenjang dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional.

Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara Ke XXIII merupakan puncak kegiatan dari rangkaian lomba yang telah digelar sebelumnya. Kegiatan ini diikuti oleh 52 inventor yang terdiri dari Inovasi TTG dengan peserta sebanyak 20 inovator, TTG Unggulan dengan peserta sebanyak 19 inovator, dan Posyantek Desa Berprestasi sebanyak 13 Posyantek.

Mendes PDTT bersama Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyerahkan penghargaan dan hadiah untuk pemenang tiga kategori dalam Teknologi Tepat Guna ke XXIII.

Pemenang untuk Lomba Inovasi TTG yaitu Gede Suardita dari Bali dengan penemuan fertigasu berbasis Internet of Things (IoT). Sedangkan pemenang Lomba TTG Unggulan yakni Heri Irawan dari Lampung dengan penemuan mesin penepung dan pencacah serba guna. Sementara pemenang Lomba Posyantek Desa Berprestasi diraih Posyantek Mandiri Jaya Desa Balingbing, Jawa Barat.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Wah, Mantan Wali Kota Terlibat Perampokan Rumah Walkot Blitar

Samanhudi Anwar, mantan Wali kota Blitar selama dua periode, jadi tersangka kasus perampokan dan juga penyekapan di rumah Dinas Wali kota Blitar, Santoso.

NEWS | 27 Januari 2023

Kasus Mahasiswa UI Tewas Ditabrak Pajero, Tergelincir Dianggap Lalai

Mahasiswa UI, Hasya Athalah Syahputra mengerem sebelum tergelincir jatuh dan ditabrak Pajero. Hasya dianggap lalai.

NEWS | 27 Januari 2023

Bongkar Peredaran Obat Palsu dan Kedaluwarsa, Polda Metro Jaya Bekuk 11 Orang

Polda Metro Jaya membongkar peredaran obat palsu, ilegal, dan obat kedaluwarsa. Dalam kasus ini, polisi menangkap 11 orang yang merupakan produsen dan penjual.

NEWS | 27 Januari 2023

Tekan Pengangguran, Jateng Jaring Tenaga Kerja Lewat E-Makaryo

Pemprov Jateng menekan angka pengangguran dengan merangkul perusahaan untuk membuka lapangan kerja salah satunya menggunakan E-Makaryo.

NEWS | 27 Januari 2023

Dibanding 3 Tahun Terakhir, Curah Hujan Sebagian Indonesia Lebih Rendah

BMKG mengeluarkan peringatan dini terkait prediksi curah hujan yang lebih rendah dari tiga tahun terakhir, meskipun sifatnya masih normal.

NEWS | 27 Januari 2023

Rekening Penjual Burung Diblokir BCA, KPK: Kesalahan Bank

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri menegaskan rekening penjual burung diblokir BCA adalah murni kesalahan bank. 

NEWS | 27 Januari 2023

Tolak Kontrol di RSPAD, Lukas Enembe Ngotot Mau ke Singapura

KPK menyebut Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe menolak melakukan kontrol kesehatan rutin di RSPAD, dan bersikukuh untuk berobat di Singapura. 

NEWS | 27 Januari 2023

Polres Cirebon Tembak Tiga Pelaku Penjambretan Nasabah Bank

Ketiga pelaku menjambret seorang nasabah yang baru saja mengambil uang sebesar Rp 80 juta di bank di kawasan Lapangan Kebumen, Kota Cirebon.

NEWS | 27 Januari 2023

Kasus Brigadir J, Hendra Kurniawan Dituntut 3 Tahun Penjara

JPU juga menjatuhkan pidana denda terhadap terdakwa Hendra Kurniawan S.IK sebesar Rp 20 juta subsider 3 bulan kurungan.

NEWS | 27 Januari 2023

Jaksa Minta Hakim Tolak Pleidoi Ferdy Sambo

Jaksa meminta majelis hakim PN Jaksel menolak nota pembelaan atau pleidoi Ferdy Sambo yang menjadi terdakwa pembunuhan Brigadir Yosua atau Brigadir J. 

NEWS | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BRI Targetkan Kredit Mikro dan Ultra Mikro Tumbuh 8 Persen

BRI Targetkan Kredit Mikro dan Ultra Mikro Tumbuh 8 Persen

EKONOMI | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE