Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Diduga Mencuri 62 Mayan Emas, Ayah dan Anak di Aceh Diringkus Polisi

Selasa, 25 Oktober 2022 | 14:03 WIB
Oleh : Taufik Kelana / JEM
Barang bukti uang dan emas yang disita aparat Polres Lhokseumawe, Aceh dari dua tersangka pencuri emas berinisial BUR dan MF. 

Banda Aceh, Beritasatu.com - Ayah beserta anaknya di Aceh diringkus aparat kepolisian karena diduga telah melakukan tindak kejahatan dengan mencuri 62 mayam emas atau sekitar 204,6 gram emas dan uang tunai senilai Rp 10 juta milik warga Kopelma Darussalam Banda Aceh. Kedua tersangka berinisial BUR (ayah) berusia 50 tahun dan MF (anak) berusia 32 tahun.

Keduanya diringkus oleh Tim Rimueng Satreskrim Polresta Banda Aceh bersama Satreskrim Polres Lhokseumawe di tempat persembunyiannya di Aceh setelah tiga bulan dalam pengejaran aparat kepolisian.

Yang pertama ditangkap adalah MF, dan MF mengaku kepada polisi bahwa ayahnya BUR juga ikut terlibat dalam pencurian emas tersebut.

"Hasil interogasi dari tersangka, polisi juga mengamankan BUR di salah satu gampong di Aceh Besar. BUR yang merupakan ayahnya juga ikut menyembunyikan sisa gelang emas curian sebanyak 10 mayam (33,3 gram)," kata Kasatreskrim Polresta Banda Aceh Kompol Fadillah Aditya Pratama, Selasa (25/10/2022).

Dikatakan Fadillah, tersangka sempat melakukan perlawanan dan melarikan diri, tetapi polisi berhasil meringkus kedua tersangka.

Disebutkan, setelah melakukan kejahatannya, MF menjual emas yang dicurinya ke toko emas di Aceh Besar. Setelah itu, sisa dari hasil penjualan emas diserahkan kepada ayahnya untuk disembunyikan.

"Tim yang stand by di Polresta Banda Aceh pun bergerak untuk menangkap BUR di rumahnya di salah satu gampong di Kabupaten Aceh Besar. BUR diduga turut membantu aksi kejahatan yang dilakukan anaknya," kata Fadillah.

Fadillah menjelaskan, MF telah menjual emas yang dicurinya ke salah satu toko emas di Aceh Besar. Adapun emas yang dijual berupa empat cincin emas masing-masing dua mayam serta lima gelang emas seberat 54 mayam.

Sementara sisanya berupa gelang seberat 10 mayam, BUR mengaku menyimpannya di samping kuburan di belakang rumahnya. Sementara MF mengaku hasil penjualan emas curian itu telah dibelikan 2 mayam cincin emas, baju, celana, dan sepasang sepatu wanita.

'Polisi juga menyita barang bukti lain yakni uang tunai Rp 1 juta dan kartu ATM berisi saldo Rp 10 juta hasil penjualan emas tersebut," tutur Fadillah.

Tersangka MF bakal dijerat Pasal 362 KUHP dan diancam hukuman penjara selama lima tahun. Sedangkan BUR dijerat dengan Pasal 362 KUHP jo 55 jo 480 dengan ancaman empat tahun penjara.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI