Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

DPR Dukung Penuh Rencana Kapolri Hapuskan Pungli Jabatan

Rabu, 26 Oktober 2022 | 11:41 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / FFS
Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Jakarta, Beritasatu.com - DPR mendukung penuh rencana Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menghapus pungutan liar (pungli) jabatan. Ketegasan Kapolri ini mendapat respons positif dari Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni. Politikus Nasdem ini meminta pungli jabatan benar-benar dihapuskan.

"Saya dukung penuh langkah tegas Pak Kapolri yang ingin hapuskan pungli jabatan. Karena pungli jabatan ini benar-benar mengacaukan struktur karier di Polri. Pastikan kenaikan jabatan benar-benar diraih secara objektif, karena prestasi dan kompetensi," ujar Sahroni kepada wartawan di Jakarta, Selasa (25/10/2022).

Sahroni juga mengatakan pungli jabatan ini membentuk karakter buruk di Institusi Polri. Sebab, menurutnya, orang yang kariernya diraih karena pungli, berpotensi melakukan penyelewengan jabatan nantinya.

"Mulai dari pungli jabatan hingga pungli masuk sekolah Polri ini benar-benar harus diberantas habis. Sebab, ini yang jadi cikal bakal pembentukan mentalitas buruk di tubuh Polri. Tinggal sekarang kita lihat bagaimana teknisnya? Saya yakin Pak Kapolri sudah memiliki langkah-langkah teknis terkait hal ini," kata Sahroni.

Diketahui, Jenderal Sigit memang meminta pihak yang mencatut namanya untuk pungli jabatan atau masuk sekolah Polri agar ditangkap. Jajaran polda hingga Polres diimbau meniadakan potensi pungli jabatan. Jenderal Sigit mengingatkan agar petinggi Polri memberikan penilaian yang objektif terhadap prestasi anggota, lalu mengusulkan untuk naik jabatan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI