Logo BeritaSatu

Vaksinasi Masif, Mentan Pastikan Sebaran PMK Terus Menurun

Senin, 24 Oktober 2022 | 14:26 WIB
Oleh : JNS

Sumatera Utara, Beritasatu.com - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan sebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) semakin menurun. Menurut Mentan, melandainya PMK dikarenakan proses vaksinasi dilakukan secara masif di seluruh Indonesia.

"Seluruh Indonesia angka sebaran PMK melandai luar biasa, termasuk pada sumbernya di Jawa Timur. Tapi tentu kita tidak boleh lengah dan gegabah karena kita terus berhadapan dengan situasi dan kondisi yang tidak menentu," ujar Mentan saat menggelar pencanangan vaksin masal di Desa Emplasmen, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (22/10/2022).

Advertisement

Menurut Mentan, siklus penyakit hewan maupun penyakit PMK masih terjadi di sejumlah negara. Termasuk di Indonesia. Siklus ini bahkan bisa terjadi dalam 10 sampai 15 tahun meski gejala dan skala kecepatan penyebaranya sangat berbeda-beda. Karena itu, perlu dihadapi bersama dengan penuh kewaspadaan.

"PMK itu sesuatu yang tidak bisa lagi kita katakan masalah biasa-biasa saja karena PMK memang menyerang Indonesia dan hampir semua negara. Alhamdulillah kita di Indonesia dapat mengendalikanya," katanya.

Sebagai informasi, berdasarkan data Siagapmk.id, sebaran penyakit PMK terjadi di 28 provinsi. Meski demikian, capaian vaksinasi lebih dari 4.4 juta dosis.

Kementan saat ini terus berupaya untuk meningkatkan capaian vaksinasi secara progresif yaitu dengan melibatkan personil di luar petugas kesehatan hewan yaitu mahasiswa kedokteran hewan, mahasiswa peternakan, personil TNI dan Polri dalam pelaksanaan vaksinasi.

"Upaya ini terus dilakukan untuk meningkatkan capaian sesuai target yang diinginkan," katanya.

Target vaksinasi untuk Sumut sebanyak 2.065.288 dosis (1.032.644 ekor). Sedangkan untuk Target vaksinasi Deli Serdang sendiri sebanyak 239.802 dosis (119.901 ekor).

"Kami mendorong agar pemerintah daerah dapat mengidentifikasi permasalahan spesifik di Provinsi Sumut terkait peningkatan capaian vaksinasi serta mendiskusikan pemecahan permasalahan tersebut dengan melibatkan sektor terkait," jelasnya.

Sekretaris Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan, Makmun mengapresiasi kerja keras para petugas lapangan dalam melaksanakan vaksinasi dan penandaan ternak sesuai dengan skala prioritas dan gejala yang ada.

"Prinsipnya kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah harus sejalan. Dan PMK ini tidak bisa dikerjakan sendiri, kita harus bersama-sama," jelasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Waspada, Kasus Baru Gangguan Ginjal Akut Anak Kembali Ditemukan

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendapatkan laporan kasus baru gangguan ginjal akut progresif atipikal (GGAPA),

NEWS | 6 Februari 2023

Pendapatan Pengemis Saat Cap Go Meh Lebih Kecil dari Imlek

Pengemis di Tangerang mengaku pendapatannya saat Cap Go Meh lebih sedikit dibanding tahun baru Imlek 2 minggu lalu.

NEWS | 6 Februari 2023

SA Tengah Asyik dengan Wanita Bugil di Mobil Dinas DPRD Jambi Saat Kepergok Warga

SA remaja (17) pengemudi kendaraan dinas bersama wanita bugil mengaku panik dikejar oleh warga saat kedapatan tengah asyik memadu cinta di dalam sedan Camry.

NEWS | 6 Februari 2023

Bareskrim Telusuri Dua Kasus Baru Gagal Ginjal Akut Anak di Jakarta

Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri akan menelusuri dua kasus baru gagal ginjal akut anak.

NEWS | 6 Februari 2023

Ini Awal Kasus Ferdy Sambo Terungkap ke Publik

Polri menyatakan Brigadir J tewas dalam insiden tembak-menembak dengan sesama polisi pada 8 Juli 2022. Belakangan diketahui Ferdy Sambo yang merencanakannya.

NEWS | 6 Februari 2023

Top 5 News: Ibu Muda Lecehkan Belasan Anak hingga Kasus Polisi Peras Polisi

Kasus ibu muda yang melakukan pelecehan kepada belasan anak di Jambi dan juga kasus Bripka Madih, anggota Provost Polsek Jatinegara mendapat banyak perhatian.

NEWS | 6 Februari 2023

BMKG Prakirakan Jakarta Senin Siang Cerah Berawan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu cerah berawan pada Senin (6/2/2023) siang.

NEWS | 6 Februari 2023

Pelajar Kecelakaan Pakai Mobil Dinas DPRD Jambi Mengaku Panik Dikejar Warga

SA, pelajar yang memakai kendaraan dinas ibunya yang merupakan Kasubag Aset dan Rumah Tangga DPRD Provinsi Jambi mengaku panik dikejar oleh warga.

NEWS | 6 Februari 2023

Ternak Kelinci Tawarkan Potensi Cuan Puluhan Juta Rupiah

Ternak kelinci menjadi usaha sampingan yang menguntungkan bagi Sudaryanto, warga desa Kolam Kanan, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

NEWS | 6 Februari 2023

Sandiaga Optimistis Target Transaksi Travex 2023 Tercapai

Sandiaga mengatakan, antusiasme seller dan buyer cukup tinggi, mengingat produk pariwisata dan ekonomi kreatif terbaik hadir dalam pameran Travex 2023.

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pendapatan Pengemis Saat Cap Go Meh Lebih Kecil dari Imlek

Pendapatan Pengemis Saat Cap Go Meh Lebih Kecil dari Imlek

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE