Logo BeritaSatu

Para Pemuka Masyarakat Dukung Mendagri Nonaktifkan Gubernur Papua

Jumat, 21 Oktober 2022 | 03:05 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Para pemuka masyarakat itu sepakat meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk segera menonaktifkan Gubernur Papua Lukas Enembe. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga diharapkan menunjuk penjabat gubernur Papua. Tujuannya agar proses pelayanan pemerintahan dan pelayanan publik dapat berjalan lancar.

“Sangat penting sekali gubernur selaku kuasa pengguna anggaran harus ada. Dengan adanya penjabat gubernur, maka semua hambatan dalam menjalankan roda pembangunan di Papua dapat teratasi,” kata Koordinator Cendekiawan Muda Papua, Paulinus Ohee, Kamis (20/10/2022).

Advertisement

Diberitakan, karena kondisi kesehatan yang belum pulih dari sakit strok, Lukas Enembe tidak dapat melantik penjabat bupati Kepulauan Yapen dan pj bupati Tolikara.

“Tolikara dan Yapen seharusnya dilantik oleh gubernur, tetapi pak gubernur mengatakan kepada saya beliau sakit, kemudian minta kepada Mendagri (untuk melantik). Wakil Gubernurnya kan tidak ada di sana,” ujar Tito di Jakarta, Senin (17/10/2022).

Diketahui, kinerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua disebut-sebut cenderung menurun. Hal ini tak hanya dikeluhkan beberapa tokoh masyarakat, tetapi juga ratusan karyawan RSUD Dok II Jayapura. Terdapat 465 tenaga kesehatan (nakes) yang bekerja di rumah sakit milik Pemprov Papua itu mengancam akan melakukan mogok kerja, lantaran sudah dua bulan tidak menerima gaji dan tunjangan.

“Ada 465 nakes yang belum terima gaji sudah dua bulan ini. Terdiri dari 69 dokter spesialis, 26 dokter umum, 380 tenaga perawat dan penunjang belum menerima hak gaji mereka,” ungkap dr Yunika Howay.

Para nakes, menurut Yunike, sangat berharap Papua dapat segera membayar hak para nakes, sehingga pelayanan di RSUD Jayapura bisa berjalan secara maksimal.

Beberapa hari ini sejumlah tokoh pemuda dan pemuka masyarakat di Bumi Cenderawasih itu mengeluhkan terjadinya penurunan pelayanan publik oleh Pemprov Papua. Lukas Enembe telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Posisi wakil gubernur Papua pun kosong, karena wafatnya Klemen Tinal pada Mei 2021.

Gifly Buiney mempunyai pengalaman pribadi ketika mengurus keperluan di kantor gubernur dan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) Papua. Dia sering tidak menjumpai pejabat yang dituju.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pelaku Kuras Rp 1,1 Miliar dari Korban Mutilasi di Bekasi

M Ecky Listhianto (MEL), pelaku mutilasi di Bekasi, menguras uang korban Angela Hindriati Wahyuningsih (AHW) sebesar Rp 1,1 miliar.

NEWS | 6 Februari 2023

Gempa Dahsyat di Turki Tewaskan 10 Orang, Guncangan Hancurkan Bangunan di Suriah

Gempa dahsyat dengan kekuatan 7,9 skala Richter melanda Turki selatan dan guncangannya dirasakan di Suriah yang sampai menghancurkan sebuah bangunan.

NEWS | 6 Februari 2023

Jokowi Ucapkan Terima Kasih kepada Prabowo dan Gerindra atas Dukungan untuk Pemerintahan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan ucapkan selamat kepada Partai Gerindra yang merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-15.

NEWS | 6 Februari 2023

Polda Metro Jaya Ungkap Fakta-fakta Baru Mutilasi di Bekasi

Polda Metro Jaya membeberkan fakta-fakta baru terkait kasus pembunuhan disertai mutilasi di Bekasi yang dilakukan Ecky terhadap Angela Hindriati.

NEWS | 6 Februari 2023

Sandiaga Uno Dampingi Prabowo di Acara HUT Partai Gerindra ke-15

Sandiaga Uno mendampingi Ketum Gerindra Prabowo Subianto pada acara perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-15 Partai Gerindra

NEWS | 6 Februari 2023

Balon Mata-mata Muncul di Wilayah Udara Kolombia

Militer Kolombia melihat objek balon mata-mata di wilayah udaranya, hanya sehari setelah jet tempur AS menembak benda terbang dari Tiongkok tersebut.

NEWS | 6 Februari 2023

1.623 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Aksi Demo Buruh di Depan Gedung DPR RI

Sebanyak 1.623 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan aksi demo buruh yang digelar di depan Gedung DPR RI, Jakarta Pusat.

NEWS | 6 Februari 2023

Percintaan Menjadi Motif Pelaku Mutilasi di Bekasi

Mutilasi di Bekasi. Latar belakang percintaan menjadi motif tersangka M Ecky membunuh disertai mutilasi terhadap korban Angela Hindriati.

NEWS | 6 Februari 2023

Waspada, Kasus Baru Gangguan Ginjal Akut Anak Kembali Ditemukan

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendapatkan laporan kasus baru gangguan ginjal akut progresif atipikal (GGAPA),

NEWS | 6 Februari 2023

Pendapatan Pengemis Saat Cap Go Meh Lebih Kecil dari Imlek

Pengemis di Tangerang mengaku pendapatannya saat Cap Go Meh lebih sedikit dibanding tahun baru Imlek 2 minggu lalu.

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pelaku Kuras Rp 1,1 Miliar dari Korban Mutilasi di Bekasi

Pelaku Kuras Rp 1,1 Miliar dari Korban Mutilasi di Bekasi

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE