Logo BeritaSatu

Warga India Gembira Sambut Rishi Sunak Jadi PM Inggris

Selasa, 25 Oktober 2022 | 09:49 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

New Delhi, Beritasatu.com – Banyak warga India gembira di tengah umat Hindu merayakan Deepavali pada Senin (24/10/2022), tersiar kabar mengenai prospek orang India pertama Rishi Sunak jadi PM Inggris.

Rishi Sunak ditetapkan jadi pemimpin Inggris, setelah saingannya Boris Johnson dan Penny Mordaunt mengundurkan diri dari kontestasi untuk menggantikan Liz Truss sebagai pemimpin Partai Konservatif. Truss berhenti setelah satu setengah bulan karena dukungannya menguap dan Rishi Sunak siap untuk secara resmi mengambil alih sebagai perdana menteri.

Advertisement

Terpilihnya Rishi Sunak yang diharapkan ke jabatan utama telah berhasil menjadi halaman depan sebagian besar surat kabar India, di samping kemenangan tim kriket India atas saingan beratnya Pakistan dalam pertandingan Piala Dunia T20 pada Minggu malam.

Rishi Sunak, serta perusahaan perangkat lunak India Infosys, yang didirikan oleh ayah mertuanya, menjadi trending di Twitter di India setelah ia terpilih sebagai pemimpin partainya.

Perdana Menteri India Narendra Modi menyebutnya sebagai jembatan antara kedua negara.

"Ketika Anda menjadi PM Inggris, saya berharap dapat bekerja sama secara erat dalam isu-isu global, dan menerapkan Roadmap 2030," kata Modi, merujuk pada rencana untuk meningkatkan perdagangan dan hubungan lain antar negara.

"Keinginan khusus Diwali untuk 'jembatan hidup' orang India Inggris, saat kami mengubah ikatan bersejarah kami menjadi kemitraan modern."

Mantan Menteri Keuangan Inggris, Rishi Sunak (42), diketahui merayakan festival lampu. Dia juga telah difoto menyalakan lilin di luar No. 11 Downing Street, kediaman resmi menteri keuangan, untuk menandai acara tersebut.
Beberapa orang India mengatakan Rishi Sunak menjadi perdana menteri tahun ini akan menjadi lebih istimewa karena India baru-baru ini merayakan 75 tahun kemerdekaannya dari pemerintahan kolonial Inggris.

"Rishi Sunak mengambil sumpah sebagai anggota parlemen (kitab suci Hindu) Bhagavad Gita. Jika dia mengulangi hal yang sama untuk mengambil sumpah sebagai perdana menteri, hari yang luar biasa bagi India, itu juga pada tahun ke-75 kemerdekaan kita dari Inggris," Chennai warga D Muthukrishnan menulis di Twitter.

Orang India biasanya sangat bangga ketika mereka yang berasal dari negara berpenduduk 1,4 miliar orang ini berhasil di luar negeri, termasuk tokoh-tokoh seperti Wakil Presiden AS Kamala Harris , CEO Microsoft Satya Nadella, dan CEO Alphabet Sundar Pichai.

Tetapi beberapa orang India bertanya-tanya apakah nasib Rishi Sunak dapat terulang di India, di mana ada penentangan yang kuat terhadap usulan pengangkatan Sonia Gandhi kelahiran Italia ke jabatan perdana menteri setelah membawa partai Kongresnya meraih kemenangan elektoral pada tahun 2004.

"Saya pikir kita semua harus mengakui bahwa Inggris telah melakukan sesuatu yang sangat langka di dunia, untuk menempatkan anggota minoritas yang terlihat di kantor yang paling kuat," anggota parlemen Kongres dan mantan diplomat PBB, Shashi Tharoor, mengatakan di Twitter. .

"Saat kita orang India merayakan pendakian @RishiSunak, mari kita bertanya dengan jujur: bisakah itu terjadi di sini?"

Baca selanjutnya
Keluarga Sunak bermigrasi pada tahun 1960 ke Inggris, yang memerintah India ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CNA/Reuters

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Muncul ke Publik Setelah 36 Hari, Kim Jong-un Minta Korut Bersiap Perang

Pemimpin Korut (Korea Utara) Kim Jong-un muncul di hadapan publik setelah tak terlihat di depan umum, yang menimbulkan spekulasi tentang kesehatannya.

NEWS | 8 Februari 2023

Gagal Ginjal Akut Kembali Terdeteksi, IDI: Monitoring Pemakaian Obat Harus Diperketat

Ketua Umum IDI mengatakan, kesadaran atas efek samping obat sirup merupakan hal yang penting untuk di monitor guna mencegah kasus gagal ginjal akut.

NASIONAL | 8 Februari 2023

MRCCC Siloam Minimalisasi Kesenjangan Perawatan Pasien Kanker

MRCCC Siloam Semanggi meminimalisasi kesenjangan perawatan pasien kanker serta menekankan kesetaraan pasien dalam mendapatkan pelayanan medis.

NASIONAL | 7 Februari 2023

510 Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang Keracunan Makanan

Tim kesehatan Puskesmas Wagir mendapat laporan banyak mahasiswa yang mengalami diare saat berada di lokasi perkemahan.

NEWS | 7 Februari 2023

Bappenas: RI Butuh 22 Tahun untuk Jadi Negara Berpendapatan Tinggi

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa menyatakan, Indonesia membutuhkan waktu 22 tahun untuk menyandang status negara berpendapatan tinggi.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Pelabuhan Iskenderun Turki Terbakar Pascagempa, Operasional Dihentikan

Puluhan kontainer kargo terbakar sejak Senin (6/2/2023) petang hingga Selasa (7/2/2023) di kota pelabuhan Iskenderun yang dilanda gempa dahsyat.

NEWS | 8 Februari 2023

Kasus Baru Gagal Ginjal Akut, Bareskrim Kirim Sampel ke BPOM

Bareskrim Polri mengirimkan sampel ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait dua kasus baru gagal ginjal akut yang ditemukan di DKI Jakarta.

NASIONAL | 7 Februari 2023

Ibunya Tewas, Bayi Baru Lahir Selamat dari Puing-puing Gempa Dahsyat

Keajaiban setelah bayi baru lahir ditemukan dalam kondisi selamat dari puing-puing akibat gempa dahsyat di sebuah rumah di Suriah utara.

INTERNASIONAL | 8 Februari 2023

Keren! Qoala Plus Tumbuh Tiga Kali Lipat di Sumatera

Qoala Plus sebagai unit bisnis insurtech Qoala mencatat pertumbuhan tiga kali lipat di wilayah Sumatera.

EKONOMI | 8 Februari 2023

OJK Catat Kredit Macet 21 Fintech Lending di Atas 5 Persen

Sebanyak 21 penyelenggara fintech lending mencatat pembiayaan bermasalah atau tingkat wanprestasi 90 hari (TWP 90) di atas 5%.

EKONOMI | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Warunk Upnormal


# Susi Air


# Gempa Turki


# Jokowi


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Layanan Digital Pos Indonesia Dinilai Miliki Potensi Dahsyat

Layanan Digital Pos Indonesia Dinilai Miliki Potensi Dahsyat

EKONOMI | 48 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE