Logo BeritaSatu

Kasus Gagal Ginjal Anak, Pj Gubernur DKI Janjikan Fasilitas Kesehatan

Senin, 24 Oktober 2022 | 19:19 WIB
Oleh : Agnes Valentina Christa / WIR

Jakarta, Beritasatu.com - Menyikapi banyak kasus gagal ginjal anak, Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi mengatakan fasilitas kesehatan akan disediakan. Sebelumnya, menurut Heru, Pemerintahan Pusat telah menggelar rapat terkait penyediaan fasilitas kesehatan gagal ginjal.

"Hari ini, saya mendengar ada rapat tersendiri ditingkat Pemerintah Pusat terkait masalah fasilitas pasien gagal ginjal," ungkap Heru di Lapangan Silang Monas Sisi Selatan, Jakarta Pusat, Senin (24/10/2022).

Advertisement

Heru menambahkan, pemerintah Pusat sedang menggelar rapat untuk membicarakan fasilitas penunjang pengobatan penyakit gagal ginjal. Fasilitas yang berguna sebagai antisipasi timbulnya penyakit ini. Heru menyatakan, pasien penyakit gagal ginjal memang tengah berada di DKI Jakarta untuk melakukan pengobatan.

Tetapi, asal domisili dari anak-anak tersebut rata-rata datang dari sekitar Jakarta, seperti Bekasi, Bogor dan lain-lain. Heru menekankan, meskipun asal domisili anak-anak tersebut bukan dari DKI. Meskipun demikian, Pemprov DKI tetap membantu memberikan pelayanan kesehatan bagi mereka.

"Kemarin masih sekitar 71 orang anak yang terkena penyakit gagal ginjal," ujar Heru.

Heru berharap agar masyarakat bisa ikut mendoakan akan peristiwa ini, selalu menjaga kesehatan dan menjaga anak-anak mereka agar tercukupi gizi dan vitaminnya. Ia menekankan agar angka tersebut tidak semakin bertambah.

Ketika ditanya terkait rencana sidak toko obat atau apotik, Heru menyatakan kemungkinan hal tersebut akan dilakukan ke depan sebagai upaya antisipasi.

"Dinas Kesehatan sudah mengantisipasi semua," tandas Heru.

Di tempat terpisah, Polri melakukan penyelidikan terkait dugaan tindak pidana dalam kasus obat sirop yang mengandung etilen glikol (EG) berlebih dan mengakibatkan ganguan ginjal akut pada anak atau progresif atipikal (Acute Kidney Injury/AKI).

Kepala Bagian Penum Humas Polri Kombes Pol Nurul Azizah mengatakan saat ini Polri telah membentuk tim yang dipimpin oleh Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) untuk menyelidiki kasus tersebut.

“Polri telah membentuk tim dipimpin oleh Dirtipidter dan beranggotakan Dirrtipidnarkoba, Dirtipideksus, dan Dirtipidum,” ujar Nurul kepada wartawan, Senin (24/10/2022).



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kritik Kades 9 Tahun, Warga Bengkulu Selatan Dipaksa Minta Maaf

Warga di Bengkulu Selatan dipaksa Papdesi meminta maaf lantaran mengkritik para kades yang menuntut masa jabatan 9 tahun. 

NEWS | 4 Februari 2023

Polisi Peras Polisi, Bripka Madih Bakal Dikonfrontasi dengan Eks Penyidik TG

Polda Metro Jaya bakal mempertemukan dan mengkonfrontasi Bripka Madih dengan oknum penyidik berinisial TG terkait kasus dugaan polisi peras polisi. 

NEWS | 4 Februari 2023

Sebulan Diguyur Hujan, Jalan Industri Narogong Bogor Rusak Parah

Sebulan diguyur hujan terus-menerus, jalan utama ke kawasan industri Narogong, Kabupaten Bogor, rusak parah.

NEWS | 4 Februari 2023

Ketua SPS: Media Cetak Mesti Ubah Model Pemberitaan

Ketua Harian Serikat Perusahaan Pers (SPS) Januar P Ruswita menyatakan media cetak mesti mengubah model pemberitaan yang disajikan kepada para pembaca.

NEWS | 4 Februari 2023

Dugaan Pemerasan, Oknum Penyidik Akan Dipertemukan dengan Bripka Madih

Polda akan mempertemukan oknum penyidik kepolisian dengan anggota Provos Polsek Jatinegara, Bripka Madih terkait dugaan pemerasan.

NEWS | 4 Februari 2023

Ridwan Kamil Akui 30 Persen Petani Milenial Jawa Barat Gagal

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengakui 30 persen petani milenial gagal. Namun, RK optimistis program ini mampu meregenerasi profesi petani.

NEWS | 4 Februari 2023

Pelajar Kecelakaan Pakai Mobil Dinas, Kasubag DPRD Jambi Dinonaktifkan

Kasubag Rumah Tangga dan Aset DPRD Jambi yang merupakan ibu anak SMA yang mengendarai mobil dinas DPRD Jambi dan kecelakaan akan dinonaktifkan. 

NEWS | 4 Februari 2023

Kesibukan Klenteng Tay Kak Sie Semarang Jelang Perayaan Cap Go Meh

Klenteng Tay Kak Sie yang berada di kawasan Pecinan Semarang, Jawa Tengah melakukan persiapan jelang perayaan Cap Go Meh.

NEWS | 4 Februari 2023

Klenteng Sanggar Agung Surabaya Dipadati Umat Hendak Tabur Bunga di Laut

Klenteng Sanggar Agung Surabaya yang berlokasi tepat di depan pantai Kenjeran tampak di padati para umat yang melaksanakan sembahyang dan tabur bunga.

NEWS | 4 Februari 2023

Bupati Lumajang Temukan Kejanggalan Distribusi Pupuk Subsidi

Ketersediaan pupuk subsidi di Kabupaten Lumajang belakangan ini cukup terbatas, yang diduga akibat terjadinya penyelewengan distribusi.

NEWS | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kritik Kades 9 Tahun, Warga Bengkulu Selatan Dipaksa Minta Maaf

Kritik Kades 9 Tahun, Warga Bengkulu Selatan Dipaksa Minta Maaf

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE