Logo BeritaSatu

Mordaunt Ajukan Diri Jadi Calon PM Inggris, Johnson Dapat Dukungan

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 09:27 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

London, Beritasatu.com – Anggota kabinet Penny Mordaunt menjadi orang pertama yang secara resmi mengajukan diri jadi calon PM Inggris, sementara itu mantan pemimpin Boris Johnson pada Jumat (21/10/2022) menerima dukungan dari anggota Konservatif untuk maju kembali setelah mundurnya Perdana Menteri Liz Truss.

Penny Mordaunt, yang gagal lolos ke putaran final calon PM Inggris setelah Johnson mundur, mengatakan dia mencalonkan diri untuk "awal baru, partai bersatu dan kepemimpinan demi kepentingan nasional".

Advertisement

Truss mengumumkan pada hari Kamis bahwa dia berhenti setelah hanya 44 hari yang penuh gejolak memimpin di kantor PM Inggris.

Sebuah jajak pendapat oleh YouGov menemukan 79 persen orang Inggris menyatakan langkah Truss benar untuk mengundurkan diri, dengan 64 persen menyebutnya sebagai perdana menteri yang "mengerikan".

Jajak pendapat juga menemukan bahwa tiga dari lima pemilih menginginkan pemilihan umum awal, sejalan dengan keributan yang datang dari partai-partai oposisi ketika warga Inggris berjuang dengan krisis biaya hidup yang memburuk.

Partai Buruh dan partai-partai lain berpendapat bahwa hanya pemilihan umum yang dapat mengakhiri kekacauan politik selama berbulan-bulan, yang dipicu ketika Boris Johnson dipaksa mundur pada Juli setelah skandal pribadi dan politik tanpa henti menerpanya.

Dalam kontes yang dihasilkan, Truss memenangkan dukungan lebih dari 80.000 anggota partai Tory (Konservatif), mengalahkan Rishi Sunak, yang dengan tepat memperingatkan bahwa program pemotongan pajak berbahan bakar utangnya akan menghancurkan ekonomi.

Sekarang dengan lowongan baru yang tiba-tiba terbuka di 10 Downing Street, mantan menteri keuangan Rishi Sunak telah muncul sebagai favorit dalam jajak pendapat media dari anggota parlemen Konservatif.

Tetapi Boris Johnson dilaporkan mempersingkat liburan Karibia untuk mengambil bagian dalam kontes yang dipercepat, yang akan membuat anggota parlemen Tory mengadakan pemungutan suara pada hari Senin sebelum kemungkinan pemungutan suara online untuk para anggota minggu depan.

Anggota Konservatif Jacob Rees-Mogg, seorang loyalis utama Boris Johnson, menjadi orang pertama yang secara terbuka mendukungnya, dan mencuit "Hanya Boris yang bisa memenangkan pemilihan berikutnya."

Rekan kabinet Simon Clarke juga mendukung Boris Johnson.

Menteri Pertahanan Ben Wallace, favorit dari akar rumput Partai Tory mengatakan kepada wartawan, bahwa dia tidak berdiri sendiri dan berkata: "Saat ini, saya condong ke arah Boris Johnson."

Baca selanjutnya
Wallace mencatat bahwa Boris Johnson adalah satu-satunya pemimpin potensial dengan legitimasi ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: AFP

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pakistan Blokir Wikipedia karena Konten Penghujatan

Wikipedia diblokir di Pakistan pada hari Sabtu (4/2/2023) setelah pihak berwenang menyensor situs web karena menampung "konten yang menghujat".

NEWS | 5 Februari 2023

Paus Terlilit Jaring Nelayan Selama 4 Hari di Pantai Pasir Kandang Padang

Seekor paus terlilit tali jaring nelayan selama empat hari di Pantai Pasir Kandang, Kelurahan Pasie Nan Tigo, Koto Tangah Kota Padang Sumatera Barat. 

NEWS | 5 Februari 2023

Saksi: Hasya Mahasiswa UI Masih Bernafas Usai Kecelakaan

Aprian (21), salah satu saksi mengungkapkan Hasya Athallah Saputra, mahasiswa UI yang tewas ditabrak masih sempat bernafas usai kecelakaan. 

NEWS | 5 Februari 2023

RS Muhammadiyah Palembang Nonaktifkan Perawat yang Sebabkan Jari Bayi Putus

RS Muhammadiyah Palembang menonaktifkan perawat yang menggunting jari bayi berusia 7 bulan hingga putus. 

NEWS | 5 Februari 2023

Dianggap Berlebihan, Tiongkok Kecam AS Soal Penembakan Balon Mata-mata

Tiongkok kecam AS yang menembak jatuh balon mata-mata yang terlihat terbang di atas Amerika Utara.

NEWS | 5 Februari 2023

Akses Jalan Tertimbun Longsor, Ribuan Warga Toraja Utara Terisolasi

Ribuan warga Toraja Utara terisolasi akibat akses jalan penghubung kecamatan di Dusun Kurra, Lembang To’yasa Akung tertimbun longsor. 

NEWS | 5 Februari 2023

Elon Musk Siap Luncurkan Roket Starship pada Maret Mendatang

Bos SpaceX Elon Musk pada Sabtu (4/2/2023) mencuit di Twitter, ia akan meluncurkan sistem roket Starship pada bulan Maret mendatang.

NEWS | 5 Februari 2023

Erick Thohir dan Moeldoko Hadiri Festival Cap Go Meh di Singkawang

Menteri BUMN Erick Thohir dan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko dan menghadiri Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

NEWS | 5 Februari 2023

Cap Go Meh, Arus Wisata ke Surya Kencana Bogor Macet

Menjelang pelaksanaan puncak Cap Go Meh Bogor Street Festival kendaraan menuju kawasan Pecinan Surya Kencana, Kota Bogor padat.

NEWS | 5 Februari 2023

Konser Sheila on 7 di Pontianak Ternyata Palsu, Emak-emak Rugi Ratusan Juta

Puluhan emak-emak menggeruduk Polda Kalbar untuk melaporkan penipuan oleh event organizer (EO) konser Sheila on 7 di Pontianak yang ternyata palsu.  

NEWS | 5 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Paus Terlilit Jaring Nelayan Selama 4 Hari di Pantai Pasir Kandang Padang

Paus Terlilit Jaring Nelayan Selama 4 Hari di Pantai Pasir Kandang Padang

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE