Logo BeritaSatu

Mendes PDTT: Pesantren Berperan Ciptakan SDM Unggul

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 19:50 WIB
Oleh : JNS

Probolinggo, Beritasatu.com - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyatakan negara dan pesantren merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Pesantren merupakan pilar negara dalam menciptakan sumber daya manusia unggul dari sisi karakter maupun kemampuan teknis (skill).

"Pemerintah tidak boleh jauh dari pesantren. Sejauh ini keberadaan pesantren terbukti berhasil mengelola sumber daya manusia dari berbagai macam latar belakang dan status sosial," ujar Mendes PDTT saat memberikan sambutan pada 'Penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dengan Universitas Nurul Jadid, dan dilanjutkan dengan Pelantikan DPC Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Probolinggo, Sabtu (22/10/2022).

Advertisement

Mendes PDTT mengatakan sinergitas pemerintah dan pesantren merupakan keniscayaan mutlak yang dibutuhkan oleh Indonesia. Pesantren, lanjutnya, merupakan lembaga pendidikan yang selama berpuluh bahkan beratus tahun menjadi kawah candradimuka yang mengembleng karakter berbagai ragam anak bangsa.

"Daya tahan pesantren sebagai pilar pendidikan tertua telah teruji jauh sebelum Indonesia merdeka. Hampir semua tataran kehidupan, itu ada di pesantren dan terselesaikan," katanya.

Saat ini, kata Mendes PDTT, kesadaran masyarakat untuk mengirimkan anak-anak mereka ke pesantren semakin meningkat. Tak hanya dari kalangan masyarakat menengah ke bawah, mayoritas pesantren kini juga diisi anak-anak dari kalangan menengah ke atas.

"Mulai dari anak yang nakal, yang setengah nakal, pinter, pinter banget itu ada di pesantren. Mulai dari yang kaya, orang elit, sampai sama sekali tidak punya biaya untuk sekolah, itu ada di pesantren" kata Mendes PDTT.

Sebagai penyangga peradaban, lanjut Mendes PDTT, pesantren telah banyak menuai bukti nyata sebagaimana yang diharapkan oleh para pendiri bangsa. Pesantren juga mampu mengatasi berbagai problem masyarakat di dalam maupun di luar pesantren. Tak terkecuali ikut mengarahkan berbagai masalah kebangsaan.

"Pesantren juga menangani dan menyelesaikan semua hal dalam tatanan kehidupan baik di dalam maupun di luar lingkungan pesantren. Termasuk persoalan bangsa dan negara," tutupnya.

Sebagai informasi, selain mengukuhkan DPC APDESI Probolinggo, Mendes juga memberikan sejumlah penghargaan dan lencana kepada para kepala desa yang telah berhasil mengangkat status desanya menjadi lebih baik. Serta pemberian pendaftaran pendirian badan hukum untuk beberapa BUMDes, dan bantuan pengembangan terhadap sejumlah obyek wisata di Kabupaten Probolinggo.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bupati Minta Kasus Penembakan Balon DPD RI Diungkap Tuntas

Bupati Kaur Lismidianto meminta aparat kepolisian mengungkap tuntas kasus penembakan terhadap adiknya Rahiman Dani.

NEWS | 4 Februari 2023

Jaga Lingkungan, Ganjar Adaptasi Go Green di Perencanaan Pembangunan 2023

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengadaptasi konsep go green dalam perencanaan pembangunan Jateng tahun 2023.

NEWS | 5 Februari 2023

Ganjar Pranowo Akan Kembali Naikkan Nominal Bantuan KJS

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo berencana menaikkan nominal bantuan KJS di provinsinya.

NEWS | 4 Februari 2023

Rusia-Ukraina Lakukan Pertukaran Puluhan Prajurit Tahanan

Puluhan tawanan perang Rusia dan Ukraina telah kembali ke Tanah Air mereka setelah pertukaran tahanan, kata pejabat di kedua belah pihak, Sabtu (4/2/2023).

NEWS | 4 Februari 2023

Kasus Diabetes Anak Naik 70 Kali Lipat, IDAI: Faskes Masih Kurang

Menurut dr Faizi, ketidakseimbangan fasilitas kesehatan (faskes) untuk menangani masalah diabetes anak, perlu menjadi perhatian utama pemerintah.

NEWS | 4 Februari 2023

Doa dan Harapan Orang Tua Brigadir J Jelang Vonis Ferdy Sambo

Orang tua Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat pun melantunkan doa dan harapan menjelang vonis Ferdy Sambo.

NEWS | 4 Februari 2023

Erick Thohir Minta Singkawang Bangun 5 Destinasi Wisata

Erick Thohir memotivasi pemerintah daerah dan tokoh masyarakat setempat Singkawang guna membangun destinasi lainnya agar menjadi pusat wisata.

NEWS | 5 Februari 2023

Aktivitas Gunung Bromo Meningkat

Aktivitas Gunung Bromo, Jawa Timur, meningkat. Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut.

NEWS | 4 Februari 2023

Warga Terdampak Abu Gunung Kerinci Diimbau Gunakan Masker

Warga di sejumlah desa di Kecamatan Gunung Tujuh yang terdampak semburan abu vulkanik Gunung Kerinci diminta untuk menggunakan masker saat beraktivitas.

NEWS | 5 Februari 2023

Tempat Pembuangan Akhir Burangkeng Bekasi Kelebihan Kapasitas

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, sudah kelebihan kapasitas.

NEWS | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Babak I, Penalti Fernandes Bawa Manchester United Memimpin

Babak I, Penalti Fernandes Bawa Manchester United Memimpin

BOLA | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE