Logo BeritaSatu

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Kemenpora Gelar Turnamen Futsal dan Bulu Tangkis

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 10:30 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / CLA

Jakarta, Beritasatu.com – Dalam menyambut peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar turnamen futsal dan bulu tangkis antar-Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP). Ajang tersebut diikuti sebanyak 24 tim dari berbagai perguruan tinggi, OKP, dan organisasi kemahasiswaan.

Plt Sesmenpora Jonni Mardizal mengatakan antara pemuda dan olahraga adalah dua elemen yang tidak bisa dipisahkan. Dalam olahraga ada nilai-nilai sportivitas yang dijunjung.

Advertisement

"Demikian juga diharapkan kawan-kawan pemuda ini dalam berorganisasi juga menjunjung tinggi nilai sportivitas. Kapan saatnya kita bertarung, kapan saatnya kita damai, dan ada saatnya kita membangun,” kata Jonni dalam keterangannya di Lapangan Kemenpora, Jumat, (21/10/2022).

Turut hadir Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Soleh, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, Tenaga Ahli Menpora Uden Kusumawijaya dan beberapa pejabat Kemenpora lainnya.

Ia juga menyampaikan, digelarnya turnamen futsal dan bulu tangkis ini bertujuan untuk memeriahkan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 yang akan jatuh pada 28 Oktober.

"Terima kasih kepada para peserta OKP dan organisasi kemahasiswaan yang sudah hadir dan mengikuti acara ini. Saya harap turnamen futsal dan bulu tangkis ini bisa menjadi forum silaturahmi dalam menyambut peringatan Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober nanti," lanjut Jonni.

Memperkuat persahabatan antarunsur mahasiswa, sekaligus mencapai fisik yang bugar menjadi tujuan lain dari gelaran turnamen futsal dan bulu tangkis ini.

"Kegiatan ini diikuti oleh unsur dari mahasiswa di lingkungan Perguruan Tinggi se-Jabodetabek. Ada organisasi intranya, dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), ada organisasi ekstra, ada juga organisasi kepelajaran," ungkap Niam Soleh.

"Kegiatan ini, selain untuk aktivitas olahraga, juga untuk menyatukan mereka di dalam persahabatan dan persaudaraan, setelah mereka beraktivitas di internal mereka masing-masing. Ini menjadi embrio kita untuk meneguhkan kebersamaan untuk memajukan Indonesia," tambahnya.

Niam juga menyatakan, komitmen persatuan itu menjadi salah satu inti dari Sumpah Pemuda. "Bagaimana merevitalisasi semangat persatuan itu di dalam konteks kekinian, di tengah tantangan lingkungan strategis yang berbeda. Spirit persatuannya harus tetap menjadi ruh, tetapi diimplementasi di dalam konteks kekinian. Jadi, bersatu untuk membangun bangsa," urainya.

Menurutnya, ajang turnamen futsal dan bulu tangkis ini juga sebagai upaya mendukung komitmen meneguhkan tema utama Hari Sumpah Pemuda, yaitu Bersatu Bangun Bangsa.

"Upaya membangun bangsa itu bukan hanya sekadar dengan ide dan gagasan, tapi harus dengan kebugaran. Olahraga mendorong kita untuk terus bugar dan pemuda memiliki peran strategis karena kondisi fisik yang kuat, yang membutuhkan kecepatan bertindak," jelas Niam.

Tim yang ambil bagian di antaranya berasal dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Krisnadwipayana, Universitas Pamulang, Universitas Borobudur, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia, DPP Mahasiswa Pancasila, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) Jakarta, dan Universitas Yarsi.

Turut serta pula tim dari Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI), PB HMI, Sapma PP, dan PB PMII, yang akan mengikuti turnamen futsal dan bulu tangkis ini.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Baiquni Wibowo Sebut Vonisnya Akan Jadi Catatan Buruk Penegakan Hukum

Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J, Baiquni Wibowo, mengatakan, vonis penjara atas dirinya akan menjadi catatan buruk penegakan hukum di Indonesia.

NEWS | 3 Februari 2023

Sero Survei: 99% Penduduk Indonesia Sudah Miliki Antibodi Covid-19

Proporsi penduduk dengan kadar antibodi SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 mencapai 99 persen dari total populasi berdasarkan hasil serologi survei terbaru.

NEWS | 3 Februari 2023

Sail Teluk Cenderawasih Kesempatan Papua Tunjukkan Kebersamaan Bangun Daerah

Luhut Pandjaitan mengatakan Sail Teluk Cenderawasih menjadi panggung bagi Papua menunjukkan semangat dan kebersamaan membangun daerah.

NEWS | 3 Februari 2023

Gunung Kerinci Kembali Erupsi dengan Disertai Gempa Tremor

Gunung Kerinci kembali mengalami erupsi pada Jumat (3/2/2023) dengan disertai gempa tremor dengan amplitudo 0,5 hingga delapan milimeter.

NEWS | 3 Februari 2023

Tak Dekat dengan Sambo, Baiquni Wibowo: Saya Tidak Pernah Utang Budi

Terdakwa Baiquni Wibowo tidak dekat Ferdy Sambo. Keduanya hanya sebatas atasan dan bawahan. Baiquni juga tidak pernah punya utang budi dengan Sambo.

NEWS | 3 Februari 2023

Prank Rabu Pon Reshuflle Menteri Jokowi, Ini Tanggapan Hasto

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto merespon isu reshuffle menteri Jokowi yang tidak jadi dilakukan pada Rabu Pon 1 Februari kemarin.

NEWS | 3 Februari 2023

Indonesia Diyakini Mampu Kembali Gaet Myanmar Aktif di ASEAN

Hikmahanto Juwana meyakini dengan Indonesia menjadi ketua ASEAN pada tahun ini dapat mengajak Myanmar aktif kembali dalam keanggotaan ASEAN.

NEWS | 3 Februari 2023

Video Detik-detik Kecelakaan Maut Mahasiswa UI di Jagakarsa

Kecelakaan maut yang menimpa mahasiswa UI terekam jelas kamera CCTV. Begini video detik-detik kecelakaan maut yang dialami mahasiswa UI itu.

NEWS | 3 Februari 2023

Menlu RI Sambut Kehadiran Perdana Perwakilan Timor Leste di Pertemuan ASEAN

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menyambut kehadiran perdana perwakilan negara Timor Leste di pertemuan ASEAN Coordinating Council di Jakarta.

NEWS | 3 Februari 2023

Kanker Salah Satu Penyakit Tertinggi Bebani BPJS Kesehatan

Menkes mengatakan kanker merupakan salah satu penyakit yang paling tinggi bebani Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan Sosial (BPJS) Kesehatan.

NEWS | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
OTK Tembak Calon Anggota DPD RI Dapil Bengkulu dari Jarak Dekat

OTK Tembak Calon Anggota DPD RI Dapil Bengkulu dari Jarak Dekat

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE