Logo BeritaSatu

Hal-hal yang Perlu Diketahui tentang Rishi Sunak, PM Asia Pertama Inggris

Rabu, 26 Oktober 2022 | 15:34 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

London, Beritasatu.com – Rishi Sunak adalah PM Asia pertama Inggris yang secara resmi diangkat sebagai perdana menteri ke-57 oleh Raja Charles III pada Selasa (25/10/2022).

Rishi Sunak adalah perdana menteri Asia pertama Inggris dan agama Hindu pertama yang memegang jabatan itu. Dia juga pemimpin terkaya di Inggris pada saat ini, dengan kekayaan melebihi Raja Charles III sendiri.

Advertisement

Terpilihnya Rishi Sunak dianggap sebagai "momen Barack Obama" Inggris. Ini menandai banyak yang pertama dan tonggak sejarah bagi kerajaan.

Kakek-nenek Rishi Sunak bermigrasi dari Punjab, yang kemudian dikenal sebagai British India, ke Afrika timur, tempat orang tuanya dilahirkan.

Keluarga mereka kemudian bermigrasi secara bergantian ke Inggris pada 1960-an. Ayah Rishi Sunak bekerja sebagai dokter dan ibunya mengelola apotek sendiri.

Rishi Sunak lahir pada tahun 1980 sebagai anak pertama dari tiga bersaudara di Southampton di Inggris selatan.

Pengangkatan Rishi Sunak bertepatan pada tanggal perayaan Deepavali, sebuah festival besar Hindu, menyenangkan banyak orang India , termasuk Perdana Menteri India Narendra Modi yang menyebutnya sebagai “jembatan hidup” antara kedua negara.

Sebagai Anggota Parlemen baru pada tahun 2015, ia mengambil sumpah atas kitab suci Hindu.

Benang Merah
Sebuah benang merah di pergelangan tangan, yang secara tradisional dipakai oleh umat Hindu untuk keberuntungan dan perlindungan, terlihat di Rishi Sunak ketika dia berpose di tangga Downing Street pada hari Selasa, setelah pidato pertamanya kepada negara.

Pada usia 42 tahun, ia juga merupakan perdana menteri Inggris termuda dalam lebih dari 200 tahun. Rekor itu sebelumnya dipegang oleh David Cameron, yang berusia 43 tahun saat menjabat pada 2010.

Sementara Perdana menteri termuda Inggris adalah William Pitt the Younger, yang berusia 24 tahun ketika ia mengambil peran itu pada tahun 1783.

Kekayaan Rishi Sunak dan istrinya Akshata Murthy diperkirakan bernilai sekitar 730 juta poundsterling, sekitar dua kali lipat kekayaan pribadi Raja Charles.

Sebelum terjun ke dunia politik, Sunak bekerja untuk bank investasi Goldman Sachs dan menjadi mitra di dua hedge fund.

Tetapi sebagian besar kekayaan pasangan itu berasal dari Murthy, putri miliarder India Narayana Murthy yang mendirikan perusahaan perangkat lunak Infosys.

Keluarga Sunak juga dilaporkan memiliki empat properti senilai lebih dari 15 juta poundsterling, termasuk apartemen penthouse di California.

Kemarahan Publik
Namun di masa lalu, kekayaan pasangan ini telah mendatangkan kritik yang melukai karier politik Rishi Sunak. Dia sempat menghadapi kemarahan publik atas status pajak istrinya.

Sebagai warga negara India, Murthy memenuhi syarat untuk apa yang disebut status "tidak berdomisili" di Inggris, yang memungkinkannya untuk menghindari membayar pajak Inggris atas jutaan poundsterling yang ia peroleh di luar negeri.

Dia akhirnya setuju untuk mulai membayar pajak tambahan untuk mengurangi tekanan pada Rishi Sunak, dengan mengatakan dia tidak ingin ini menjadi “gangguan bagi suaminya atau mempengaruhi keluarganya”.

Rishi Sunak pernah menjadi pusat kontroversi ketika dia didenda karena melanggar aturan penguncian (lockdown) Covi-19 pada Juni 2020, ketika dia menghadiri pertemuan ulang tahun perdana menteri saat itu Boris Johnson.

Rishi Sunak, yang saat itu menjabat sebagai menteri keuangan, meminta maaf tetapi menolak seruan untuk berhenti dari jabatannya.

Rishi Sunak memasuki parlemen pada tahun 2015 sebagai anggota parlemen untuk Richmond di North Yorkshire, dan menjabat sebagai menteri junior di pemerintahan mantan perdana menteri Theresa May.

Dia kemudian diangkat menjadi kepala sekretaris Departemen Keuangan oleh pengganti May, Boris Johnson, sebelum dipromosikan menjadi kanselir pada Februari 2020.

Terlepas dari pelanggaran pembatasan penguncian untuk berpesta dengan bosnya pada saat Johnson, itu juga selama pandemi ketika popularitas Rishi Sunak melonjak, ketika ia meluncurkan langkah-langkah dukungan senilai £ 350 miliar untuk membantu warga Inggris mengatasi badai.

Penggemar Star Wars
Rishi Sunak mengaku sebagai "penggemar besar Star Wars" dengan koleksi lightsaber yang cukup banyak.

Pada tahun 2016, dia dilaporkan memberi tahu sekelompok anak sekolah bahwa dia awalnya ingin menjadi Ksatria Jedi ketika dia dewasa.

Pada pemutaran film The Rise of Skywalker tahun 2019, dia mencuit foto dirinya dan yang dia sebut "Jedi Master", pendahulunya yang saat itu superior dan kanselir Sajid Javid.

Sunak telah menjuluki dirinya sebagai "pecandu Coca-Cola" dan terkenal tertangkap kamera saat mencoba membayar sekaleng minuman bersoda dengan memindai kartu banknya pada barcode.

Dia kemudian mengakui, menurut The Guardian, bahwa seseorang harus mengajarinya cara menggunakan kartu nirsentuh.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CNA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Toko Material di Pondok Labu Ludes Terbakar

Sebuah toko penjual material bangunan di Jalan Wijaya Kusuma, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, ludes terbakar, Jumat (3/2/2023) pagi.

NEWS | 3 Februari 2023

Lukas Enemba Tagih Janji Firli, KPK: Suratnya Masih di Bagian Persuratan

Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan surat Lukas Enembe kepada Ketua KPK Firli Bahuri masih di bagian persuratan lembaga antikorupsi.

NEWS | 3 Februari 2023

Soal Kasus Formula E, KPK Klaim Tak Ragu Jerat Siapa pun

KPK mengeklaim tidak ragu menjerat pihak yang terlibat dalam dugaan korupsi Formula E.

NEWS | 3 Februari 2023

Bukan karena Formula E, Ini Alasan Direktur Penuntutan KPK Kembali ke Kejagung

KPK membantah Direktur Penuntutan Fitroh Rohcahyanto kembali ke Kejagung karena kasus dugaan korupsi Formula E

NEWS | 3 Februari 2023

IPK Indonesia Merosot 4 Poin, KPK Tak Ingin Disalahkan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak ingin disalahkan atas merosotnya corruption perception index (CPI) atau indeks persepsi korupsi (IPK) Indonesia.

NEWS | 3 Februari 2023

Banjir Bandang Terjang Dua Kecamatan di Kabupaten Dompu

Banjir bandang menerjang Dompu, NTB akibat dua sungai meluap sehingga menggenangi pemukiman warga.

NEWS | 3 Februari 2023

Minyakita Hilang di Pasaran, Minyak Tanpa Merek Jadi Pilihan Warga

Minyak goreng bersubsidi dengan merek Minyakita di sejumlah pasar tradisional di Kota Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB) kini menghilang atau langka dari pasaran.

NEWS | 3 Februari 2023

Menteri LHK: Indonesia Komitmen Mitigasi Perubahan Iklim

Menteri LHK, Siti Nurbaya menegaskan, keseriusan pemerintah terkait penanganan isu perubahan iklim, dilakukan melalui inisiasi Indonesia Folu Net Sink 2030.

NEWS | 3 Februari 2023

Amphuri Minta Kenaikan Biaya Haji Sebanding dengan Layanan

Menurut Farid, Amphuri berharap pemerintah menetapkan biaya haji 2023 sebanding dengan layanan yang akan diterima calon jemaah haji.

NEWS | 3 Februari 2023

Polda Jatim Kerahkan 4.907 Personil Amankan Peringatan 1 Abad NU

Menurut rencana, jutaan massa NU dari berbagai daerah akan mulai berdatangan sehari sebelum kegiatan peringatan 1 abad NU.

NEWS | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Mutasi Perwira


# Ganjar


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jika Tak Diberi Motor Bagus, Marc Marquez Ancam Tinggalkan Honda

Jika Tak Diberi Motor Bagus, Marc Marquez Ancam Tinggalkan Honda

SPORT | 22 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE